Buku I will Teach You to be Rich karya Ramit Sethi : Cara Belajar Menabung Sejak Dini

PenulisKreatif.com – Buku I will Teach You to be Rich karya Ramit Sethi. Buku ini akan mengajarkanmu untuk menabung sejak dini. Mengenalkanmu pada investasi, yang akan membuat uang bekerja untukmu nantinya.

Untuk menjadi kaya, kamu tidak perlu keahlian. Hanya perlu rencana dan sedikit trik

7 Cara Belajar Menabung Sejak Dini menurut Ramit Sethi

  1. Jangan salahkan orang lain tentang masalah finansialmu

Kamu mungkin sedang atau pernah berada dalam fase merasa bersalah dan menyesal, karena tidak memiliki tabungan atau merasa terlambat menabung. Tapi, mulai sekarang hentikan itu, dan lebih baik kamu segera bertindak daripada hanya sekedar menyalahkan pilihanmu di masa lampau.

Terkadang banyak orang menyalahkan sekolah yang tidak melatih menejemen investasi sejak dini.

Ada pula alasan lain tidak segera berinvestasi dan menabung, yaitu karena takut kehilangan uangnya. Padahal, selagi masih muda, uang yang terbuang tentu belum begitu banyak bukan untuk membeli pengalaman? Seiring bertambahnya usia, kamu akan lebih mampu dan memiliki kemampuan tentang bagaimana menjaga uang dengan baik.

Hal lain yang membuat menunda menabung dan berinvestasi, adalah alasan terlalu susah mengumpulkan sejumlah uang dalam waktu satu bulan. Padahal, jumlah itu tidak penting. Kamu bisa memulai dengan sedikit demi sedikit uang yang kamu kumpulkan perharinya.

Jika kita semua ingat tentang krisis finansial di tahun 2008, banyak orang yang merugi dan berlomba menarik uang mereka dari pasar modal. Mereka sangat bisa menyalahkan bank dan pemerintah.

Namun, kembali lagi. Masalah finansial yang kita hadapi adalah keputusan kita sendiri. Bukan orang lain. Ini adalah point pertama Buku I will Teach You to be Rich karya Ramit Sethi.

 

  1. Bijak dalam menggunakan kartu kredit

Salah satu cara untuk membuatmu segera kaya adalah dengan bijak mengatur pengeluaran. Pengeluaran biasanya dalam beberapa bentuk, seperti pinjaman, hipotek, maupun kartu kredit. Disini, kartu kredit adalah alat yang paling sering dan mudah digunakan. Kartu kredit memfasilitasi pembelian barang di saat kita belum memiliki uang saat itu atau dalam waktu dekat.

Semakin bijak kamu dalam menggunakan kartu kredit, maka semakin mudah dalam menyisihkan uang.

Beberapa istilah dalam dunia kartu kredit :

  1. Laporan kredit, berisi laporan aktivitas kredit kita dan penyedia kredit yang potensial.
  2. Skor kredit, berada di kisaran 300 sampai 850. Yang mana semakin baik skor kredit kita, maka penyedia kredit dapat memberikan rate dan bunga yang lebih baik kepada kita.

Bagaimana cara terbaik nengatur kartu kredit kita?

  1. Kurangi pengeluaran dan segera lunasi tagihan kartu kreditmu.
  2. Hubungi perusahaan kartu kreditmu, dan minta mereka untuk meniadakan biaya tahunan, biaya layanan, dan mengurangi tarif persentase tahunanmu. Banyak perusahaan yang mau melakukannya.
  3. Pilih perusahaan dengan bonus menarik untuk nasabah, misalnya tiket jalan-jalan.

 

  1. Pilih bank dan rekening bank terbaik

Kamu bisa memilih bank online yang memberikan rate bunga dan biaya layanan yang lebih baik daripada bank reguler. Bank online membutuhkan lebih sedikit biaya operasional dan lain-lain, sehingga mereka mampu menawarkan interest yang lebih menarik ke nasabah. Bank online bahkan mampu memberikan rate 3% disaat bank reguler hanya 0,5% dalam 1 tahun.

Milikilah 2 rekening berbeda, yaitu rekening giro khusus untuk penarikan sehari-hari dan rekening tabungan untuk menabung uang dengan tujuan tertentu, misalnya jalan-jalan atau event tertentu.

Beberapa pilihan yang bisa dipilih :

  1. Rekening giro dan tabungan di bank yang sama.
  2. Rekening giro di bank regular dan rekening tabungan di bank online.
  3. Memiliki banyak rekening untuk keduanya.

Tentunya, carilah tarif administrasi layanan terendah di bank reguler dan rate tinggi untuk bank online.

Review Buku I will Teach You to be Rich karya Ramit Seth

  1. Mulailah berinvestasi dari sekarang

Menabung memang bagus. Namun, berinvestasi akan jauh lebih baik.

Banyak perusahaan di AS yang menawarkan program 401 (K) pada karyawannya, yaitu program dana pensiun. Secara otomatis, beberapa nominal uang gaji dari perusahaan akan ditarik secara autodebet ke rekening 401 (K) karyawan.

Selain itu, penting untuk memiliki rekening Roth IRA. Sebuah rekening untuk dana pensiun dengan menggunakan uang kita sendiri. Roth IRA memungkinkan kita berinvestasi dimanapun kita inginkan.

Sangat direkomendasikan memiliki 2 akun rekening tersebut. Dan yang terpenting, mulailah berinvestasi, sekecil apapun uangmu saat ini.

 

  1. Alokasikan dana dengan tepat dan bijak

Tentu kita pernah atau bahkan sering merasa bersalah membelanjakan sesuatu karena lapar mata? Atau membelanjakan sesuatu untuk hal yang tidak begitu penting?

Mulai sekarang atur keuanganmu dengan mengadopsi sistem Conscious Spending Plan. Otomatiskan investasi dengan nominal tertentu dalam satu bulan. Alokasikan keuanganmu, dan kamu bisa menggunakan sisanya untuk belanja atau melakukan hal yang kamu sukai dengan bebas.

Alokasinya dapat mengikuti aturan di bawah ini :

  1. 60% untuk biaya hidup, seperti membayar biaya sewa, cicilan, dan lain-lain.
  2. 10% untuk investasi (dana pendidikan anak, dana pensiun, dan lain-lain).
  3. 10% untuk tabungan (jalan-jalan, event, dan lain-lain).
  4. 20% uang bebas yang bisa kamu belanjakan.

Program ini membantumu untuk membeli apa yang benar-benar kamu butuhkan. Dan tidak akan melebihi batas, karena sudah kamu alokasikan ke tempatnya masing-masing.

Kamu bisa melakukan pembagian dengan sistem amplop. Ketika mendapatkan gaji, langsung secara otomatis kamu bagi untuk masing-masing amplop sesuai alokasi dana yang telah kamu atur. Jika uang dalam amplop tersebut telah habis, tandanya itu adalah batas untukmu bulan ini.

Amplop disini bisa diartikan dengan rekening bank.

Tentunya mengubah perilaku tidak bisa langsung drastis. Kamu bisa pelan-pelan mengubahnya, melakukan 1-2 program lebih dulu, dan mendapati itu berhasil.

 

  1. Otomatiskan seluruh pembiayaan

Hal mudah yang bisa dilakukan dan membuatmu tidak pusing di belakang adalah dengan mengatur pembiayaan secara otomatis. Kamu dapat menghubungi perusahaan bankmu untuk hal ini.

Misalkan, kamu menerima gaji di rekening gaji pada awal bulan. Pada saat itu juga, autodebet untuk pembiayaan dana pensiun 401 (K) dan sisanya masuk ke rekening giro.

Pada tanggal 5 di setiap bulannya, kamu bisa mengatur autodebet rekening giro ke rekening tabungan, ke rekening biaya tetap (untuk pembayaran sewa, cicilan, dan lain-lain), dan ke rekening Roth IRA.

Dan pada tanggal 7, autodebet untuk pelunasan biaya tagihan kartu kredit dan lain-lain.

Kamu bisa membuat pengingat setiap tengah bulan. Jika kamu berada di jalur yang salah atau pengeluaranmu telah berlebihan, maka kamu bisa gunakan 15 hari sisanya untuk melakukan perbaikan.

 

  1. Pakar tidak selalu benar

Para ahli memang lebih ahli dari kita mengenai investasi, namun jangan pernah mempercayai mereka karena mereka tidak bisa memprediksi masa depan.

Lakukan investasi dengan cara sederhana. Terdapat kategori investasi yang berbentuk seperti piramida. Bagian bawah berisi saham, obligasi, dan uang tunai. Bagian tengah berisi indeks dan reksadana. Bagian paling pucuk berisi dana siklus hidup.

Investasi piramida tersebut lebih rumit jika semakin ke bawah, maka paling sederhana adalah dengan dana siklus hidup atau disebut dengan dana berbasis usia.

Jika usiamu 25 tahun, maka alokasikan 90% untuk saham dan 10% untuk obligasi. Jika usiamu 55 tahun, maka 63% saham dan 37% obligasi.

Saat muda, pengambilan saham lebih banyak karena kita lebih mampu mengambil resiko. Seiring bertambahnya usia, maka persentase saham akan menurun.

 

Ingin memiliki bukunya ? Beli disini saja

Kesimpulan :

Mulailah berinvestasi sejak dini, dan biarkan uang bekerja untukmu.

Otomatiskan rekeningmu agar kamu secara otomatis dapat berinvestasi, menabung, membayar biaya tetap, dan membayar tagihan kartu kreditmu ketika kamu menerima gaji di rekeningmu.

Apa yang harus dilakukan?

Hitunglah penghasilanmu dalam sebulan dan segera alokasikan danamu menuju ke masing-masing amplopnya. Segera otomatiskan rekeningmu. Atur pengeluaranmu dengan baik. Itulah pembahasan kita tentang Buku I will Teach You to be Rich karya Ramit Sethi.

Cara Belajar Menabung Sejak Dini 2

Leave a Comment