30 Ide Bisnis Unik di Dunia Pendidikan

 

30 ide bisnis unik di dunia pendidikan ini akan memberikan inspirasi bagi Anda yang masih bingung ingin berbisnis di bidang apa. Dunia pendidikan sesungguhnya menyimpan banyak peluang bisnis yang tentunya bersifat mendukung dunia pendidikan itu sendiri.

Ide Bisnis Dunia Pendidikan

Langsung saja, berikut 30 ide bisnis unik di dunia pendidikan:

1.      Pelatihan mengetik 10 jari

Ide bisnis di bidang pendidikan pertama yakni pelatihan mengetik 10 jari. Di era digital seperti ini, kecepatan dalam mengetik juga sangat menentukan produktifitas seseorang. Bahkan tugas mengetik kini tidak hanya perlu di dunia kerja saja melainkan juga tugas-tugas anak di sekolah.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, maka pelatihan ini perlu terlaksana. Anda dapat mematok tarif tertentu untuk beberapa kali pertemuan dalam satu bulan, misalnya.   Dengan demikian, selain bermanfaat untuk banyak orang, Anda juga dapat terbantu secara finansial.

2.      Pelatihan videografi

Selain membuat file dokumen, tidak jarang tugas para siswa di sekolah adalah membuat video. Bahkan hampir tugas ini ada di setiap jenjang kelas. Selain itu, dunia videografi juga sedang banjir peminat karena era media sosial kita yang sedang gencar memunculkan konten-konten video.

3.      Pelatihan membuat infografis

Terkadang, materi berbentuk tulisan cukup membosankan bagi para siswa. Demi mengatasi kebosanan tersebut, beberapa guru berinovasi dengan cara menampilkan materi mereka dalam bentuk infografis yang lebih menarik dan simple.

Hal ini dapat menjadi peluang Anda untuk menawarkan pelatihan membuat infografis. Dengan berbagai aplikasi yang tersedia (bahkan di android), semua orang hampir bisa membuat infografis mereka sendiri.

4.      Membuka perpustakaan berbayar

Anda suka membaca? Memiliki banyak koleksi buku? Daripada mengendap di dalam ruangan, lebih baik buku-buku tersebut dibuka secara umum sebagai sebuah perpustakaan berbayar. Keperluan modal untuk perpustakaan inipun tidak terlalu mahal, hanya perlu menyediakan ruangan khusus serta dekorasi.

5.      Membuka (les) kampung bahasa asing

Hari ini, kita sudah memasuki dunia industry 4.0. Seluruh dunia mulai terhubung secara bebas, baik ekonomi, pendidikan ataupun sosial. Sayangnya kemampuan masyarakat dalam berkomunikasi dalam bahasa Asing masih rendah, tak terkecuali para generasi muda.

Salah satu usaha kreatif pendidikan dalam bidang bahasa bisa berbentuk kampung bahasa asing. Siapapun yang memasuki zona ini wajib menggunakan bahasa Inggris sehingga bahasa bukanlah mata pelajaran melainkan habits yang sudah tertanam dalam kebiasaan sehari-hari.

6.      Membuka les matematika

Selain bahasa, mata pelajaran Matematika masih menjadi momok bagi sebagian besar murid di sekolah. Fenomena ini dapat menjadi peluang bisnis Anda untuk membuka kursus Matematika

7.      Pelatihan menulis cerpen

Sebagian besar anak-anak hobi menulis cerita pendek untuk menuangkan imajinasi mereka yang melimpah. Sayang sekali bukan, jika hobi ini tidak terarah dengan baik? Oleh karenanya, membuka pelatihan menulis cerpen adalah ide brilian bagi anak-anak dan remaja.

8.      Pelatihan menulis ilmiah

Bagi para siswa dan mahasiswa, masalah yang sering mereka hadapi adalah kesulitan menulis ilmiah, entah itu tugas sekolah ataupun penelitian. Oleh karena itu, tentu bisnis pelatihan penulisan ini sangat berpeluang menjadi bisnis yang sukses.

9.      Kursus komputer

Jika Anda menyukai dunia teknisi dan per-komputer-an, membuka les yang satu ini bisa merubah kegiatan kesukaan Anda untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah.

10.  Content creator edukasi

Saat ini, belajar tidak hanya bisa diperoleh di ruang kelas saja. Beberapa platform media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Tiktok bisa menjadi sarana belajar yang lebih dinamis, mudah diakses dimana saja dan kapan saja.

11.  Content creator penggunaan ms, word dan excel

Dua layanan Microsoft ini wajib menjadi penguasaan basic bagi para lulusan sekolah ataupun mahasiswa. Oleh karena itu, content edukasi tentang keduanya selalu ramai oleh para peminat. Jika konten Anda ramai, Anda bisa memonetisasi akun dan menerima endorsement. Pasif income yang lumayan, bukan?

12.  Jasa penitipan anak usia dini

Saat ini, banyak orang tua yang sibuk bekerja. Oleh karena itu, Anda bisa membuka jasa penitipan anak. Bedanya dengan PAUD atau lembaga lainnya, tentu jasa Anda lebih murah dan tidak terikat bermacam-macam administrasi seperti lembaga-lembaga formal lainnya.

13.  Penyewaan lapangan tenis

14.  Penyewaan meja tenis meja

15.  Kursus berenang

16.  Produsen aksesoris alat tulis

17.  Jasa lukis sekolah

18.  Jasa dekorasi ruang kelas

19.  Produsen pembuatan ayunan dan wahana bermain

20.   Catering sekolah

21.  Menjual buku di sekolah (bazar buku)

Bazar ini merupakan even Kerjasama antara penjual buku dan pihak sekolah. Biasanya terlaksana 6 bulan sekali

22.  Jasa antar jemput ke sekolah

23.  Membuka sanggar menari

24.  Membuka konsultasi pendidikan anak dan orang tua

Proses pendidikan tidak selalu berjalan mulus bagi semua orang. Tidak jarang ada banyak orang tua yang bingung karena anaknya terlalu nakal, kurang bisa mengikuti pelajaran, terlalu pasif, sulit belajar dan lain sebagainya. Untuk itu, membuka layanan konsultasi adalah bisnis yang sangat bermanfaat sekaligus menguntungkan.

25.  Konsultasi bakat dan minat anak

26.  Membuka warung organic di sekolah

27.  Mengadakan webinar

28.  Mengadakan workshop

29.  Agen travel sekolah

Pada era normal, sekolah umumnya mengadakan rekreasi bersama minimal satu tahun sekali. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menawarkan jasa travel yang nyaman dan aman bagi sekolah, siapa tahu disana rejeki Anda berada.

30.  Jasa print dan fotocopy

Terakhir, sebagai penutup 30 ide bisnis unik seputar pendidikan, jasa print dan fotocopy juga mengandung peluang. Jasa print ini bisa berbentuk pemesanan, borongan, atau eceran sebagaimana gerai print pada umumnya. Dokumen fisik masih menjadi arsip utama dalam lembaga pendidikan hingga sekarang.

Demikian 30 ide bisnis unik di dunia pendidikan. Selain ide-ide tadi, sebenarnya masih banyak lagi jenis usaha yang bisa potensial. Jangan lupa berdoa sebelum memulai supaya usaha bisa sukses dan berkah.

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment