Inilah 8 Cara Membuat Halaman Makalah yang Mudah dan Benar

PenulisKreatif.com – Cara Membuat Halaman Makalah dengan Mudah dan Benar. Dalam membuat sebuah makalah harus sesuai dengan pedoman serta penulisan yang benar karena tulisan tersebut akan dibaca oleh semua orang. Tetapi, kadang masih banyak yang kesulitan dalam membuat makalah sesuai dengan pedoman terutama pada halaman makalah. Padahal, cara membuat halaman makalah sebenarnya sangatlah mudah. Jika masih belum paham, dapat menyimak tutorialnya di bawah ini!

1. Buatlah Nomor Pada Halaman Makalah

Langkah pertama cara membuat halaman makalah adalah dengan memberikan nomor pada setiap halaman di makalah yang dibuat. Untuk caranya bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan cara yang tepat. Jika menggunakan cara yang tepat, maka halaman yang dibuat akan lebih rapi serta tertata.

Untuk caranya, yaitu penulis klik menu “Insert” lalu pilihlah fitur “Header And Footer” kemudian pilih lagi “Page Number.” Setelah itu pilihlah peletakan nomor halaman, ada beberapa pilihan di dalamnya yaitu pada bagian atas, bawah, samping kiri serta kanan, atau diletakan di kursor. Setelah memilih, penulis dapat langsung menutup halaman tersebut dan nomor halaman sudah ada di halaman makalah.

2. Ubah Format

Jika ingin mengubah format nomor halaman, misalnya dari halaman 1, 2, dan 3 menjadi halaman menggunakan romawi seperti i, ii, atau iii. Penulis dapat mengikuti cara yang akan dipaparkan di bawah ini. Untuk caranya juga cukup mudah serta mirip dengan cara yang pertama tadi.

Selanjutnya tinggal klik menu “Design” kemudian pilih fitur “Header And Footer” lalu pilh “Page Number”. Jika sudah penulis dapat memilih lagi “Format Page Number” dan akan muncul sebuah kotak dialog. Kotak tersebut akan menampilkan beberapa bentuk penomoran, pilihlah sesuai dengan kebutuhan penulis.

BACA JUGA   Cara Menjadi Penulis Memoar Biografi di Indonesia

3. Ubah Nomor Halaman

Penulis juga dapat mengubah nomor halaman makalah yang sudah dibuat sebelumnya, untuk cara membuat halaman makalah satu ini juga cukup praktis. Pada prinsipnya, cara yang digunakan hampir mirip semua namun tentunya fitur yang digunakan berbeda. Nah, untuk mengubah nomor halaman penulis dapat dengan memulai dengan klik menu “Design.”

Setelah masuk ke dalam menu tersebut, seperti biasa pilih “Header And Footer” klik pada fitur “Format Page Numbers.” Kemudian di menu tersebut, penulis bisa memilih “Page Numbering”. Pada fitur tersebut terdapat dua opsi yaitu “Continue From Previous Section” dan “Start At”. Opsi pertama untuk melanjutkan nomor halaman sebelumnya dan opsi kedua untuk memberikan penomoran dari nomor yang diinginkan.

4. Ubah Jenis dan Bentuk Nomor Halaman Makalah

Cara membuat halaman makalah yang berikutnya adalah dengan mengubah jenis serta bentuk nomor halaman makalah sesuai dengan keinginan. Karena, terkadang ada beberapa makalah yang bentuk nomornya harus sesuai dengan pedoman yang diberikan. Untuk mengubah jenis serta bentuknya juga cukup sederhana.

Penulis tinggal klik 2 kali pada halaman makalah di bagian bawah. Setelah itu pasti akan muncul fitur “Header And Footer.” Selanjutnya klik pada bagian sorot nomor halaman dan langsung akan muncul sebuah kotak dialog yang isinya beberapa bentuk nomor halaman. Pilihlah sesuai dengan keinginan serta kebutuhan makalah.

5. Buat Letak Halaman yang Ganjil dan Genap

Biasanya untuk membuat halaman makalah ada yang memberikan pedoman harus menggunakan peletakan nomor secara ganjil dan genap. Mungkin masih banyak yang belum tahu dengan cara membuat letaknya. Karena, memang jarang sekali dilakukan dalam penulisan sebuah makalah.

Untuk caranya yaitu dengan klik dua kali tepat pada nomor halaman sampai muncul fitur “Header And Footer.” Setelah muncul pilih menu “Design” lalu pilih “Grup Options” kemudian centanglah pada bagian “Different Odd And Even Pages.” Jika ingin membuat halaman ganjil, maka buat di sebelah kanan. Sedangkan, untuk halaman genap pilihlah di sebelah kiri.

BACA JUGA   Metode Penulisan Makalah yang Baik dan Benar

6. Silakan Buat Letak Halaman Berbeda di Setiap Bab

Langkah selanjutnya untuk cara membuat halaman makalah adalah biasanya dengan meletakan halaman yang berbeda pada setiap babnya. Bagi yang belum mengetahui mungkin akan terdengar sulit, namun sebenarnya mudah untuk dilakukan. Seperti biasa klik dua kali pada bagian nomor halaman hingga memunculkan fitur “Header And Footer.”

Setelah muncul, klik menu “Design” lalu pilih “Options” dan centanglah pada bagian “Different First Page”. Untuk membuat nomor di halaman pertama, penulis bisa membuat nomor berdasarkan contoh di menu tersebut. Untuk halaman berikutnya bisa di bagian kanan atas, setelah itu pisahkan nomor dengan meletakan kursor di bagian section baru.

7. Buat Nomor Halaman Di Dokumen Yang Sama

Penulis juga bisa memberikan sebuah nomor halaman di dokumen yang sama sekalipun. Umumnya teknik ini digunakan untuk membuat nomor halaman daftar isi, langkah pertama yaitu memisahkan halaman daftar isi dengan yang lain. Caranya yaitu dengan klik “Break Next Number” kemudian klik “Header And Footer”.

Setelah itu klik “Number Format” dan pilihlah yang angka romawi. Untuk dapat menyisipkan nomor halaman, penulis dapat memilih “Page Number” lalu klik “Bottom Of Page” dan secara otomatis nomor halaman sudah muncul di daftar isi.

8. Hapus Nomor Halaman Makalah

Untuk dapat menghapus nomor halaman makalah yaitu dengan menggunakan cara membuat halaman makalah satu ini. Untuk menggunakan cara manual penulis bisa klik 2 kali di tempat nomor halaman lalu akan muncul beberapa opsi dan pilihlah menu “Delete”.

Sedangkan, untuk cara yang lebih mudahnya yaitu dengan klik menu “Insert” pilih “Header And Footer” lalu pilihlah “Page Number” kemudian bisa memilih “Remove Page Numbers.” Nomor pada halaman makalah akan segera terhapus dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara membuat halaman makalah yang dapat digunakan oleh penulis dalam membuat makalah. Penulis bisa memilih salah satu cara sesuai dengan kebutuhan makalah dan tentunya sesuai dengan pedoman yang diberikan.

BACA JUGA   Menulis Biografi sebagai Evaluasi Diri
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment