Cara Membuat Makalah Yang Benar. Dengan Cara Ini Dapat Nilai A

PenulisKreatif.com – Makalah merupakan salah satu karya ilmiah yang biasanya dijadikan tugas oleh dosen/guru untuk siswa/mahasiswa. Makalah yang benar adalah makalah yang ditulis sesuai dengan kaidah penulisan yang telah ditetapkan. Anda dapat menemukan berbagai referensi bagaimana cara membuat makalah yang benar di website tertentu.

Makalah bukan hal yang asing lagi bagi generasi milenial, karena sudah menjadi tugas yang biasa diberikan untuk memenuhi kriteria penilaian. Makalah memiliki struktur, jenis dan cara untuk membuat makalah yang benar. Nah, berikut ini beerapa informasi mengenai bagaimana cara membuat makalah yang benar.

Cara Membuat Makalah Yang Benar

Sebelum anda memasuki pembashasan tentang cara membuat makalah yang benar, alangkah lebih baik anda mengetahui beberapa informasi mengenai apa itu makalah, ciri-ciri dan fungsinya terlebih dahulu.

Makalah merupakan suatu bentuk karya tulis yang dapat digunakan untuk menuliskan hasil observasi suatu objek. Makalah disusun dengan format yang telah ada sebelumnya sebagai pedoman. Makalah juga disebut sebagai sara demonstrasi bagi peneliti untuk menunjukkan hasil observasinya ke dalam bentuk tulisan yang rapi.

Di berbagai situs juga disebutkan bahwa makalah merupakan sebuah tulisan resmi yang membahas suatu objek observasi yang dapat diterbitkan. Makalah umumnya bersifat ilmiah dimana, data yang didapatkan dari berbagai sumber dengan mencantumkan alamat peneliti sebelumnya. Hal tersebut untuk menjaga dan menghargai karya orang lain.

Fungsi Makalah

Fungsi dari makalah antara lain yaitu :

  • Memunculkan beberapa teori baru mengenai suatu objek permasalahan yang terjadi. Teori tersebut dapat dijadikan acuan oleh para penulis yang lain.
  • Makalah dapat menambah wawasan keilmuwan bagi penulis karena dengan adanya makalah, maka penuli akan belajar akan hal-hal baru.
  • Makalah juga memiliki fungsi untuk melatih kemampuan seseorang untuk membuat sebuah tulisan yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Untuk mengetahui cara membuat makalah yang benar, terlebih dahulu anda dapat membaca informasi mengenai ciri-ciri makalah yang baik itu seperti apa. Informasi tersebut dapat anda jadikan referensi untuk membuat karya tulis yang baik dan benar. Ciri-ciri dari makalah yang benar antara lain yaitu :

  • Makalah ditulis sesuai dengan struktur dan kaidah penulisan yang benar.
  • Makalah ditulis menggunakan bahasa yang sopan dan jauh dari SARA, penghinaan, maupun penghasutan suatu pihak tertentu.
  • Makalah membahas permasalahan yang terjadi secara akurat dan menyeluruh
  • Pembahasan dalam makalah harus seimbang sesuai dengan tema atau subjek permasalahan.

Cara membuat Makalah yang Benar

Setelah anda mengtahui beberapa informasi di atas, kemudian anda dapat belajar bagaimana cara membuat makalah yang benar. Berikut adalah beberapa cara membuat makalah yang benar dan dapat anda jadikan referensi selanjutnya.

  1. Tentukan Subjek Pembahasan/Tema

Sebelum anda membuat pembahasan makalah, sebaiknya anda terlebih dahulu mempelajari banyak hal tentang suatu objek yang akan dibahas. Carilah beberapa informasi yang berkaitan dengan objek tersebut. Setelah melakukannya, anda dapat menentukan tema yang akan diahas dalam makalah anda.

Setelah anda menemukan tema, kemudian tentukan judul yang tepat untuk makalah anda. Tipsnya, buatlah judul yang singkat, padat dan jelas. Judul yang meakili isi dari makalah yang akan anda buat. Judul juga harus menarik dan sekreatif mungkin agar banyak pembaca yang tertarik membaca tulisan anda.

  1. Pelajari Tema Dengan Mengumpulkan Referensi

Setelah anda menemukan judul yang tepat untuk makalah anda, kemudian pelajarilah dengan beberapa referensi yang sudah anda kumpulkan. Beberapa referensi tersebut dapat anda gunakan untuk membuat kerangka makalah. Ambillah referensi yang sekiranya dapat mendukung teori-teori pada pembahasan makalah anda.

Beberapa contoh referensi yang dapat anda gunakan antara lain yaitu jurnal nasional maupun internasional, skripsi, makalah, artikel hingga buku. Tentu saja anda harus selalu mencantumkan semua penulis referensi yang diambil. Referensi yang digunakan harus valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Buatlah Kerangka Makalah

Setelah anda mengumpulkan banyak referensi pendukung teori pada makalah anda, selanjutnya anda dapat mulai membuat kerangka makalah. Kerangka makalah dapat anda buat dengan menuliskan garis besar pembahasan pada makalah anda. Kerangka makalah ini akan memudahkan anda dalam proses menulis karya tulis.

Buatlah kerangka makalah sesingkat dan seefektif mungkin agar anda tidak terlalu bingung dalam mengembangkannya. Pengembangan kerangka dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan. Kerangka makalah juga berfungsi agar teori yang dibahas pada makalah fokus dan tidak melebar ke pembahasan yang lain.

  1. Tulislah Makalah Secara Terstruktur

Makalah yang benar adalah makalah yang dimana struktur isinya sesuai dengan kaidah makalah yang telah ditentukan. Nah berikut merupakan beberapai nformasi mengenai struktur makalah yang lengkap dan benar untuk anda jadikan referensi dalam membuat makalah.

  • Cover

Cover pada makalah ini memuat judul, logo, dan identitas penulis. Cover ini menjadi bagian yang penting pada makalah karena menjadi suatu identitas makalah.

  • Kata pengantar

Kata pengantar biasanya terletak setelah cover. Kata pengantar ini memuat beberapa kata ucapan terimakasih dan kata pengantar maksud pembuatan makalah. Kata pengantar berisikan pandangan anda terhadap tema yang akan anda tulis dimakalah.

  • Daftar isi

Daftar isi memuat informasi halaman bab dan sub bab yang ada di dalam makalah yang akan anda buat. Daftar isi membantu dalam memudahkan pembaca dalam mencari halaman di makalah anda.

  • Pendahuluan

Pendahuluan memuat teori-teori yang melatarbelakangi anda membuat makalah tersebut. Pendahuluan memuat sub bab latar belakang, tujuan dan manfaat makalah dibuat.

  • Pembahasan

Anda dapat membahas hasil observasi anda pada bab pembahasan dalam makalah anda. Pembahasan dibuat sedetail mungkin karena ini merupakan inti dan pokok dari makalah yang anda buat.

  • Penutup

Penutup memuat kesimpulan dari hasil pembasan makalah yang anda buat dan saran untuk beberapa hal yang harus diperbaiki kedepannya.

  • Daftar pustaka

Daftar pustaka memuat daftar referensi yang telah anda kutip di dalam semua teori pada makalah yang anda buat. Daftar pustaka harus ditulis secara benar dan lengkap.

  1. Anda Harus Menggunakan Bahasa Yang Baik dan Mudah Dimengerti

Anda harus memperhatikan Bahasa yang akan digunakan untuk menulis suatu karya tulis. Bahasa ini sangat penting karena Bahasa yang baik dan benar akan menjadi poin tambahan dalam karya tulis. Gunakanlah kalimat yang efektif agar pembaca mudah memahami isi tulisan makalah anda. Hindarilah Bahasa yang mengandung SARA, penghinaan, penghasutan dan lain sebagainya.

  1. Periksa Kembali Makalah Yang Telah Dibuat

Setelah makalah selesai disusun, jangan lupa untuk memeriksa kembali tulisan yang dibuat. Tulisan yang anda buat mungkin saja masih terjadi kesalahan kata dalam penulisan (Typo), kata-kata yang berulang sehingga susah dipahami, dan beberapa kesalahan tulisan yang lainnya. Setelah anda memeriksa kembali makalah yang anda buat, kemudian simpanlah di perangkat anda.

Demikian beberapa informasi mengenai cara membuat makalah yang benar. Anda dapat menyerap semua informasi cara membuat makalah yang benar di atas untuk dijadikan referensi sebelum membuat makalah. Perbanyaklah referensi cara membuat makalah yang benar lainnya agar tulisan anda akan lebih lengkap dan sistematis.

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment