Apa Itu Abstrak dalam Makalah dan Bagaimana Struktur Serta Fungsinya ? Simak Jawabannya di Sini!

PenulisKreatif.com РApa Itu Abstrak dalam Makalah dan Bagaimana Struktur Serta Fungsinya ? Ada satu bagian penting dalam karya tulis ilmiah yang tidak boleh diabaikan, yakni abstraksi. Lalu sebenarnya apa itu abstrak dalam makalah dan mengapa harus ada di dalamnya? Penjelasan ini akan menguraikannya secara rinci agar para penulis yang hendak membuat makalah bisa memahami. Selain itu dijelaskan pula struktur yang harus dipenuhi.

Pengertian Abstrak dalam Makalah

Makalah memang tersusun atas beberapa bab dengan pembahasan berbeda, dan salah satu yang terdapat di dalamnya adalah abstrak. Bagian ini merupakan ikhtisar atau ringkasan dari suatu masalah yang dihadirkan secara lengkap dan akurat. Penulisannya sendiri bisa berupa paragraf atau bentuk poin dan menggunakan susunan kalimat yang efektif, padat serta jelas.

Abstrak umumnya diletakkan sebelum menuliskan bab pertama, yakni sebelum mulai masuk ke bagian pembahasan makalah. Sebenarnya abstrak lebih baik jika disusun pada awal pembuatan karya tulis ilmiah. Karena nantinya para penulis bisa memperoleh rumusan masalah beserta teorinya untuk menentukan metode yang tepat. Sehingga tidak akan keluar dari inti pembahasan.

Tujuannya sendiri yaitu memberikan batasan terhadap penulis mengenai makalah yang hendak dibuat. Jadi hal itulah yang dijadikan alasan perlunya memahami apa itu abstrak dalam makalah? Karena secara tidak langsung akan mendapatkan kemudahan dalam menentukan latar belakang, tujuan, dan ruang lingkup sebelum mulai melakukan penyusunan.

Hal-hal yang ditulis dalam abstrak adalah ringkasan lengkap. Penulis tidak boleh memberikan tambahan tafsiran lainnya di bagian tersebut. Selain itu juga tidak diperkenankan memberikan opini dan interpretasi apa pun dalam penulisan. Sehingga isinya benar-benar sesuai dengan pembahasan tapi sudah dirangkum sebelumnya. Hindari penggunaan kalimat yang bertele-tele dan pastinya harus memahamkan.

Abstrak yang baik adalah mudah dipahami oleh pembaca hanya dengan satu kali pengulangan saja. Susunan kalimatnya tidak membuat bingung dan ambigu. Sehingga pembaca bisa langsung paham terhadap ide yang dimiliki oleh penulis. Kriteria abstrak yang bagus yaitu menarik pembaca untuk melanjutkannya hingga bab akhir makalah.

Jadi pembuatannya tidak boleh asal.Bisa disimpulkan bahwa abstrak harus disajikan secara sederhana, tapi mencakup semua isi pembahasan dalam makalah. Agar tidak keliru, coba perhatikan tips-tips berikut ini:

  • Buat abstrak kira-kira 250 kata dan tidak lebih satu halaman.
  • Berikan gambaran keseluruhan isi.
  • Ditulis berurutan.
  • Pakai software untuk melihat grammar, karena biasanya dihadirkan dengan Bahasa Indonesia dan Inggris.

Fungsi Abstrak dalam Makalah

Setelah memahami apa itu abstrak dalam makalah dan tips membuatnya, selanjutnya ketahui juga fungsi-fungsi penting yang dimiliki. Sehingga dalam penulisannya akan lebih teliti. Karena di beberapa tugas, abstrak memang menjadi komponen yang wajib ada. Berikut adalah 3 kegunaan abstrak dan uraian lengkapnya:

1. Memberikan Informasi Singkat Mengenai Isi

Sudah dijelaskan bahwa abstrak membantu pembaca untuk mengetahui gambaran dari keseluruhan isi makalah melalui rangkuman informasi yang ditulis. Hanya dengan membaca bagian awal ini akan paham masalah seperti apa yang diangkat tanpa menyelesaikan keseluruhan tulisan. Selain itu juga mempermudah pembaca saat melakukan identifikasi dengan akurat dan dalam waktu cepat.

2. Mempermudah Pembaca Mencari Referensi

Umumnya abstrak dihadirkan satu halaman saja. Hal inilah yang membantu pembaca untuk mendapatkan referensi dari suatu permasalahan dengan mudah. Tanpa perlu membaca keseluruhan akan lebih menyingkat waktu saat mengumpulkan dan memilah informasi. Sehingga sangat tepat jika abstrak berfungsi sebagai bahan pengambilan keputusan dan pertimbangan.

3. Memungkinkan Makalah Untuk Diterima

Penyusunan abstrak yang baik sangat memungkinkan makalah untuk diterima, bahkan layak dipublikasikan. Apalagi jika dihadirkan dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk selanjutnya dari abstrak tersebut dapat dijadikan sebagai alat rujukan penulisan makalah-makalah berikutnya. Sehingga memudahkan indeks dan memperkecil adanya tindakan plagiasi yang pastinya sangat merugikan penulis.

Struktur Abstrak dalam Makalah

Pengetahuan penulis tidak hanya cukup tentang apa itu abstrak dalam makalah serta fungsinya saja. Tapi juga paham aturan dari struktur penulisannya agar informasi yang disampaikan berkualitas. Sehingga nantinya kesempatan makalah diterima dan mendapatkan nilai bagus sangat besar. Berikut ini uraiannya:

1. Judul

Salah satu komponen yang bisa menumbuhkan rasa penasaran pembaca adalah judul. Oleh karena itu, struktur ini menempati bagian paling atas. Pembuatan judul harus dibuat semenarik mungkin agar semua dapat tertarik untuk membacanya hingga akhir bab. Tapi tetap harus sesuai dengan pokok permasalahan yang hendak dibahas dalam makalah.

2. Latar Belakang

Berikutnya yaitu menuliskan struktur berupa latar belakang dalam bab abstrak. Isinya mengenai alasan penulis memilih tema yang dibahas dalam makalah. Untuk mempermudah, bisa menggunakan kalimat tanya mengapa. Agar nantinya bisa menghadirkan jawaban dan dikembangkan lebih lanjut secara jelas dan singkat. Munculnya tema tersebut juga menimbulkan masalah yang harus diteliti.

3. Metode Penelitian

Struktur ketiga dari bagian abstrak dalam makalah adalah metode penelitian. Penulis menguraikan cara-cara yang dipakai saat menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, dalam paragraf ini dituturkan metode penelitian, variabel pendukung, dan sumber data yang didapatkan. Lalu dirangkum dengan kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca.

4. Gambaran Isi Tulisan

Ringkasan mengenai isi keseluruhan makalah dituliskan dalam struktur yang keempat ini. Penulis harus memberikan gambaran secara umum dari pokok pembahasan. Bahasa yang digunakan yaitu yang memudahkan dan tidak bertele-tele. Akan lebih mudah jika menggunakan bantuan berupa kalimat tanya 5W+1H.

5. Kesimpulan

Paragraf paling akhir dari abstrak yaitu berisi kesimpulan secara singkat dari pembahasan yang diangkat. Dalam bagian ini penulis menghadirkan solusi dari permasalahan yang telah disebutkan di struktur kedua, yakni latar belakang. Jadi kesimpulan adalah jawaban dari masalah-masalah yang dibahas oleh penulis.

6. Kata Kunci

Struktur yang berada di paling bawah dari abstrak adalah keyword atau kata kunci. Bagian ini berisi kata-kata yang mudah diingat oleh pembaca dan mewakili keseluruhan isi. Kata kunci juga menjadi komponen yang perlu ada. Karena memudahkan saat pembaca melakukan indeks terhadap abstrak dengan melihat kata penting tersebut.

Itulah beberapa hal berkaitan dengan pembahasan tentang apa itu abstrak dalam makalah yang harus dipahami oleh penulis. Bagian tersebut bisa menjadi penentu diterimanya sebuah makalah. Untuk itulah, sebaiknya kuasai dahulu struktur abstrak dan penggunaan kalimat efektif yang jelas dan ringkas.

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment