Cara Meyakinkan Konsumen dengan Neuromarketing dalam Brainfluence karya Roger Dooley

PenulisKreatif.com – Cara Meyakinkan Konsumen dengan Neuromarketing. Ada banyak cara, bahkan mungkin sampai 100 cara membujuk dan meyakinkan konsumen dengan neuromarketing. Dalam Buku ini dibahas bagaimana cara mengeksplorasi pikiran dan motivasi bawah sadar yang memengaruhi proses pengambilan keputusan manusia, dan menawarkan tip dan trik tentang bagaimana pemasar yang cerdas dapat memanfaatkannya. Dengan memahami mekanisme yang menyebabkan manusia membeli (atau tidak membeli), Anda dapat meningkatkan penjualan sekaligus membuat pelanggan lebih bahagia.

Ada mekanisme psikologis yang bekerja di dunia penjualan, dan salah satu kunci kinerja penjualan yang hebat dapat ditemukan dalam dunia ilmu saraf. Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah menemukan semakin banyak hal yang membuat kita tergerak, dan setiap informasi berharga ini dapat digunakan untuk menjual sesuatu

Cara Meyakinkan Konsumen dengan Neuromarketing oleh Roger Dooley

  1. Kurangi rasa sakit selama pengalaman pembelian

Kita semua pernah mengalami penyesalan usai membeli sesuatu. Memang, pembelian dapat mengaktifkan pusat nyeri pada otak. Dalam percobaan Universitas Carnegie Mellon dan Universitas Stanford, subjek disajikan dengan uang tunai sebelum ditempatkan di mesin pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI) untuk merekam aktivitas otak mereka. Mereka kemudian ditawari barang dengan harga tertentu. Beberapa barang ditawarkan dengan harga murah dan yang lainnya tidak.

Menariknya, para peneliti dapat secara akurat memprediksi apakah subjek akan membeli suatu barang atau menyimpan uangnya hanya dengan melihat pemindaian otaknya dan melihat seberapa besar rasa sakit yang mereka rasakan.

Namun, bukan hanya jumlah uang yang kita keluarkan yang mempengaruhi pusat nyeri pada otak, tetapi juga konteksnya. Misalnya, kehilangan 75 sen pada mesin penjual otomatis bisa jauh lebih menjengkelkan daripada menghabiskan ribuan untuk mobil.

Jadi, jika Anda ingin menjual bahkan kepada orang yang paling pelit sekalipun, Anda harus meminimalkan rasa sakit yang mereka rasakan saat mereka membeli. Tapi bagaimana caranya?

Di atas segalanya, Anda harus membuat harga tampak seperti tawar-menawar, atau setidaknya tampak adil. Jika Anda menjual keanggotaan tahunan $120 ke gym Anda, Anda dapat membuat jumlah ini tampak lebih kecil dengan menjualnya “hanya $10 per bulan” atau “33 sen per hari.”

Demikian pula, menarik pembelian untuk kebutuhan penting daripada kesenangan yang tidak perlu adalah strategi yang sangat baik untuk menjual kepada orang-orang yang pelit. Misalnya, studi di Universitas Carnegie Mellon menyurvei para peserta dan menawarkan pijatan, yaitu pijatan untuk kesenangan dan pijatan untuk meredakan sakit punggung. Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang pelit yang membeli pijatan hanya untuk kesenangan 26 persen lebih kecil kemungkinannya daripada orang-orang boros yang membeli pijatan untuk kesenangan. Namun, ketika pijatan itu digambarkan sebagai penghilang sakit punggung, orang-orang yang boros hanya 9 persen lebih kecil kemungkinannya untuk membelinya.

BACA JUGA   7 Obsesi dalam Bekerja untuk Meraih Hal Besar dalam Hidup

 

  1. Memikat semua indera, terutama penciuman

Saat membuat promosi penjualan, menarik hanya rasionalitas pelanggan potensial saja tidak cukup, Anda juga perlu menarik string emosional yang tepat. Namun, Anda akan mendapatkan kesuksesan yang lebih besar lagi jika Anda menarik bagian yang lebih mendalam dari pengalaman manusia, hal ini berarti Anda harus menjual ke semua panca indera.

Singapore Airlines adalah contoh yang baik dari prinsip tersebut. Mereka telah menggabungkan sejumlah pemicu sensorik sebagai sarana untuk mengembangkan citra merek mereka. Pramugari mereka, misalnya, mengenakan seragam yang cocok dengan skema warna pesawat. Mereka semua juga memakai parfum yang sama, yang juga digunakan dalam handuk panas dan layanan lainnya.

Misi mereka untuk membuat setiap elemen sensorik menarik secara konsisten dan menempatkan Singapore Airlines di peringkat teratas preferensi wisatawan menurut Martin Lindstrom, penulis Buyology and Brand Sense.

Tapi dari semua indra, penciuman adalah yang paling penting untuk penjualan yang tinggi. Kita dapat melihat ini ditunjukkan dalam eksperimen di mana pelanggan mengevaluasi sepatu Nike yang identik, satu di ruangan yang tidak diberi wewangian dan satu lagi di ruangan dengan aroma bunga. Yang mengejutkan, 84 persen peserta di ruangan beraroma menilai sepatu itu sebagai yang terbaik.

Hal ini karena menurut Lindstrom, 75 persen reaksi emosional kita dihasilkan oleh penciuman.

Selain itu, indera penciuman kita berkontribusi pada bagaimana kita mengingat ingatan dan memproses informasi. Misalnya, satu tes menemukan bahwa hanya mengganti wewangian sampo sudah cukup untuk membuat pembeli berpikir bahwa sampo tersebut berbusa lebih banyak, lebih mudah dibilas, dan membuat rambut mereka lebih berkilau! Tidak mengherankan, perubahan ini juga mendorong mereka untuk membeli lebih banyak.

Jadi apa artinya semua ini bagi Anda? Anda harus menyadari bagaimana pengalaman klien dan pelanggan di tempat Anda. Setiap jenis usaha memiliki bau khas, seperti bau kulit di toko sepatu atau kopi di kafe. Tanyakan pada diri sendiri, Apakah bisnis saya berbau seperti yang seharusnya?     ‌

 

  1. Ingin membuat iklan Anda lebih efektif? Letakkan bayi di dalamnya

Orang-orang yang telah berkecimpung dalam bisnis iklan tahu bahwa gambar yang tepat bernilai ribuan kata. Tapi gambar seperti apa yang memenuhi syarat sebagai gambar yang tepat? Jelas, beberapa gambar lebih efektif daripada gambar yang lain.

Sebagai permulaan, memasang wajah pada iklan Anda akan menarik perhatian. Tapi wajah bayi akan lebih menarik! Hal ini ditunjukkan dalam penelitian baru-baru ini, bahwa hanya dalam 150 milidetik setelah melihat foto bayi, terdapat aktivitas tingkat tinggi di korteks orbitofrontal medial peserta, area yang terkait dengan emosi.

BACA JUGA   Pentingnya Kecerdasan Emosional dalam Kehidupan menurut Daniel Goleman

Ternyata, kita benar-benar terprogram untuk menanggapi wajah bayi, dan bahkan karakteristik seperti bayi pada orang dewasa. Alasan untuk ini kemungkinan besar adalah evolusi. Bayi sangat rentan, dan meningkatkan peluang mereka untuk bertahan hidup jika mereka menarik emosi semua orang dewasa, bukan hanya orang tua mereka.

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa pria lebih menyukai wanita dengan fitur seperti bayi. Demikian juga, wanita, tergantung pada tahap ovulasi mereka, mungkin lebih menyukai wajah yang lebih maskulin maupun yang berwajah mirip seperti bayi.

Jadi, jika Anda ingin menarik perhatian pemirsa, cara mudahnya adalah dengan menambahkan gambar bayi saja.

Perlu diingat, saat Anda menambahkan gambar wajah ke iklan Anda, pastikan gambar tersebut melihat apa yang Anda ingin fokuskan. Menurut pakar James Breeze, ketika gambar seseorang dalam iklan melihat sesuatu, kita juga melihatnya.

Dengan kata lain, jika wajah bayi menatap kita, maka kita akan langsung melihat kembali ke wajah bayi tersebut. Tetapi jika wajah bayi melihat sesuatu yang lain misalnya judul iklan, gambar produk, informasi penting, dll. Maka di situlah pemirsa akan mengarahkan perhatian mereka.

 

  1. Hasilkan lebih banyak penjualan dengan membangun loyalitas pelanggan

Impian setiap pebisnis adalah membelanjakan lebih sedikit untuk pemasaran dan menjual lebih banyak. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memupuk hubungan dengan pelanggan Anda melalui program loyalitas.

Dengan membuat pelanggan membayangkan bahwa layanan perusahaan lain tidak ada artinya dibandingkan dengan layanan Anda, pelanggan tiba-tiba akan menjadi lebih menghargai layanan hebat Anda.

Penting juga bagi Anda untuk memberi penghargaan kepada pelanggan setia Anda, karena memberi penghargaan kepada pelanggan setia juga bermanfaat bagi Anda.

Meskipun ada banyak jenis program loyalitas, salah satu yang terbaik adalah sistem kartu punch. Dengan sistem ini, pelanggan melihat kemajuan mereka menuju imbalan mereka dengan setiap pembelian, yang pada gilirannya memotivasi mereka untuk terus menggunakan produk dan layanan Anda, dan tetap setia pada merek Anda.

Jika Anda membuat pelanggan Anda terus terlibat dan setia, Anda tidak perlu menghabiskan lebih banyak uang untuk pemasaran menarik pelanggan baru.      ‌

 

  1. Jika Anda ingin menghasilkan lebih banyak penjualan, bicaralah di telinga kanan pelanggan saat bercanda dengan mereka

Pemasaran terbaik terjadi secara langsung, karena memungkinkan Anda melibatkan banyak indra.

Salah satu senjata dalam gudang pemasaran multisensor adalah merayu. Sementara beberapa orang percaya bahwa yang terbaik adalah langsung pada inti penting, ternyata obrolan ringan juga dapat menghasilkan penjualan yang besar.

Pertimbangkan permainan yang sering digunakan dalam eksperimen yang disebut permainan ultimatum, di mana dua subjek diberi sejumlah uang. Satu subjek memutuskan bagaimana membagi uang di antara mereka, dan subjek kedua dapat menerima atau menolaknya. Tapi, jika pembagian tidak disepakati, maka kedua orang tidak mendapat apa-apa. Sering kali subjek kedua akan menolak tawaran yang mereka rasa tidak adil.

BACA JUGA   Biografi Albert Einstein. 8 Hal Ini Sangat Menginspirasi

Peneliti Al Roth memperkenalkan permainan ini, dimana subjek berbicara satu sama lain sebelum bermain. Sedikit obrolan ringan menyebabkan penawaran wajar meningkat sebesar 83 persen, dan hanya 5 persen jika obrolan ringan tersebut gagal.

Jadi apa artinya ini bagi Anda? Bahkan jika Anda hanya mengobrol tentang anak-anak, golf, atau cuaca, sedikit bercanda dapat membangun rasa saling menghormati dan kepercayaan, dan meningkatkan kemungkinan mencapai kesepakatan yang saling memuaskan.

Setelah Anda membujuk klien potensial Anda, Anda dapat memanfaatkan percakapan Anda dengan berbicara di telinga kanan mereka. Dengan serius.

Luca Tommasi dan Daniele Marzoli dari Universitas Gabriele d’Annunzio di Italia menemukan bahwa manusia lebih menyukai informasi yang diucapkan ke telinga kanan kita, dan permintaan yang diucapkan ke telinga kanan lebih mungkin berhasil.

Jadi, lain kali jika Anda menghadiri acara networking atau pesta makan malam, duduklah di sebelah kanan siapa pun yang ingin Anda ajak ngobrol!

 

  1. Jual lebih banyak dengan mengejutkan otak pelanggan Anda

Mengapa anak-anak begitu pandai menarik perhatian kita? Karena mereka mengejutkan kita! Mereka mengecat wajah mereka dengan warna biru, memakai panci di kepala mereka dan bersembunyi di tempat yang tidak terduga. Jika Anda ingin menjual lebih banyak, Anda harus menarik perhatian orang dengan cara yang sama, yaitu dengan menunjukkan hal-hal yang tidak terduga kepada pelanggan.

Para peneliti di Inggris telah menemukan bahwa hippocampus, sebuah komponen kecil di otak kita, memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Hal ini dilakukan dengan secara otomatis mengingat urutan peristiwa dalam menanggapi isyarat tunggal. Dan ketika peristiwa yang tak terduga datang, kita bereaksi.

Anda dapat menggunakan elemen kejutan ini untuk keuntungan Anda. Misalnya, Anda dapat memodifikasi copywriting untuk membuatnya lebih menarik. Contohnya, jika Anda menjalankan kedai kopi, mengapa tidak memberi tahu pelanggan Anda untuk “menyeduh kopi” daripada hanya mengatakan “waktunya untuk minum kopi”?

Kata-kata dapat menyentuh emosi pelanggan Anda dan menahan perhatian mereka cukup lama sehingga Anda dapat menyampaikan pesan Anda.

Kesimpulan :

Kita sering berpikir bahwa keputusan pembelian dibentuk melalui kecerdasan dan rasionalitas. Tapi, ini tidak benar. Sebaliknya, pembelian ditentukan oleh indera, emosi, dan pikiran bawah sadar kita.

Apa yang harus dilakukan :

Bundel produk Anda.Jika Anda kesulitan mencapai kesepakatan, coba gabungkan produk Anda dalam satu paket. Karena pelanggan tidak dapat dengan mudah menghitung nilai setiap komponen, mereka tidak dapat dengan mudah mengevaluasi  harga wajar suatu kesepakatan. Pikirkan tentang ini, bisakah Anda menghitung nilai komponen mobil Anda? Jok kulit, sunroof, AC, dan lain-lain? Sekian pembahasan kita kali ini tentang Cara Meyakinkan Konsumen dengan Neuromarketing.

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment