Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar. Bagaimana Tahapannya ?

PenulisKreatif.com – Cara Membuat Makalah dengan Baik dan Benar. Anda sudah pernah membuat makalah? Makalah bisa disebut juga dengan tulisan bersifat ilmiah dimana pembahasannya focus di suatu masalah melalui beberapa proses observasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh hasil penelitian yang actual dab dapat dipertanggungjawabkan. Taukah anda apa saja trik membuat makalah yang baik dan benar?

Biasanya karya tulis ilmiah ini digunakan sebagai bahan acuan pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan yang diberikan oleh pendidik. Makalah dibuat dengan beberapa teori dan referensi yang sebelumnya sudah dicari untuk melengkapi isi dari karya tulis tersebut. Biasanya juga karya tulis ini diterbitkan diberbagai repository pendidikan.

Karya tulis berbentuk makalah ini memiliki banyak manfaat yang memberikan informasi bagi para pembaca mengenai suatu observasi. Tulisan yang enak dibaca dan dipahami akan membuat tulisan tersebut memiliki banyak peminat. Lantas, bagaimana trik untuk membuat makalah yang baik dan benar? Berikut beberapa informasi tentang trik membuat makalah yang baik dan benar.

Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

Pahami Tujuan, Manfaat dan Fungsi Makalah

Apa saja sih tujuan, manfaat dan fungsi dari karya tulis yang disebut makalah? Sebelum anda menulis karya tulis tersebut, baiknya anda mempeajari terlebih dahulu di sub bab ini. Erikut informasi mengenai tujuan, manfaat dan fungsi karya tulis yang disebut makalah.

  • Tujuan

Umumnya, karya tulis ini memiliki sebuah tujuan dalam mengevaluasi sebuah observasi yang selanjutnya, dapat digunakan untuk referensi baru maupun bahan acuan teori baru. Karya tulis inipun lebih baik disampaikan dengan tujuan dapat memberikan banyak manfaat untuk orang lain baik dibidang penulisan maupun keilmuwan.

  • Manfaat

Makalah memiliki beberapa manfaat antara lain yaitu kesempatan baru bagi seseorang dalam mempelajari dan mengerti suatu permasalahan atau tema tertentu. Makalah juga diharapkan dapat membuka gagasan baru dan dapat mengetahi solusinya.

  • Fungsi

Karya tulis ini punya beberapa fungsi antara lain yaitu melatih kemampuan seseorang membuat  suatu karya tulis yang baik dan benar, memperluas pengetahuan seseorang pada objek ilmu tertentu, makalah yang baik dan benar dan dapat memberikan teori baru baik teoritis dan praktis untuk banyak masyarakat.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Makalah

Setelah anda mengetahui tujuan, manfaat dan fungsi makalahh, selanjutnya anda dapat membaca beberapa pedoman penulisan makalah yang baik dan benar untuk mendapatkan hasil tulisan yang benar. Untuk membuat tulisan atau makalah yang baik dan benar, anda terlebih dahulu harus memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Tentukan Kategori Makalahh

Anda harus menentukan karya tulis atau makalah anda termasuk dalam kategori apa. Terdapat 3 jenis kategori makalahh yang dapat anda ketahui antara lain yaitu malakahh deduktif, makalah iinduktif dan mkalah campuran. Makalah campuran terbagi menjadi 6 subyek rumusan masalah.

6 subyek dalm makalah campuran antara lain adalah mkalah ilmiah, mkalah kerja, makalahh kajiann, makalah analisis hingga mkalah tanggapan. Pilihlah salah satu kategori makalah tang akan anda jadikan subyek penelitian.

  1. Perhatikan Karakteristik Makalahh Yang Baikk

Makalah yang baikk adalah makalah yang apabila hasil literature atau kajiannya sesuai dengan satu bidang keilmuwan tertentu. Karya tulis ini juga harus memiliki suatu kontribusi bagi pengembangan keilmuan atau teori baru, baik pada metode hinggan manfaat bagi masyarakat.

Makalah juga harus memperhatikan beberapa kaidah Bahasa, struktur penulisan, intisari pembahasan hingga etika dalam mengutip jurnal maupun buku dari orang lain. Keaslian tulisan dapat dibuktikan dengan perbedaan konsep dan metode yang dilakukan.

  1. Perhatikan Syarat-Syarat Isi Makalahh

Syarat-syarat penulisan karya tulis ini harus anda perhatikan sebelumnya. Syarat yang disebutkan antara lain yaitu kecermatan dalam melakukan observasi hingga menuangkannya dalam bentuk tulisan. Ketepatan waktu dalam proses pengerjaan harus anda perhatikan agar selesai di waktu yang telah direncanakan sebelumya.

Anda dapat menyampaikan informasi dalam karya tulis ini dengan memadai, yaitu berisikan hasil observasi lapang yang benar, akurat dan kredibel. Anda juga dapat menggunakan kata atau kalimat yang sederhana agar pembaca dapat memahaminya. Isi makalah tentu saja harus jelas dan ringkas agar tidak menyebabkan ketimpangan informasi di masyarakat.

  1. Perhatikan Strukturr Makalahh

Anda perlu memperhatikan beberapa sruktur yang terdapat di dalam karya tulis makalah. Kelengkapan struktur di dalam makalah akan membuat tulisan anda menjadi karya tulis yang baik dan benar. Struktur yang terdapat di dalam makalah antaralain yaitu :

  • Cover

Sampul ini terletak dibagian depan karya tulis makalahh. Samul atau cover ini memilik fungsi sebagai tanda identitas  penulis. Sampu ini memuat judul, logo, identitas penulis. Tanda pengenal bagi penulis ini sangat penting untuk membedakan identitas penulis satu dengan yang lainnya. Rapikan cover agar terlihat bagus dengan menggunakan rata kanan dan kiri.

  • Kata pengantarr

Kata pengantar memuat prakata pengantar dari konsep makalah yang akan ditulis. Prakata pengantar ini itujukan agi para pemvaca. Biasanya prakata pengantar ini juga memuat rasa trimakasih penulis kepada eberapa pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah tersebut.

  • Daftar Isi

Anda perlu saja mencantumkan daftar isi karena daftar isi memiliki banyak fungsi dan manfaat. Daftar isi memuat nomor halaman judul hingga sub bab judul yang lengkap. Dengan adanya daftar isi ini tentu saja akan memudahkan dan mempercepat pembaca dalam mencari halaman yang akan dibaca.

Untuk lebih memudahkan pembaca ketika membaca makalah anda, lebih baik anda mencantumkan setiap judul bab dan sub bab lengkap dengan halamannya disamping. Begitu juga dengan adanya grafik, table, gambar dan beberapa lampiran lainnya, dapat juga anda cantumkan dibagian daftar isi tersebut.

  • Pendahuluann

Pendahuluan di dalam makalah akan memuat berbagai teori yang bersangkutan dengan tema dan konsep makalah. Fakta-fakta disebutkan dalam pendaguluan ini agar pembaca dapat mengetahui garis besar makalah yang akan dibuat. Pendahuluann dalam makalah ini terdiri dari 3 sub bab yang harus dicantumkan.

3 sub bab yang terdapat di dalam pendahuluan antara lain yaitu latar belakang, rumusan masalah dan tujuan karya tulis dibuatt. Beberapa karya tulis juga mencantumkan manfaat makalah tersebut dibuat, namun ada juga yang tak mencantumkan manfaat di dalamnya. Anda perlu menyesuaikannya dengan isi makalah yang akan dibuat.

  • Pembahasan

Pembahasan merupakan alah satu bagian terpenting yang harus ada dalam makalah. Pembahasan pada makalah dapat mencakup uraian pokok dari permasalahan yang akan anda bahas. Anda harus membahas hasil dari observasi anda yang juga sudah disesuaikan dengan latar belakang, rumusan masalah, hingga tujuan makalah ini dibuat.

Anda dapat menjelaskan pembahasan dengan membagi sub bab di pembahasan agar tidak tercampur. Sub bab pembahasan akan memudahkan pembaca dalam memahami isi tulisan makalah anda. Namun hal tersebut juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penulis.

  • Penutup

Penutup merupakan akhir dari makalah ini dibuat. Anda dapat mencantumkan kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisikan point yang dapat diambil dari pembahasan makalah anda. Saran berisikan beberapa hal yang dapat membangun tulisan agar menjadi lebih baik kedepannya. Saran ini ditujukan untuk penulis dan saran harus sesuai dengan apa kekurangan penulis dalam makalah saja.

  • Daftar Pustaka

Daftar pustaka dibuat penulis untuk mncantumkan daftarreferensi dari kutipan yang diambil sebelumnya. Pencantuman referensi juga termasuk salah stu cara penulis makalah untuk menghargai karya tulis milik orang lain. Refernsi yang ditulis harus sesuai dan merupakan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan keasliannya.

Ciri-Ciri Makalah Yang Baikk Dan Benar

Sebelum anda mengetahui bagaimana trik membuat mkalah yang baik dan benar, anda dapat mengetahui inormasi tentang ciri-ciri mkalah yang baik dan benar. Berikut informasinya untuk anda.

  1. Makalah Harus Akuratt dan Menyeluruhh

Makalahh yang akan dibahas adalah suatu permasalahan yang kompleks. Permasalahan tersebut harus dibahas secara menyeluruhh, lengkap, akuratt sampai tuntas. Hal tersebut dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan informasi pembaca saat membaca makalah anda. Itu adalah salah satu dari beberapa cara membuat mkalah yang baik dan benar.

Pembaca biasanya memiliki banyak keingintahuan ketika membaca suatu mkalah, sehingga anda harus membuat makalahh yang menyerap semua infomasi sesuai dengan tema makalahh. Mkalah yang mmiliki informasi yang lngkap dan akuratt akan mendapat nilai plus dari pembacanya. Anda juga harus mmperhatikan cara membuat mkalah yang baik dan benarr selanjutnya.

  1. Sumber Pada Makalah Harus Dapat Dipercaya

Ketika anda mengutip smber infomasi dari karya orang lain,maka sumber tersebut harus dapat dipercaya. Anda tidak boleh secara langsung melakukan copy paste keseluruhan kalimat atau data dari penelitian orang lain, karena hal tersebut dapat membuat makalah anda menjadi tulisan plagiat.

Cantumkan nama peneliti yang anda kutip tulisannya. Makalah yang baik tentu saja juga menambahannya di daftar pustaka agar lebih jelas.daftar pustaka yang ditulis akan menambah kredibilitas makalah yang ditulis.

  1. Makalah Harus Seimbangg

Bab yang dibahas di dalam makalah harus membahas suatu obyek observasi yang seimbangg antara kelemahan dan kekuatan berbagai pihak terkait. Isi pembahasan dari makalah juga tidak boleh mendiskreditkan suatu pihak atau golongan. Hal tersebut bisa disalah artikan sebagai salah satu penyerangan dan kritik.

Keseimbangann mkalah menjadi salah satu iri makalh yang baik dan benar. Makalahh yang benar tidak akan sembarangan mengkritik tanpa ada dasar teori dan hasil yang valid. Bahasan ypada majalah harus obyektif dan menghindari sikap subyektif.

  1. Penulisan Makalah Harus Kreatiff

Makalahh yang baik dan benar saat ini mengusung isu-isu masyarakat kekinian dan membahas polemic masyarakat zaman sekarang. Fakta yang ditulis harus dibuat semenarik dan sekreatiff mungkin agar pembaca tertarik membaca tulisan tersebut. Fakta yang dituangkan dalam makalah juga harus tertataa secara rapi.

Makalahh yang baik dianalisis dan dipadukan serta dapat digunakan sebagai dasar asumsii. Meskipun makalh dibuat sekreatif mungkin, namun masih harus tetap menjaga keaslian sumber yang didapat dalam makalah. Hal tersebut adalah salah satu dari beberapa cara membuat makalah yang baik dan benar.

Maklah yang baik dan benar adalah makalahh yang sesuai dengan kaidah susunan dan dapat dipertanggung jawabkan. Lalu bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar agar tulisan dapat diterima oleh pembaca? Nah, brikut informasinya untuk anda.

  1. Siapkan Data, Referensi dan Prasarana

Anda perlu menyiapkan beberapa hal sebelum mengetahui cara membuat makalah yang baik dan benar. Sebelum anda menulis hasi lobservasi ke dalam makalah, perispakan hal-hal berikut.

  • Kumpulkan beberapa referensi yang berkaitan dengan makalah yang akan anda buat. Referensi tersebut juga dapat ditujuk untuk dijadikan judul makalah. Hal tersebut adalah salah satu cara membuat makalah yang baik dan benar
  • Anda dapat membuat kerangka makalah dengan mencari beberapa refereni rujukan dari jurnal maupun buku. Kerangka yang dibuat dapat beberapa landasan teori yang akan ditulis dalam makalah. Kerangka dibuat juga sebagai cara membuat makalah yang baik dan benar.
  • cara membuat makalah yang baik dan benar selanjutnya yaitu, setelah kerangka makalah dibuat, kemudian anda dapat mengembangkan kerangka makalah tersebut dalam tulisan yang lebih lengkap dan kompleks.
  • Tulisan yang sudah dituis kemudian dapat anda simpan pada perangkat anda. Anda juga harus memastikanbahwa perangkat yang anda gunakan untuk menyimpan data memorinya cukup. Anda pastikan juga bahwa perangkat anda dalam kondisi yang baik dan tidak rusak.
  • Ketika anda sedng mencari refernsi yang dijadikan rujukan, pastikan juga koneksi internet pada perangkat anda terkoneksi stabil dan lancar.
  • Satu poin tambahan bila anda memiliki kenalan yang mengetahi lebih banyak tentang materi dari makalah yang akan anda tulis. Teman anda dapat membantu anda dalam memberikan masukan hingga kritikan yang dapat membangun tulisan anda agar menjadi lebih baik lagi. Poin tersebut salah satu cara membuat makalah yang baik dan benar
  1. Tulislah Makalah Sesuai Dengan Pedoman

Saat anda mengembangkan kerangka teori dari makalah yang akan anda buat anda harus memperhatikan beberapa berikut agar hasil tulisan menjadi lengkap. Hal tersebut menjadi cara membuat makalah yang baik dan benar.

  • Anda dapat mengkaji beberapa sumber yang anda dapatkan. Perhatikan lagi beberapa teori yang terdapat pada tulisan, apakah sudah sesuai dengan tema dari makalah yang anda tulis atau belum.
  • Perhatikan teknik penulisan yang anda gunakan untuk dituangkan ke dalam makalah yang aan anda buat. Bahasa yang digunakan harus mudah dipahami agar tidak terjadi kesalahpahaman pengartian dari pembaca.
  • Setelah anda menemukan beberapa referensi tersebut kemudian tuangkan ke dalam makalah dengan sebaik-baiknya. Anda juga harus tetap menjaga keaslian dari tulisan dengan mencantumkan nama penulis. Perhatikan juga cara membuat makalah yang baik dan benar lainnya.

 

  1. Perhatikan Kelengkapan Tulisan

Anda harus selalu memperhatikan kata maupun kalimat yang disesuaikan dengan EYD dari KBBI. Gunakan kata dan ejaan yang efektif agar mudah dipahami. Penulisan kata dalam Bahasa latin juga biasanya dicetak miring sebagai pembeda. Penulisan yang masih typo juga harus anda perhatikan sehingga setiap kalimatnya runtut sesuai dengan struktur makalah pada umumnya.

Tulisan yang dituangkan dalam makalah harus disampaikan dengan argument yang logisdari sudut pandang peneliti yang memiliki pandangan obyektif. Bahasa yang digunakan juga tidak boleh bias dan menghindari Bahasa yang memiliki sifat penghasutan, penghinaan suatu ras, agama, hingga bahasa yang mengandung sara. Perhatikan cara membuat makalah yang baik dan benar tersebut

  1. Pahamilah Kerangka Makalah

Biasanya, makalah yang dibuat harus sesuai dengan standar dari Badan Standarisasi Nasional (BSN). Beberapa syarat yang harus anda penuhi ketika menulis makalah antara lain yaitu keaslian tulisan, makalah juga belum pernah dipublikasikan sebelumnya, makalah harus bersifat ilmiah dan mengikuti perkembangan zaman.

Demikian merupakan beberapa informasi mengenai trik membuat makalah yang baik dan benar. Masih banyak dan lebih kompleks lagi informasi mengenai trik membuat makalah yang baik dan benar yang harus nda ketahui. Setiap penulis tentunya memiliki trik membuat makalahh yang baik dan benar sendiri-sendiri.

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment