Cara Membuat Daftar Isi Makalah Otomatis dan Manual

PenulisKreatif.com – Cara Membuat Daftar Isi Makalah Otomatis dan Manual. Membuat makalah memang tergolong susah-susah gampang bagi sebagian orang. Mengingat terdapat format tulisan yang perlu dipenuhi. Mulai dari bagian cover sampai dengan daftar isi. Untuk itu tak mengherankan apabila pembahasan terkait cara membuat daftar isi makalah penting untuk diketahui. Dimana nantinya cara tersebut dapat dicoba diterapkan guna mempermudah penulisan makalah yang dilakukan.

Bahkan yang dinamakan daftar isi tidak hanya berhubungan dengan makalah saja. Pasalnya daftar isi ini juga banyak diperlukan untuk sejumlah kepenulisan. Mulai dari buku sampai dengan beragam karya ilmiah. Untuk dapat membuat daftar isi dengan mudah ternyata ada sejumlah langkah-langkahnya. Bagi yang penasaran, berikut jajaran langkah yang dimaksud:

Sekilas Tentang Daftar Isi

Istilah kata yang dinamakan dengan daftar isi dapat dipahami sebagai jajaran serangkaian bab yang terdapat pada suatu karya kepenulisan. Adapun fungsi dari daftar isi itu tidak lain adalah untuk mempermudah pembaca dalam menemukan topik dalam karya kepenulisan tersebut. Secara umum letak penulisan daftar isi berada pada bagian depan dari karya kepenulisan yang ada.

Dengan begitu para pembaca yang hendak mencari tahu terkait daftar konten dan karya kepenulisan tersebut dapat lebih mudah. Namun perlu diketahui ternyata tidak seluruh penulis dari suatu karya kepenulisan yang menyertakan daftar isi mengetahui cara pembuatannya. Bahkan ada juga yang menganggapnya susah lantaran beberapa hal. Pada dasarnya cara membuat daftar isi makalah dapat dijalankan dengan cara manual serta otomatis.

Cara Membuat Daftar Isi

Jika pengetahuan terkait daftar isi secara umum telah diketahui. Maka selanjutnya penulis dapat mulai memahami terkait jajaran cara membuat daftar isi makalah secara gampang. Entah itu dilakukan dengan cara manual maupun dengan cara otomatis. Dimana nantinya penulis membutuhkan sejumlah langkah untuk menerapkan cara tersebut. Berikut pembahasan terkait cara pembuatan daftar isi di suatu karya kepenulisan:

1. Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Sebagaimana yang banyak diketahui bahwa satu dari beberapa cara membuat daftar isi makalah dapat dijalankan melalui cara otomatis. Untuk melakukan cara ini nantinya penulis perlu menjalankan sejumlah langkah. Mulai dari melakukan blok atas judul bab sampai dengan melakukan penyimpanan dokumen. Adapun pembahasannya adalah seperti beku:

  • Blok judul dan sub judul. Tahapan pertama untuk melakukan pembuatan daftar isi menggunakan cara otomatis yaitu memblok tulisan judul maupun sub judul. Cara ini dapat dilakukan dengan mengklik Select kemudian lanjutkan dengan mengklik sebanyak 3 kali di bagian judul maupun sub judul yang diinginkan.
  • Melakukan pemilihan tipe heading. Berikutnya penulis dapat melakukan pemilihan heading yang diperlukan. Dimana heading 1 diperuntukkan bagi judul, kemudian heading 2 bagi sub judul, serta heading 3 bagi sub sub judul.
  • Atur style heading. Pada umumnya dibagikan heading sudah tersedia style font yang memiliki warna biru. Apabila penulis hendak melakukan perubahan maka bisa klik kanan di bagian heading lalu lanjutkan mengklik Modify.
  • Ulangi untuk judul dan sub judul berikutnya. Penulis dapat melakukan pengulangan terhadap sejumlah cara sejumlah untuk judul maupun sub judul selanjutnya.
  • Memasukkan daftar isi. Guna memulai untuk melakukan pemasukan daftar isi dengan cara otomatis maka pertama klik bagian “References”. Lalu dilanjutkan dengan memilih menu “Table of Contents”.
  • Memilih Jenis Daftar Isi. Jika penulis sudah masuk di bagian Table of Contents. Maka nantinya penulis bakal disediakan pilihan sejumlah style daftar isi. Di sini penulis dapat melakukan pemilihan terhadap satu diantaranya.
  • Update konten. Cara satu ini diperlukan apabila penulis melakukan perubahan terhadap dokumen yang bersangkutan. Hingga membuat daftar isi yang ada menjadi tidak sesuai. Untuk menyesuaikannya maka butuh update konten ini.
  • Melakukan Penyesuaian Format Tulisan. Hal ini tidak boleh terlewatkan ketika melakukan pembuatan daftar isi untuk karya kepenulisan yang dimiliki. Pasalnya awal muncul format yang ada adalah memakai format default hingga perlu disesuaikan.
  • Terakhir yaitu tinggal menyesuaikan format tulisan dan menyimpannya.

2. Membuat Daftar Isi Secara Manual

Telah disinggung sebelumnya jika cara membuat daftar isi makalah tidak hanya dapat dilakukan dengan cara otomatis. Akan tetapi juga dapat dijalankan menggunakan cara manual seperti biasa. Cara ini dapat menjadi alternatif bagi penulis yang memiliki jumlah sub bab hanya sedikit. Langkah-langkah yang diperlukan dalam hal ini adalah seperti berikut:

  • Tahap pertama penulis perlu menyiapkan lembar untuk daftar isi. Caranya adalah dengan memilih menu “References”, kemudian lanjutkan dengan memilih “Table of Contents “, dan terakhir klik “Manual Table”.
  • Setelah itu berikutnya penulis dapat melakukan penyesuaian terhadap konten yang dimiliki pada karya kepenulisan terhadap daftar isi.
  • Jika penulis hendak melakukan pengeditan maka penulis dapat merubahnya dengan cara langsung.
  • Apabila yang penulis inginkan adalah melakukan penambahan judul. Maka penulis dapat menyalin tulisan yang ada pada daftar isi. Caranya adalah dengan memblok tulisan tersebut lalu menyalinnya. Lakukan dengan menekan menu “Enter” dan lakukan paste.
  • Selanjutnya jika penulis hendak melakukan pengeditan halaman, maka dapat mengeditnya secara langsung di bagian kanan.
  • Namun apabila penulis hendak melakukan perubahan terhadap format atas kepenulisan dari daftar isi. Maka lakukan blok di bagian yang hendak diubah lali sesuaikan dengan font, stiyle serta ukuran yang diinginkan.
  • Tahapan pun selesai dan penulis dalam menyimpannya dengan mengklik tombol CTRL+S.

Tips Membuat Daftar Isi

Untuk lebih mudah dalam melakukan pembuatan daftar isi dari makalah yang dimiliki. Maka penulis dapat memperhatikan sejumlah tips dalam pembuatan daftar isi yang ada. Diantara tips yang dimaksud dapat disimak dalam pembahasan berikut:

1. Update Sebelum Dipublikasikan Maupun Dicetak

Tips pertama yang perlu penulis ketahui untuk melakukan pembuatan daftar isi yaitu update daftar isi tersebut. Tentunya sebelum dilakukan proses menuju ke percetakan maupun publikasi. Perkara ini penting dilakukan sebagai antisipasi terjadinya perubahan dokumen yang dimiliki.

Hingga dari perubahan tersebut turut merubah daftar isi yang ada. Dengan demikian maka update uji perlu dilakukan supaya antara konten dengan daftar isi yang ada dapat sinkron dan tak membuat bingung pembaca.

2. Melakukan Perubahan Format Stiyle Di Bagian Akhir Saja

Jika penulis hendak melakukan penyesuaian bagian format tulisan maupun stiyle dari daftar isi yang dimiliki. Maka dianjurkan untuk dilakukan di bagian akhir saja. Hal ini lantaran sebagai antisipasi terhadap pengerjaan berulang apabila dokumen masih perlu dibenahi.

Pasalnya jika penulis melakukan update terhadap daftar isi maka format tulisan yang ada pun menjadi ke bentuk awal. Tips ini juga dapat dipakai oleh penulis yang tidak ingin capek karena harus melakukan pergantian format berulang kali seiring berubahnya dokumen.

Demikian pembahasan terkait jajaran cara membuat daftar isi makalah secara gampang memakai cara otomatis dan manual. Ulasan semacam ini penting serta dibutuhkan oleh para penulis yang sering berkutat dengan dokumen berupa makalah. Hal ini lantaran secara umum pada bagian depan makalah alam disertakan daftar isi untuk membuat pembaca semakin mudah dalam mengetahui isi kontennya.

 

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment