Struktur Cover Makalah yang Benar Lengkap Dengan Contohnya

PenulisKreatif.com – Makalah dapat diartikan sebagai karya ilmiah dan pembahasan dalam makalah tersebut tentunya hanya fokus pada satu objek. Dengan kata lain jika pembahasannya tidak meluas melainkan mengerucut. Akan tetapi masih ada yang belum mengetahui bagaimana struktur cover makalah yang benar. Karena dalam pembuatan cover ini masih membuat seseorang bingung.

Biasanya struktur yang dimiliki dari cover makalah tersebut tidak berpatokan dengan aturan sehingga belum bisa dikatakan benar. Olehnya itu sangat perlu adanya contoh dari struktur cover tersebut agar dapat dijadikan referensi. Karena tanpa mengetahui strukturnya tentu pembuatan cover makalah tentu sulit dilakukan. Apalagi makalah tersebut biasanya dibacakan di depan umum.

Struktur Cover Makalah

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa dalam pembuatan cover makalah yang benar tentu harus disertai dengan struktur. Dengan adanya struktur tentunya akan mempermudah dalam pembuatan cover tersebut. Lantas apa saja struktur yang dimaksud tersebut? Berikut penjelasan lengkap mengenai struktur cover makalah yang harus dicantumkan:

1. Judul Makalah

Struktur yang terdapat pada bagian atas adalah judul dari makalah tersebut. Biasanya penulisan judul ini ditulis pada bagian tengah dan tidak lupa untuk dicetak tebal. Selain itu, judul tersebut juga harus disusun agar menarik untuk dibaca. Penulisan judul pun harus memuat huruf kapital dan jenis font yang dipilih seperti Times New Roman.

2. Tujuan Makalah

Tujuan makalah memang jarang dicantumkan meskipun ada juga yang mencantumkan pada cover makalah yang dibuat. Dimana penulisan tujuan dari makalah ini seperti ‘Makalah ini dibuat untuk menyelesaikan tugas Kewirausahaan’. Biasanya ukuran font yang digunakan pun lebih kecil dibandingkan dengan font untuk penulisan judul makalah.

3. Logo

Logo tentu dicantumkan pada cover makalah yang dibuat dengan ukuran 5×5 atau berdasarkan aturan yang ditetapkan. Dimana logo yang dicantumkan tentu logo dari instansi penulis. Apabila penulis tersebut seorang mahasiswa maka logo yang harus dicantumkan adalah logo dari perguruan tinggi. Berbeda jika penulis seorang siswa maka harus mencantumkan logo sekolah.

4. Nama Penulis Makalah

Biasanya tugas makalah yang diberikan berbeda-beda, dimana ada yang dijadikan sebagai tugas kelompok maupun tugas individu. Nah, penulisan nama tersebut tentu berdasarkan dari penentuan pembagian tugas. Apabila sifatnya tugas kelompok maka nama yang dicantumkan adalah seluruh nama dari anggota kelompok. Lain halnya jika individu tentu hanya 1 nama saja yang ditulis.

5. Nama Instansi

Untuk nama instansi ini biasanya dicantumkan pada bagian bawah setelah nama penulis. Selain itu, saat penulisan nama instansi juga kerap kali ditambahkan dengan nama jurusan dan fakultas dari mahasiswa. Berbeda halnya jika penulis berstatus sebagai siswa tentu nama instansi yang dicantumkan hanya nama sekolahnya saja.

6. Tahun Penulisan

Apabila semua struktur tersebut sudah dicantumkan tentu tidak boleh melupakan struktur yang terakhir ini. Dimana struktur yang terakhir ini adalah tahun penulisan tugas makalah tersebut. Memang tahun ini dicantumkan setelah menulis nama instansi penulis. Tujuannya agar pembaca bisa mengetahui kapan makalah tersebut ditulis.

Contoh Cover Makalah yang Benar

Struktur penulisan dari cover makalah tersebut tentu sudah dijelaskan dan diketahui. Maka seseorang juga perlu untuk menerapkan struktur tersebut melalui contoh. Karena dengan adanya contoh dari cover makalah tersebut tentu dapat memudahkan dalam pembuatannya. Berikut penjelasan lengkap terkait dengan contoh cover makalah yang benar:

1. Diperuntukkan Bagi Siswa SMP

Untuk bagian ini tentunya diperuntukkan bagi siswa SMP yang belum lincah dalam pembuatan cover. Sebab siswa SMP memang perlu untuk melihat contoh tersebut untuk memudahkan pada saat pembuatan tugas nantinya. Maka dari itu, berikut beberapa contoh cover makalah untuk tugas SMP yang bisa dijadikan referensi:

  • MAKALAH BENCANA ALAM

Logo Tut Wuri Handayani

Nama Kelompok:

Kevin Sanjaya

Yunia Rasyid

Fahimah

Rusdi

Budi Hartono

SMP NEGERI 1 PUNGGURU

TAHUN AJARAN 2016/2017

  • MAKALAH KETAHANAN NASIONAL INDONESIA

Logo Sekolah

Disusun Oleh:

Nurfadillah Nurdin

SMP ISLAM RENGASDENGKLOK

2017

2. Cover Makalah Tugas SMA

Jika tadi adalah contoh cover makalah dari tugas SMP, maka kali ini adalah contoh cover makalah dari tugas SMA. Memang cara penyusunannya tidak berbeda namun yang membedakan adalah fokus yang akan dibahas dalam makalah. Adapun contoh cover makalah yang benar akan diuraikan sebagai berikut:

  • MAKALAH HAK ASASI MANUSIA

Logo Sekolah

Disusun oleh:

Nirmala Fahidin

SMA NEGERI 1 JAYAPURA

2019

  • MAKALAH SOFTWARE

Disusun oleh:

Sahrul Rahmadi

NISN: 3282629

SMA NEGERI 2 SUKABUMI

TAHUN AJARAN 2019/2020

  • MAKALAH OLAHRAGA RENANG

Disusun oleh:

Titi Nuryati

Ahmad Suhardja

Muhammad Zainuddin

Andriani Permatasari

SMAN 5 PASURUAN

2019

3. Cover Makalah Tugas Kuliah

Sangat banyak cover makalah yang dapat dijadikan contoh oleh seseorang sebelum membuat cover tersebut utamanya mahasiswa. Karena tugas makalah ini kerap kali diberikan dosen untuk mahasiswa sebagai tugas yang akan dinilai. Adapun contoh dari cover makalah tugas kuliah untuk mahasiswa bisa dilihat pada uraian berikut:

  • MAKALAH PEMROGRAMAN MOBILE

Logo Perguruan Tinggi

Disusun oleh:

Ahmad Saleh Suhardja

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

FAKULTAS ILMU KOMPUTER

2018

  • MAKALAH PENANGGULANGAN PENCEMARAN AIR

Laporan Ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teknik Komunikasi

Disusun oleh:

Guntur Parwira Rahayu

NIM: 17930820

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

2021

4. Cover Makalah Individu

Memang makalah tersebut biasanya terbagi antara tugas makalah yang diberikan untuk perorangan atau individu. Terkadang ada juga tugas makalah yang diberikan untuk kelompok atau lebih dari 1 orang tentunya. Namun contoh cover makalah yang akan dibahas adalah untuk tugas individu. Berikut contoh cover makalah yang benar untuk tugas individu:

  • MAKALAH SEJARAH KONTEMPORER

Logo Perguruan Tinggi

Disusun oleh:

Nurhayati Langko

NIM: 17369494720

FAKULTAS ILMU SOSIAL

JURUSAN SEJARAH

UNIVERSITAS TADULAKO

2016

  • MAKALAH KEBIJAKAN MONETER ISLAMI

Logo Perguruan Tinggi

Disusun oleh:

Mahardika Sutawarni

NIM: 362816293

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

5. Cover Makalah Tugas Kelompok

Jika pembahasan sebelumnya adalah contoh dari cover untuk makalah sebagai tugas individu, maka kali ini adalah untuk tugas kelompok. Seperti yang dijelaskan bahwasanya untuk tugas kelompok ini memang terdiri dari beberapa orang yang akan mengerjakan tugas. Adapun contoh cover makalah untuk tugas kelompok akan diuraikan sebagai berikut:

  • MAKALAH BUDIDAYA AYAM

Logo Perguruan Tinggi

Disusun oleh:

KELOMPOK 8

Nurlina

Hajrah Saifuddin

Muhammad Gandi

Ahman Nur Riswandi

JURUSAN PETERNAKAN

FAKULTAS PETERNAKAN

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

2021

  • MAKALAH ANALISIS MAJAS NOVEL PERAHU KERTAS

Dosen pengampu: Surahman, S. Pd, M. Pd

Logo Perguruan Tinggi

Disusun oleh:

Wulandari Suharman

Siska Mawar Rahayu

Saifullah

JURUSAN SASTRA INDONESIA

FAKULTAS BAHASA

UNIVERSITAS INDONESIA

2019

Itulah penjelasan terkait dengan struktur dari cover makalah sebelum dibuat. Memang struktur inilah yang akan dijadikan pedoman untuk pembuatan cover makalah yang benar. Banyaknya contoh dari cover tersebut yang telah dijelaskan agar nantinya seseorang bisa menjadikan sebagai referensi sesuai dengan kebutuhan.

 

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment