Cara Membuat Cover Makalah. Bagaimana Supaya Mudah dan Menarik ?

Cara Membuat Cover Makalah. Bagaimana Supaya Mudah dan Menarik ?

Sebagai siswa atau mahasiswa pasti kita pernah diberi tuugas oleh guru / dosen untuk mmebuat makalah. Pemberian tugas ini selain untuk mengetahui sejauh mana minat siswa / mahasiswa, juga untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka pada pelajaran / mata kuliah yang diajarkan.

Salahtu bagian yang harus ada dalam makalah adalah cover makalah. Apakah cover makalah itu? Sesuai namanya, maka cover makalah adalah halaman terdepan / terluar yang terdapat dalam makalah. Sebagaimana buku, halaman terdepan / terluarnya kita menyebut dengan cover buku. Begitu juga dengan makalah bagian terluarnya berupa cover yang biasanya berisi judul, nama siswa / mahasiswa, nomor absen / stambuk dan nama sekolah / perguruan tinggi.

Pencantuman apa-apa yang ada dalam cover makalah tentunya untuk memudahkan pengajar dalam memberikan penilaian terhadap makalah yang sudah dibuat.

Bagaimana cara membuat cover makalah?

Ada banyak cara membuat cover makalah dari yang mudah hingga yang agak rumit. Untuk yang mudah biasanya kita menggunakan Mirosoft Word. Sedangkan yang agak rumit biasanya menggunakan aplikasi edit seperti CorelDraw, Photoshop dan lainnya.

Mengapa membuat cover makalah dengan mirosoft word dianggap mudah?

Tentu saja jawabannya karena kebanyakan orang sudah terbiasa menggunakannya. Mereka yang menggunakan laptop / computer untuk menulis pasti menggunakan Microsoft Word. Sedangkan aplikasi edit seperti CorelDraw, Photoshop dan lainnya yang biasa menggunakan itu biasanya hanya orang tertentu saja. Biasanya mereka yang paham tentang desain.

Tapi kenyataannya tidak semua orang paham tentang desain, maka membuat cover dengan Microsoft Word memang banyak dipilih seseorang yang sedang membuat makalah.

Ok, kita deal bahwa cara membuat makalah yang mudah adalah dengan Microsoft Word. Tapi bagaimana cara membuatnya?

Tahapan Cara Membuat Cover Makalah Mudah dan Menarik dengan Microsoft Word

  1. Buka aplikasi Microsoft Word Office yang ada di PC atau laptop Anda
  2. Langkah selanjutnya ada dua pilihan. Pertama bagi Anda yang belum membuat makalah, maka Anda bisa ke tahap desain. Kedua, bagi Anda yang sudah membuat makalah, maka yang harus dilakukan adalah membuka makalah yang telah Anda buat, lalu buat halaman baru di paling atas (halaman awal). Selanjutnya klik tab insert dan pilih cover page yang bisa Anda pilih dengan pilihan template dasar yang fungsinya bisa membuat kover dengan otomatis.
  3. Silakan pilih salah satu cover page yang sesuai dengan selera Anda. Kadang banyak orang yang bingung dengan pilihan yang tersedia. Untuk lebih menghemat waktu, Anda bisa menggunakan yang type conservatife yang sering dipakai untuk pembuatan cover makalah.
  4. Setelah Anda pilih, maka cover page yang Anda buat tadi otomatis akan terpasang di halaman awal dokumen Anda (makalah yang Anda buka. Selanjutnya Anda hanya butuh mengedit tulisan-tulisannya saja.

Sangat mudah bukan?

Yang harus diperhatikan dalam pembuatan cover makalah adalah font yang digunakan sebisa munkin memilih font yang jelas terlihat dan mudah dibaca, sehingga guru / dosen yang memberi tugas makalah akan lebih mudah membacanya.

Membuat cover makalah sangat penting untuk memberikan kesan pertama pada makalah. Jika tampilan dan isinya baik ini tentu akan mendapatkan respon yang positif dari guru / dosen yang pada gilirannya akan memberikan nilai yang baik sesuai makalah yang kita buat.

Sekian pembahasan kita tentang Cara Membuat Cover Makalah. Anda bisa membaca postingan kami yang menarik lainnya, dengan sering berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat.

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment