Jasa Majalah Internal Perusahaan

Jasa Majalah Internal Perusahaan – Perusahaan yang sehat umumnya adalah perusahaan yang terbuka dan mengapresiasi seluruh pihak yang memiliki kepentingan di dalamnya, baik pihak internal maupun eksternal. Salah satu cirinya adalah memiliki atau menerbitkan sebuah majalah internal perusahaan atau yang biasa disebut sebagai in house jurnal. Majalah internal ini merupakan suatu wadah atau media komunikasi agar tercipta lingkungan yang kondusif dan sarat akan informasi. Dalam pembuatan in house jurnal, biasanya mereka menggunakan jasa majalah internal perusahaan agar hasil majalahnya lebih baik, berkualitas dan berbobot namun juga tetap memiliki kesan layak dibaca.

Peran Penting Majalah Internal Perusahaan

Perusahaan dapat diibaratkan sebagai satu kesatuan dari kumpulan banyak pihak. Agar komunikasi dan informasi antara perusahaan dan berbagai pihak dapat berjalan dengan lancar, dibutuhkan suatu media yang bisa menampungnya. Inilah salah satu alasan mengapa diterbitkan sebuah majalah internal perusahaan.

Jasa Majalah Internal Perusahaan terbaik

Sebuah majalah internal perusahaan memegang banyak peranan yang tidak bisa diabaikan. Diantaranya adalah :

  1. Media Komunikasi

Peran terpentingnya adalah sebagai sarana komunikasi untuk banyak pihak. Dari perusahaan kepada karyawan, pimpinan kepada anak buah, karyawan yang satu ke karyawan lainnya, perusahaan kepada nasabah, dan lain sebagainya. Komunikasi yang baik antara semua pihak akan membangun iklim dan suasana kerja yang kondusif dan menyenangkan sehingga semua orang akan lebih menikmati suasana kerja. Komunikasi yang dibangun dari perusahaan pada konsumen dan mitra kerja akan menambah kepercayaan dari mereka kepada perusahaan.

  1. Media Informasi

Meskipun dalam suatu perusahaan ada peraturan yang dituangkan dalam SOP, prosedur kerja yang tertulis dalam memo-memo, namun majalah internal tetap dibutuhkan. Semua peraturan dan memo mengatur tentang standar pekerjaan yang harus dilakukan. Akan tetapi, majalah perusahaan lebih kepada pembagian informasi yang bersifat umum dan tidak selalu berhubungan dengan pekerjaan. Seperti artikel tentang biografi seorang karyawan, opini terhadap satu bentuk kejadian atau kasus yang sedang terjadi, sekilas info tentang job desk divisi atau departemen tertentu atau juga review mengenai produk atau jasa perusahaan.

  1. Sarana Edukasi

Majalah internal perusahaan juga merupakan sarana atau media pendidikan terhadap seluruh anggota organisasi. Beberapa informasi diantaranya adalah tips-tips kesehatan, artikel mengenai penemuan atau ilmu-ilmu baru yang muncul dan sedang populer, tata cara atau panduan melakukan sesuatu, info-info untuk keluarga dan banyak artikel yang bersifat mendidik lainnya lainnya.

  1. Alat Pencitraan

Tujuan diterbitkannya sebuah majalah internal perusahaan adalah salah satunya untuk mendapatkan citra yang baik di mata semua pihak. Media ini menjadi sebuah alat yang memungkinkan pihak lain membaca atau menilai kondisi suatu perusahaan. Adanya majalah internal perusahaan secara tidak langsung akan meningkatkan rasa percaya diri perusahaan, sedangkan bagi pihak lain yang melihatnya, akan terpandang sebagai satu variable peningkat kredibilitas.

contoh majalah internal perusahaan

Bagaimana Agar Majalah Internal Perusahaan Bisa Menarik Minat Baca?

Divisi atau departemen yang bertugas untuk membuat dan menerbitkan majalah internal perusahaan biasanya adalah divisi Humas atau Hubungan Masyarakat. Divisi ini bertanggungjawab terhadap setiap komunikasi yang terjalin di dalam perusahaan agar bisa tetap terbuka, informatif dan mengena.

Namun, tidak semua tim dalam divisi ini mampu menciptakan sebuah majalah internal perusahaan yang menarik agar menimbulkan minat untuk dibaca karena tidak mudah membuat sebuah majalah yang menarik. Seringnya, majalah internal perusahaan tampil kaku, tidak lugas, bahasanya terlalu formal, kurang unik sehingga membuat malas orang yang membacanya.

Meskipun sifatnya bukan majalah komersil, sebuah majalah internal perusahaan seharusnya tetap memiliki tampilan yang menjual dan membuat penasaran. Karena inilah beberapa perusahaan lebih mempercayakan pembuatan majalah internal pada sebuah jasa majalah internal perusahaan terbaik agar hasil majalahnya sesuai yang diinginkan oleh perusahaan.

contoh inhouse magazine

Berikut ini adalah beberapa kaidah yang harus tetap diperhatikan agar majalah internal perusahaan tetap tampil menarik, yaitu :

  1. Memiliki Desain yang Menarik

Apa yang paling pertama kali bisa menarik mata untuk melihat? Apa yang mencuri perhatian pada pandangan pertama? Jawabannya adalah penampilan yang menarik. Dengan membuat majalah internal perusahaan semenarik mungkin, setidaknya akan menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Jika desain sampulnya saja sudah mengesankan kekakuan, mungkinkah orang akan membacanya? Jangankan membaca, menyentuhnya saja mungkin tidak.

Itulah mengapa, tim pembuat majalah internal haruslah orang-orang yang memiliki daya kreativitas tinggi seperti yang ada di jasa majalah internal perusahaan profesional. Mereka harus bisa membuat sebuah desain yang mencuri perhatian. Dalam hal ini, desain yang ditampilkan memiliki keunikan namun tetap dalam batasan sebagai majalah internal suatu perusahaan, bukan sebuah majalah komersil yang hadir dengan desain beraneka ragam dan tampak ramai.

  1. Tampilannya selalu Konsisten

Menarik atau tidaknya suatu majalah internal, tidak hanya dilihat dari satu atau dua kali terbit. Majalah internal tersebut harus bisa memancing rasa penasaran pembaca agar terus mengikuti perkembangannya. Konsistensi dalam membuat majalah internal hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang fokus dan memiliki kemampuan di dalamnya. Mereka bisa membaca keinginan pembaca konten dan isi apa saja yang sekiranya dapat mengundang pembaca.

  1. Berisi Hal-hal Menyenangkan

Komposisi dalam sebuah majalah internal perusahaan harus bersifat seimbang. Informasi yang disajikan tidak berat sebelah, dalam hal ini berarti bahwa informasi harus sama baik dari dalam perusahaan atau dari luar perusahaan. Jangan hanya mengisi konten dengan hal-hal yang terjadi setiap hari di perusahaan, laporan-laporan dari masing-masing divisi, ataupun pembahasan mengenai suatu peraturan atau prinsip kerja terbaru.

Namun, majalah internal perusahaan harus juga diimbangi dengan hal-hal yang sifatnya menyenangkan. Memberikan nuansa segar dan baru, mendatangkan konten-konten yang menerbitkan senyum, atau mengisi dengan artikel-artikel yang nantinya akan membangkitkan pembahasan menarik dan seru antar karyawan. Semua hal-hal menyenangkan tersebut haruslah seimbang dalam sebuah majalah internal perusahaan.

  1. Menggunakan Bahasa Baku namun tidak Formal

Bahasa yang baku itu wajib hukumnya dalam sebuah majalah resmi yang menjadi perwakilan perusahaan. Anda tidak diperbolehkan menggunakan bahasa santai atau slengekan di dalamnya karena bagaimanapun juga majalah internal perusahaan dapat dikatakan sebagai wajah perusahaan.

Dalam bagian-bagian yang bersifat resmi, Anda bisa menggunakan bahasa yang baku namun pilihlah kosakata yang tidak terlalu rumit agar semua pembaca dapat memahami apa yang hendak disampaikan. Sedangkan pada bagian yang santai, tetap pergunakan bahasa yang baku namun dengan gaya bahasa yang lebih lugas.

  1. Topiknya Luas

Jangan menutup diri pada pembahasan yang itu-itu saja. Orang yang benar-benar mengikuti perkembangan majalah internal perusahaan ini akan merasa bosan karena topik bahasannya tidak berkembang. Anda seharusnya memiliki jadwal mengenai topik-topik apa saja yang akan dibahas dan sebaiknya diganti setiap bulan sekali.

cara membuat in-house magazine

Dibawah ini ada beberapa gambaran konten yang bisa Anda pertimbangkan dalam pembuatan majalah internal perusahaan.

  • Artikel tentang perubahan struktur organisasi atau kepemimpinan
  • Artikel tentang peluncuran produk terbaru beserta hasil penelitiannya
  • Artikel mengenai inovasi dari divisi-divisi tertentu
  • Informasi tentang studi banding di lapangan
  • Informasi mengenai keadaan ekonomi yang ada hubungannya dengan perusahaan
  • Informasi mengenai lowongan pekerjaan
  • Sambutan atau pesan kesan yang disampaikan oleh tim manajemen
  • Informasi tentang kegiatan tahunan perusahaan
  • Artikel mengenai pengaplikasian CSR perusahaan
  • Promosi suatu acara departemen tertentu
  • Artikel hiburan, humor dan teka-teki
  • Cerita pendek hasil kiriman karyawan
  • Topik tanya jawab antara karyawan dan perusahaan
  • dan lain sebagainya.

Begitu luas dan dalamnya sebuah majalah internal perusahaan, sangat penting kiranya bagi mereka agar benar-benar memperhatikan setiap proses pembuatan majalah ini. Untuk itu, suatu perusahaan biasanya akan mempercayakan sebuah pembuatan majalah internal pada sebuah jasa majalah internal perusahaan.

Seberapa Perlu Menggunakan Jasa Majalah Internal Perusahaan?

Bagi Anda pemilik perusahaan yang menganggap majalah internal sebagai suatu media yang sangat penting, Anda pastinya tidak akan sembarangan menugaskan tim untuk membuatnya. Pastikan Anda memilih tim yang mampu menghandle segala proses mulai dari pembuatan, pengeditan hingga pencetakan dengan baik. Karena itulah, sebuah jasa majalah internal perusahaan terpercaya sangat penting.

Sebagai jasa majalah internal perusahaan berpengalaman, Penuliskreatif.com memiliki segudang kemampuan dan tim yang terbaik yang akan bisa mewujudkan sebuah majalah internal yang sesuai dengan standar yang Anda inginkan.

tujuan dibuatnya majalah internal perusahaan

Mengapa Harus Memilih Penuliskreatif.com?

Pertama, pengalaman yang kami miliki sudah cukup banyak. Penuliskreatif.com menangani dan menerbitkan beberapa majalah internal dari beberapa perusahaan besar. Mereka merupakan klien yang setia dan selalu mempercayakan kepada kami untuk membuat majalah internal mereka. Pengalaman kami dapat dibuktikan dengan puluhan majalah yang telah kami cetak.

Kedua, penuliskreatif.com sebagai jasa majalah internal perusahaan murah memiliki tim yang cakap dan tangguh. Anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai hasil majalah yang kami buat. Setiap orang di dalam tim kami, memiliki skill dan kemampuan yang mumpuni dalam bidang-bidang yang mereka kuasai. Ada yang bertugas sebagai penulis naskah, ada yang bertugas sebagai editor, ada yang bertanggung jawab sebagai pembuat desain sampul, fotographer dan lain sebagainya. Kami memastikan bahwa orang-orang yang kami miliki.

Dengan didukung oleh orang-orang yang berpengalaman, kami menjamin bahwa majalah internal yang Anda inginkan akan terbit sesuai dengan jadwalnya secara rutin setiap waktu yang ditentukan. Beberapa ada yang menerbitkan dalam waktu 1 bulan, 3 bulan atau 4 bulan sekali.

Ketiga, jasa majalah internal perusahaan penuliskreatif.com menawarkan harga yang sangat bersaing dan yang paling menarik dari semua penawaran yang Anda terima. Kami memiliki kualitas pengerjaan yang kami pertahankan, standar dan batasan dalam pembuatan majalah yang selalu kami jaga. Itulah sebabnya dari banyak penawaran yang mungkin Anda terima, kami memastikan bahwa penawaran kami yang terbaik, berkualitas dan harga yang sepadan.

Memiliki sebuah majalah internal perusahaan dapat dikatakan sebagai indikasi bahwa perusahaan tersebut merupakan salah satu yang sehat dan beriklim baik. Secara kematangan ekonomi, perusahaan yang menerbitkan majalah internal adalah perusahaan yang sudah stabil dan kuat. Oleh sebab itu, mereka umumnya tidak lagi memberikan tanggung jawab penerbitan majalah pada tim internal, namun mereka memilih jasa majalah internal perusahaan yang berpengalaman, memiliki skill membuat majalah dan berdedikasi tinggi.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menghubungi kami sebagai jasa majalah internal perusahaan, karena penuliskreatif.com akan memberikan usaha yang terbaik dan membuat sebuah majalah internal yang layak baca bagi semua pihak yang terkait namun tetap berkualitas dan berbobot.

kenapa perusahaan harus memiliki majalah internal

Sumber: Jasa Majalah Internal Perusahaan