Cara Menjaga Ikatan Sosial. Review Buku Social Chemistry karya Marissa King

PenulisKreatif.com – Cara Menjaga Ikatan Sosial. Social Chemistry atau Ikatan Sosial adalah sebuah buku yang berisikan tentang cara menjaga ikatan sosial dengan orang-orang yang ada disekitar kita. Banyaknya orang yang kita kenal atau koneksi baru, akan membuat harmonis hubungan antar manusia.

Buku ini juga menjelaskan bagaimana cara kita membangun dan menjaga relasi dengan orang lain. Sehingga buku ini layak dibaca untuk kamu yang belum bisa memanfaatkan hubungan dengan orang lain, dan cara bagaimana memulai hubungan dengan orang lain.

8 Cara Menjaga Ikatan Sosial menurut Marissa King

  1. Bagaimana cara membangun hubungan yang baik?

Hubungan yang baik perlu dibangun, apalagi bagi kamu yang merupakan pemimpin perusahaan. Membangun jaringan yang baik akan menaikkan status sosialmu, menguntungkan finansial perusahaan, dan meningkatkan kecerdasan sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan.

Saat kamu ingin menjadi orang yang hebat dalam membangun relasi, maka kamu harus mengetahui perbedaan dari ekspansi, perantara, dan penyelenggara.

Ekspansi adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperluas relasi dengan menambah sumber daya manusia. Jika kamu seorang ekspansionis, maka kamu mampu membangun koneksi yang baik, agar saling mengenal satu dengan lainnya.

Broker adalah seseorang yang bertugas menjadi perantara. Adanya broker ini akan membawa orang-orang baru saling mengenal dan mampu menjalin hubungan baru sehingga bisa saling bekerja sama.

Conveyor atau penyelenggara, akan bertugas untuk membina hubungan yang baik antar perusahaan. Adanya hubungan baik ini akan membuatmu mendapatkan apresiasi dan mampu membuatmu dihargai oleh orang-orang di perusahaan.

Adanya gaya relasi tersebut akan membuat kamu mengerti dan bisa membantumu membangun relasi yang lebih baik.

  1. Relasi yang baik akan meningkatkan kuantitas dan kualitasmu

Peneliti menyebutkan bahwa kualitas dan kuantitas dalam suatu hubungan merupakan dua hal yang berbeda, akan tetapi saling melengkapi. Kualitas akan membentuk sebuah koneksi antar sesama, sedangkan kuantitas akan membantu pengembangan ikatan hubungan, baik ikatan yang lemah maupun kuat.

Hubungan relasi yang kuat akan memberikan banyak manfaat, yang bisa diraih dengan adanya rasa tanggung jawab pada diri sendiri. Lain halnya dengan hubungan relasi yang lemah, membawa manfaat yang tidak mampu diprediksi. Kedua hubungan relasi tersebut bisa menjadi satu kesatuan dengan memperhatikan ekspansionis, broker, dan conveyornya.

Pada ikatan ekspansif akan memupuk ikatan relasi yang lemah, dan terbentuk koneksi baru.

Perantara atau broker bisa dilakukan dengan menikmati koneksi dengan sekelompok kecil dari kelompok kecil yang lain, sehingga ikatan lemah yang terjadi akan berubah menjadi ikatan yang lebih kuat.

Konveyor yang ada akan menjaga hubungan relasi yang telah dibuat.

 

  1. Konveyor membuat relasi yang didasarkan pada kepercayaan, keakraban, dan kekhususan

Koveyor ada bukan hanya untuk memfasilitasi sebuah hubungan. Lebih dari itu, konveyor akan menyatukan hubungan satu dengan yang lainnya.

Terdapat tida faktor yang mempengaruhi konveyor, antara lain:

  • Sifat saling berhubungan serta bersifat khusus dalam membangun sebuah relasi, berarti akan membuat kamu mampu dipercaya oleh orang lain, sehingga orang luar tidak akan mempunyai banyak waktu untuk menganggu hubunganmu dengan orang-orang terdekatmu
  • Kepercayaan akan membuat satu sama lain mampu bersikap saling terbuka. Kepercayaan akan membuat kehangatan dari hubungan pertemanan, sehingga membuatnya jauh lebih erat.
  • Hubungan dibangun dari relasi yang tertutup. Hal ini berkaitan dengan siapa yang mau bertahan dan siapa yang ingin mundur. Hubungan yang tertutup ini akan membuat rasa kepercayaan terhadap sesama akan berkembang, karena jika seseorang tidak mampu dipercaya, maka dia tidak mampu menjalin sebuah hubungan.

Adanya hubungan khusus ini akan membuat perusahaan dapat meraih keuntungan sosial yang besar. Sedangkan kerugian yang bisa ditimbulkan yaitu cenderung adanya kelompok tertentu dan nepotisme dalam perusahaan.

Review Buku Social Chemistry karya Marissa King

  1. Seorang perantara akan menyatukan banyak hubungan

Perantara merupakan salah satu kegiatan yang paling menantang, dimana dia bertugas untuk menciptakan hubungan baru, baik personal maupun kelompok yang mempunyai latar belakang yang berbeda.

Seorang perantara hebat bisa memposisikan dirinya sebagai self-monitoring, sehingga dia mampu mengontrol citranya di hadapan banyak orang. Seorang perantara disebut dengan bunglon sosial, yang mampu menyesuaikan dirinya dengan keadaan lingkungan sosial tempat mereka berada.

Selain itu, mereka juga pandai dalam menyesuaikan bahasa dan sikap mereka dengan kelompok yang melingkupi mereka. Perantara juga ahli membuat orang-orang fokus dan mendengarkan apa yang mereka katakan.

Contohnya, hasil riset lapangan yang meneliti tentang senator AS yang berkomunikasi dengan kolega mereka. Hasil menunjukkan bahwa senator yang mampu memposisikan diri dalam suatu masalah, maka konstituen akan melihatnya baik.

 

  1. Ekspansionis dan hubungan yang kuat

Istilah ekspansionis termasuk salah satu istilah yang sangat populer dan mampu menghasilkan keuntungan sosial, yang akan merambah pada keuntungan di sektor lain. Seorang ekspansionis harus mampu mempertahankan eksistensi popularitas mereka. Hal ini bertujuan untuk saling menjalin dan saling menjaga satu dengan lainnya.

Ekspansionis harus mampu menanggapi isyarat, terutama isyarat non-verbal dan memiliki hobi membaca. Selain itu, ekspansionis juga cenderung meluangkan waktu untuk terlibat langsung dalam kegiatan sosial. Akan tetapi, banyaknya hubungan dengan yang lainnya, membuat mereka tidak mempunyai kapasitas di bidang tersebut.

Ekpansionis pada hakikatnya mempunyai hubungan yang lebih dekat dengan ikatan yang kuat.

 

  1. Adopsi gaya jaringan lain

Memanfaatkan jaringan lain sangat berguna untuk mendapatkan hubungan yang selalu terjaga.

Tips untuk menyesuaikan gaya jaringan yang kamu ikuti, antara lain:

  • Gaya hubungan yang berbeda akan lebih cocok bagi kamu yang menyukai tantangan kehidupan yang berbeda.
  • Penyelenggara dan penata dapat saling berkumpul untuk menimbulkan hubungan yang kuat dan tidak membuang banyak waktu. Cara ini telah dikembangkan sehingga lahirnya inovasi kreatif, kepercayaan, memberikan kredibilitas.

 

  1. Solusi melahirkan keterampilan berkoneksi

Keterampilan ini memang dibutuhkan. Apa saja itu?

  • Berikan orang lain perhatian.

Hal ini adalah salah satu upaya dalam menghargai dan fokus pada orang yang sedang kamu temui. Contohnya dengan menyimpan HP ketika berbicara dengan orang lain.

  • Berikan kontak mata.

Adanya kontak mata antar dua orang tau lebih akan membangun kesan saling memberikan perhatian. Orang yang gemar dan berani melakukan kontak mata menandakan bahwa orang tersebut termasuk orang yang lebih bisa dipercaya dan lebih disukai semua orang. Akan tetapi, perlu diingat bahwa kontak mata yang terlalu lama dengan orang lain juga berdampak tidak baik bagi diri sendiri.

  • Hargai orang yang bertanya.

Studi di Harvard menunjukkan, bahwa orang yang sering bertanya akan cepat menemukan sebuah data. Banyak pertanyaan yang diajukan antar kelompok atau individu akan membuat koneksi hubungan akan semakin kuat.

Mencairkan suasana dengan orang yang baru kita kenal memang tidak mudah. Tetapi, orang yang memberikan perhatian penuh pada orang lain melalui kontak mata, dan bertanya akan menciptakan dasar bagi hubungan masa depan.

  1. Koneksi menghubungkan seluruh dunia

Terdapat dua prinsip koneksi yang ada di dalam suatu hubungan, diantaranya koneksi regular dan koneksi acak. Apakah perbedaan keduanya?

  • Koneksi regular.

Koneksi regular atau yang biasa disebut dengan koneksi matematika, merupakan hubungan yang terjadi secara konsisten dan teratur.

  • Koneksi acak.

Koneksi acak atau koneksi spektrum adalah koneksi yang tidak berpola dan tidak konsisten dalam menjalani sebuah hubungan yang berbeda.

Steven Strogatz dan Ducan Watts menyebutkan bahwasannya jaringan manusia disebut dengan jaringan kecil. Jaringan kecil ini akan menunjukkan ketertiban dan keacakan yang terbentuk dalam sebuah hubungan. Sehingga akan mungkin terbentuknya hubungan yang lebih luas dan kompleks.

Ingin memiliki bukunya ? Beli disini saja

Kesimpulan:

Hubungan itu menyenangkan. Menjalin hubungan yang baik dengan memahami gaya dalam menjalin hubungan dengan rekan, mengembangkan hubungan agar terbentuk hubungan yang semakin erat, dan jangan takut untuk mencari kolega baru.

Apa yang harus dilakukan?

Untuk menjalin interaksi yang baik, terutama pada orang yang baru dikenal kamu harus melakukan:

Jangan menilai kesan pertama bertemu.

Bersikaplah ramah, sopan, dan bertutur kata yang tidak berlebihan.

Bersikap terbuka dan jangan pernah memaksakan kehendak.

Leave a Comment