Buku Money Master The Game karya Tony Robbins : 7 Langkah Kebebasan Finansial

PenulisKreatif.com – Buku Money Master The Game karya Tony Robbins. 7 langkah sederhana menuju kebebasan finansial. Apa kamu ingin uang bekerja untukmu? Dalam buku ini kamu akan menemukan langkah-langkah untuk mencapai kebebasan finansial yang sesungguhnya.

Jika kamu menginvestasikan uangmu di tempat yang tepat maka keamanan finansial hanya tinggal menunggu waktu. Bahkan mungkin kamu tidak perlu bekerja lagi.

7 Langkah Kebebasan Finansial menurut Tony Robbins

  1. Compounding bisa membuat uangmu terus bertumbuh dari tahun ke tahun

Kamu perlu membuat uangmu bekerja keras menghasilkan uang lebih banyak, karena metode menabung tradisional tidak cukup kamu andalkan untuk menyiapkan masa depan.

Kamu mungkin membayangkan bahwa menumbuhkan uangmu itu sulit, atau mungkin kamu merasa senang dengan penghasilanmu saat ini meskipun kamu tahu itu tidak cukup untuk menutupi masa pensiunmu. Kamu tidak bisa mengandalkan dana pensiun untuk membantumu.

Banyak sistem pensiun dunia yang gagal. Di Amerika serikat, rencana pensiun 401k awalnya diciptakan untuk menambah penghasilan di hari tua, namun bagi banyak orang itu menjadi satu-satunya hal yang bisa mereka andalkan.

Program pensiun lainnya terpukul keras oleh krisis keuangan 2008, mereka yang membayarnya kehilangan banyak uang.

Compounding berarti membuat uangmu berkembang tiap tahun dengan penumpukan bunga berbunga. Katakan kamu menginvestasikan 100 dolar yang menghasilkan keuntungan 10%. Maka tahun kedua kamu menghasilkan 10% lagi dari 110 dolar, kemudian tahun ketiga 10% lagi dari 121 dolar, dan seterusnya.

Saat Benjamin Franklin meninggal pada tahun 1790, dia menginvestasikan 1000 dolar untuk kota-kota di Boston dan Philadelphia. Dia menetapkan bahwa investasi tersebut tidak boleh diambil selama 100 tahun.

Setelah waktu berlalu, setengah juta dolar diambil dari akun tersebut, dan sisanya dibiarkan selama 100 tahun lagi. Pada saat itu jumlahnya telah mencapai 6,5 juta dolar.‌ Ini adalah point penting pertama dalam Buku Money Master The Game karya Tony Robbins.

 

  1. Disiplinlah untuk memasukkan sejumlah uang ke dalam dana investasi setiap bulan, berapapun jumlahnya

Untuk menjadi aman secara finansial, bagaimana harus memulai?

Aturan pertama yang sederhana, tambahkan uang ke tabunganmu. Menabung memang tidak mudah, tapi cobalah untuk tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang membosankan. Bayangkan kamu menabung untuk mulai membangun dana kebebasan finansialmu.

Kamu harus disiplin dan terus melakukannya, bahkan ketika kamu merasa sedang tidak memiliki cukup uang untuk digunakan. Sebetulnya kamu selalu dapat menyisihkan uang untuk dana kebebasanmu. Buat penyesuaian sekecil apapun supaya kamu bisa menghemat lebih banyak.

Tujuanmu adalah menghemat 10% dari setiap penghasilanmu.

 

  1. Lakukan riset dan teliti di mana tempat terbaik untuk menaruh dan menginvestasikan uangmu

Setiap kita membicarakan tentang investasi mungkin dalam benakmu akan muncul pertanyaan “Apa yang terjadi jika saya berinvestasi pada hal yang salah?”, Atau “haruskah saya menyerahkan kepada profesional untuk mengelola investasi saya?”.

Yang harus kamu tahu adalah, profesional tidak benar-benar tahu apa yang terbaik buatmu. Banyak orang membiarkan pialang saham mengelola dana investasinya, padahal yang harus kamu ingat dan kamu tahu adalah, mereka tetap mendapat bayaran entah kamu untung ataupun tidak. Tugas mereka adalah menjual produk keuangan kepadamu.

Sebagian lainnya berinvestasi dalam reksadana. Namun, ketika kamu mempertimbangkan pengembalian rata-rata yang kamu peroleh, jelas reksadana bukan keputusan keuangan yang bijaksana.

Kamu dapat belajar berinvestasi sendiri, selama kamu paham beberapa aturan yang bermanfaat.

Aturan pertama adalah kamu harus percaya pada diri sendiri. Selanjutnya lakukan penelitian. Jangan serta-merta secara membabi buta percaya dan mengikuti apa yang dilakukan orang lain. Cari tahu sendiri apa yang sebenarnya kamu butuhkan.

Kamu juga bisa mencoba mempelajari apa yang telah dilakukan orang sukses lainnya dengan investasi mereka, dan lihat apakah kamu bisa melakukan hal yang sama.

Yang terakhir berhati-hatilah. Jangan harap bahwa kamu bisa mengalahkan pasar, karena sangat sedikit yang bisa melakukannya. Cobalah yang terbaik yang bisa kamu lakukan, dan ketahui bahwa tidak ada jalan instan menuju kesuksesan.

 

  1. Apa kamu punya tujuan keuangan?

Apa kamu hanya ingin menutupi biaya dasar kehidupan sehari-hari, atau kamu ingin menjalani kehidupan orang kaya?

Kira-kira berapa banyak uang yang kamu pikir kamu perlukan untuk membebaskanmu dari tekanan keuangan?

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah bersikap realistis. Tujuanmu bergantung padamu dan pada apa yang kamu inginkan.

Di bawah ini adalah 5 tujuan berbeda untuk membuatmu berpikir tentang seberapa jauh kamu ingin melangkah.

Tujuan 1 : hasilkan cukup uang dari investasi untuk menutupi tagihan bulanan dasar, seperti sewa, hipotek, makanan, energi, dan transportasi.

Tujuan 2 : menghasilkan cukup uang untuk menutupi kebutuhan dasar plus tambahan untuk hal-hal menyenangkan, seperti pakaian baru atau hiburan.

Tujuan 3 : hasilkan cukup uang untuk mengamankan kemandirian finansial. Ini berarti hidupmu sepenuhnya tercover dengan bunga majemuk atau compounding dan kamu tidak perlu bekerja lagi. Pengeluaran tahunan rata-rata orang dewasa Amerika adalah 34688 dolar atau sekitar 500-an juta. Jadi jika kamu ingin menghasilkan jumlah ini setiap tahun, kamu membutuhkan sekitar 640000 dolar atau sekitar 9 miliar dalam dana kebebasanmu.

Tujuan 4 :  jangan hanya membuat investasimu membebaskanmu dari pekerjaan, tapi juga membuatnya meningkatkan gaya hidupmu. Hasilkan lebih banyak lagi sehingga kamu dapat pergi berlibur atau makan di restoran yang lebih bagus.

Tujuan 5 : mencapai kebebasan finansial mutlak. Ini berarti kamu punya cukup uang untuk melakukan apapun yang kamu inginkan dan kapanpun kamu mau.

Silakan pikirkan tentang tujuan-tujuan di atas dan tentukan mana yang sesuai dengan impian finansialmu. Jika kamu tidak punya rencana, mudah untuk merasa kewalahan atau tersesat. Namun, saat kamu tahu apa yang kamu tuju, akan jauh lebih mudah untuk sampai ke sana.

Ketika kamu sudah memutuskan berapa jumlah yang kamu butuhkan dalam dana kebebasanmu, kamu bisa mulai berpikir tentang bagaimana kamu ingin menginvestasikan uangmu.

 

  1. Jalan menuju kebebasan finansial mungkin terasa lambat pada awalnya, tapi jangan menyerah

Kamu dapat mencapai kebebasan finansial selama kamu terus mengupayakannya. Sepanjang perjalanan, kamu pasti akan bertemu dengan orang lain yang menabung lebih banyak, dan kadang kamu mungkin merasa penghasilanmu tidak cukup tinggi untuk kamu tabung.

Tapi jangan biarkan hal ini membuat kamu putus asa. Kamu harus mengabaikan suara hati yang mungkin menyuruhmu untuk menyerah.

Keraguan diri bukan satu-satunya hal yang dapat mengalihkan perhatianmu. Hal lain yang sering menahan orang adalah pemikiran jangka pendek. Banyak orang melebih-lebihkan apa yang dapat mereka capai dalam satu tahun, tapi kemudian meremehkan apa yang dapat mereka capai dalam 10 tahun.

Jika kamu tidak memenuhi tujuanmu untuk tahun pertama, teruslah bekerja. Kamu masih bisa mengejar ketertinggalan dari waktu ke waktu.

Saat kamu terus bekerja menuju kebebasan finansialmu, ingatlah beberapa tips ini.

Pertama, percepatlah dengan mengubah gaya hidupmu. Jangan menunggu sampai pensiun untuk berhemat. Lakukan sekarang sehingga kamu dapat menghemat uang untuk pembayaran hipotek, listrik, dan pajak.

Juga, berinvestasilah hanya ketika kamu tahu kamu akan mendapat pengembalian yang baik, untuk memastikan compounding terus berlanjut. Aturan yang bisa menjadi contoh adalah berinvestasilah ketika pengembaliannya 5 kali lipat dari jumlahnya.

Terakhir, berusahalah untuk mengurangi beban pajakmu. Rata-rata orang Amerika membayar 54,25% dari pendapatan mereka dalam bentuk pajak. Buatlah penyesuaian untuk mengurangi ini.

 

  1. Diversifikasikan investasimu

Setelah kamu menabung cukup banyak dalam dana kebebasanmu sehingga kamu siap untuk berinvestasi, lalu apa langkah selanjutnya?

Kunci untuk berinvestasi dengan bijak adalah mengetahui cara melakukan diversifikasi. Kamu harus berinvestasi dalam produk keuangan yang berbeda yang memiliki berbagai tingkat resiko.

Ada tiga area atau tiga ember di mana kamu perlu memusatkan investasimu.

Area pertama adalah area keamananmu. Di sini kamu menempatkan investasi yang paling aman, meskipun belum tentu paling menguntungkan. Misalnya obligasi, obligasi tidak menawarkan pengembalian yang besar, tapi ini sangat aman.

Selanjutnya adalah area pertumbuhan. Investasi dalam area ini lebih beresiko. Di sini kamu bisa mendapatkan keuntungan besar, tapi kamu juga bisa kehilangan lebih banyak. Kamu mungkin berinvestasi dalam ekuitas yang berarti saham. Banyak saham mengalahkan rata-rata pasar dalam jangka panjang, tapi saham sering bergejolak dan kehilangan nilai dalam jangka pendek.

Yang terakhir adalah area impianmu. Disini kamu menaruh beberapa keuntungan yang kamu peroleh dari area yang lain. Ember impian membantumu meningkatkan gaya hidup.

Ingat, inti dari mencapai keamanan finansial adalah membelanjakan uangmu dengan cara yang kamu sukai.

Jadi, berapa banyak yang harus kamu masukkan ke dalam setiap ember? Itu tergantung pada sikapmu, seberapa kamu menghindari risiko, dan tujuan kebebasan finansial yang kamu tetapkan. Berusahalah untuk menjaga semuanya seimbang.

 

  1. Belajar dari orang-orang yang telah berhasil sebelum kamu

Jika kamu ingin sukses dalam segala hal, ada baiknya kamu belajar dari orang-orang yang telah berhasil sebelum kamu.

Dalam hal keuangan juga tidak berbeda. Jika kamu menganalisa apa yang telah dilakukan investor sukses lainnya, kamu akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk mencapai tujuanmu.

Ray dalio adalah panutan yang baik. Dia mendirikan bridgewater associates, hedge fun terbesar di dunia. Rencana investasi dalio dikenal sebagai strategi alokasi semua musim. Rencana tersebut dirancang untuk membantumu menghasilkan uang apapun kondisi keuangan yang sedang kamu hadapi.

Pertimbangkan strategi yang digunakan oleh Ray dalio. Dia menaruh 7,5% aset dalam emas, dan 7,5% dalam komoditas. Emas dan komoditas merupakan investasi yang baik bahkan selama periode inflasi tinggi. Kemudian taruh 30% di saham terutama selama musim pertumbuhan tinggi di mana kamu bisa mendapatkan lebih banyak. Terakhir, masukkan 55% ke obligasi yang beresiko sangat rendah.

Selain itu, apapun metode yang kamu ikuti, pastikan untuk punya asuransi. Ubah sebagian tabungan menjadi anuitas, atau kontrak keuangan di mana perusahaan asuransi menjamin pembayaran di masa mendatang dengan imbalan pembayaran segera. Ini akan membantu memastikan bahwa kamu mendapatkan penghasilan seumur hidup yang terjamin.

Ketika kamu merasa nyaman dengan strategi alokasi semua musim, dan kamu menetapkan asuransi pendapatanmu melalui anuitas, tinggal menunggu waktu kamu akan dapat mencapai kebebasan finansial.

Ingin memiliki bukunya ? Beli disini saja

 

Kesimpulan :

Siapapun bisa mencapai kebebasan finansial jika mereka berdedikasi, mau menabung, dan siap mengikuti langkah-langkah yang diperlukan. Jadi teruslah melakukannya, bahkan jika kemajuanmu lambat pada awalnya. Diversifikasikan investasimu, belajar dari investor yang sudah sukses, bersiaplah untuk musim keuangan yang berbeda, dan dapatkan asuransi untuk dirimu sendiri.‌‌Jika kamu bekerja keras, kamu bisa menjadi penguasa uangmu dan menjalani kehidupan yang benar-benar kamu inginkan.

Apa yang harus dilakukan :

Tentukan tujuan keuanganmu, dan berupayalah untuk mencapainya. Uang akan memudahkanmu untuk bahagia, yang terpenting adalah apa yang kamu lakukan dengan uangmu. Memiliki banyak uang dan membelanjakannya dengan cara yang benar akan membuat kamu bahagia. Jadi ingatlah bahwa kamu berupaya menghasilkan uang untuk membeli pengalaman yang kamu nikmati, atau yang memberi makna dalam hidupmu. Sekian pembahasan kita kali ini tentang Buku Money Master The Game karya Tony Robbins.

Leave a Comment