Chanel Youtube yang Berbagi Informasi tentang Dunia Penulisan

PenulisKreatif.com – Cara Kreatif Berbagi Informasi tentang Dunia Penulisan melalui Youtube. Pandemi covid 19 yang mendera dunia dalam 3 bulan terakhir ini cukup terasa imbasnya. Semua bidang kehidupan lumpuh, termasuk juga bidang ekonomi dengan adanya PSBB yang diberlakukan di sebagian besar wilayah di Indonesia. Dengan adanya keterbatasan dalam beraktivitas inilah saya mencoba untuk sharing informasi yang bermanfaat bagi adik-adik, terutama yang berminat pada dunia penulisan.

Bahkan untuk memudahkan mereka menerima informasi yang saya buat, maka saya menyajikannya dalam bentuk video di chanel saya, Iwan Wahyudi Net. Di chanel inilah saya berbagi tentang; istilah, tips dan motivasi menulis artikel hingga buku.

Tujuannya apa?

Bukannya hanya supaya saya bisa mendapatkan penghasilan dari youtube (karena minat untuk genre ini kecil), tapi lebih pada berbagi manfaat tentang peluang dunia penulisan, mengingat kondisi kita saat ini sangat memprihatinkan sebagaimana yang saya sebutkan tadi diatas.

Karena saya yakin masih banyak adik-adik yang saat ini berminat pada dunia penulisan, tapi tidak berani untuk memulai menulis. Ada juga yang sudah mulai menulis, tapi hanya sekedar hobby, tidak menjadikannya sesuatu yang menghasilkan.

Pandangan saya tentang kegiatan menulis

Bagi saya menulis itu harus mempunyai minimal 2 nilai. Pertama, harus mempunyai manfaat sesuai; bidang , pengetahuan dan pengalaman yang kita punya. Kedua, harus bisa menghasilkan. Karena apa? Saya sering mengamati, sesuatu yang hanya disenangi, tapi tidak menghasilkan apa-apa, maka sesuatu itu tidak akan benar-benar dipelajari.

Ya, memang idealnya adalah sebagai penulis kita harus suka dengan profesi itu, selanjutnya kita harus mendapatkan hasil darinya. Pasti ada banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana caranya? Salahsatunya adalah dengan mengikuti sharing informasi dari penulis yang sudah beberapa tahun menjalani profesi sebagai penulis. Seperti saya salahsatu. He……

Apalagi kebetulan profesi penulisan yang saya jalani adalah penulis freelance, jadi sangat tepat untuk dibagikan, terutama saat menghadapi pandemi seperti saat ini, dimana banyak orang ingin mendapatkan uang secara cepat; menerima job penulisan, mengerjakan hingga selesai dan langsung mendapatkan fee nya.

Ada banyak sharing tentang peluang dunia penulisan di chanel ini yang saya buat berdasarkan tingkat kesulitannya. Jadi, adik-adik yang sudah berkunjung ke chanel tersebut akan menemukan bahwa postingan di awal-awal ini adalah banyak membahas tentang penulisan artikel. Karena artikel ini penulisannya lebih mudah, lebih pendek (jumlah katanya sedikit) dan tentunya lebih cepat mendapatkan fee nya.

Sungguh, ini bisa menjadi salahsatu alternatif mendapatkan penghasilan bagi kalian yang punya minat dan kemampuan menulis. Yuk, mulai asah kemampuan menulis kalian dari yang termudah, seperti mencoba untuk membuka jasa penulisan artikel.

Saya sadar bahwa konten video yang saya bagikan ini memang penuh keterbatasan; kualitas visual, audio, dll. Tapi ini adalah salahsatu bentuk ikhtiar saya untuk bisa sharing tentang informasi dan peluang dunia penulisan yang banyak dibutuhkan oleh adik-adik penulis muda saat ini.

Sebagai mana dalam deskripsi bahkan saya mengingatkan lagi di setiap video, bahwa bagi siapa saja yang ingin bertanya tentang dunia penulisan silahkan komentar di setiap postingan video, nanti akan saya jawab langsung atau jika pembahasannya panjang akan saya buatkan konten videonya.

Di akhir deskrips setiap video juga saya memberikan link ke akun sosmed saya, tujuannya supaya adik-adik bisa saling berinteraksi disana; blog, fb, ig, twitter. Atau bisa juga sharing dan duskusi dengan teman-teman yang lainnya di chanel telegram saya, Iwan Wahyudi (t.me/IwanWahyudi), supaya ada saling interaksi dengan teman-teman penulis muda lainnya yang telah bergabung disana.

Semoga apa-apa yang saya bagikan dalam chanel youtube saya ini bermanfaat ya. Doa saya pastinya adik-adik yang ingin menekuni dunia penulisan segera mendapatkan jalannya. Semoga apa-apa yang kalian usahakan selama ini sesuai dengan harapan kalian semua.

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment