Pahami Struktur Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar Serta Fungsi Berikut Contohnya

PenulisKreatif.com – Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar.  Makalah mungkin sudah tidak asing bagi mahasiswa karena sering mendapatkan tugas untuk membuatnya. Saat penyusunannya ada beberapa bab yang disusun berurutan dan paling awal adalah kata pengantar. Penjelasan ini memberikan model kata pengantar makalah yang baik dan benar. Lalu mengapa harus ada bagian tersebut dalam makalah? Simak saja penjelasannya di bawah!

Fungsi Kata Pengantar dalam Makalah

Saat membaca makalah pasti melihat format penyusunannya. Dan pada bab yang paling awal terdapat satu halaman bernama kata pengantar. Sebelum tahu modelnya yang baik, sebaiknya simak dulu sebenarnya apa kegunaan bagian tersebut? Ini Jawabannya!

1. Menghadirkan Gambaran Awal

Kata pengantar makalah yang baik dan benar perlu diperhatikan. Meskipun sering dianggap sepele, sebenarnya penulis tidak boleh asal-asalan membuatnya. Karena melalui kata pengantar, penyusun makalah bisa menarik minat para pembaca untuk membaca keseluruhan isi karya tersebut hingga bagian akhir.

Melalui kata pengantar pula penulis bisa memberikan gambaran awal terhadap pembahasan dalam makalah. Jadi dengan membacanya saja akan tahu hal pokok yang ditulis. Gambaran tersebut menghadirkan pandangan kepada pembaca tentang tujuan dari penyusunan makalah. Sebab intinya sudah dijelaskan di kata pengantar.

2. Menambah Kredibilitas Makalah

Kata pengantar memang hanya ditulis singkat satu halaman saja. Meski begitu, fungsinya sangat signifikan terhadap karya tulis. Secara tidak langsung, penulis yang menghadirkan bab awal ini akan meningkatkan kredibilitas makalah miliknya. Berbeda dengan makalah yang tidak ada kata pengantar. Tentu tidak akan sempurna.

Fungsi inilah yang sering dianggap tidak penting oleh penulis, sehingga membuatnya asal jadi saja tanpa memperhatikan kaidah dan formatnya. Padahal dari kata pengantar tersebut para pembaca akan tahu permasalahan yang dibahas dalam makalah. Untuk selanjutnya bisa lebih fokus terhadap konten tulisan.

BACA JUGA   Tujuan Penulisan Makalah yang Harus Diketahui

3. Tempat Penghargaan dari Penulis

Fungsi selanjutnya yaitu kata pengantar menjadi tempat yang digunakan penulis untuk memberikan penghargaan kepada para pihak yang membantu penyusunannya. Pasti dalam penulisan makalah tidak sendiri dan ada bantuan dari pihak-pihak lain. Misalnya dari dosen pembimbing, teman, atau narasumber.

Struktur dan Unsur-unsur Kata Pengantar

Ada unsur yang harus diikuti untuk menciptakan kata pengantar makalah yang baik dan benar. Masing-masing dari struktur tersebut ada unsur-unsur yang perlu dicantumkan sesuai bentuk makalah. Untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan itu, akan diuraikan berikut:

1. Pembuka

Struktur pertama yaitu pembuka yang dihadirkan dalam satu paragraf. Bagian ini mempunyai beberapa unsur yang harus ditulis di dalamnya. Yang paling awal adalah para penulis perlu mencantumkan ucapan syukur kepada Tuhan YME. Ucapan tersebut dicantumkan atas terselesaikannya tugas pembuatan makalah.

Dalam beberapa karya tulis ilmiah ada juga yang menambahkan ucapan selawat kepada Nabi Muhammad SAW. Semua tergantung penulis asal tidak lebih dari satu paragraf. Jadi bagian pembuka dari kata pengantar ini cukup disajikan secara singkat saja. Harus menggunakan kalimat efektif agar pembaca lebih mudah memahami.

2. Isi

Bagian kedua inilah yang paling utama. Karena dalam isi, pembaca akan tahu apa yang menjadi pembahasan dalam makalah. Dalam isi perlu dicantumkan judul dari makalah dan tujuan pembuatannya, apakah itu tugas atau penelitian. Lalu ditulis pula gambaran dari inti permasalahan yang sedang dibahas.

Terkadang ada pula yang menambahkan pelaksanaan dalam pembuatan makalah, yakni lama waktu yang diperlukan hingga selesai. Dan yang harus ada di kata pengantar selanjutnya adalah ucapan terima kasih dari penulis atas bantuan dari pihak-pihak. Boleh juga menguraikan nama dan jabatan dari pihak tersebut.

3. Penutup

Struktur ketiga dari kata pengantar adalah penutup. Bagian terakhir ini juga ditulis dalam satu paragraf saja dan menggunakan kalimat yang tidak bertele-tele. Lalu apa saja unsur yang harus ada di dalamnya? Adapun yang pertama yaitu permohonan maaf jika terdapat kesalahan dari penulis atas penyusunan naskah.

BACA JUGA   Perbedaan Paper dan Makalah yang Penting untuk Diketahui

Unsur selanjutnya adalah harapan penulis kepada pembaca setelah selesai membaca makalah tersebut. Selain itu, perlu dicantumkan ketersediaannya untuk menerima kritik serta saran jika ke depannya ada kekeliruan. Lalu di posisi paling bawah adalah tempat dan tanggal pembuatan makalah, serta tanda tangan.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Agar lebih tahu bentuk kata pengantar yang baik, di bawah akan diberikan contoh. Mungkin dari beberapa kata pengantar ada yang dihadirkan berbeda. Para penulis bisa menyesuaikannya dengan makalah, tapi tetap memperhatikan struktur dan unsur-unsur. Berikut adalah contohnya:

Ucapan alhamdulillah penulis panjatkan atas karunia dari Allah SWT, sehingga dapat menyelesaikan pembuatan makalah tepat waktu. Selawat juga salam dihaturkan kepada Rasulullah SAW telah membimbing kepada kebaikan dan jalan yang lurus.

Penyusunan makalah berjudul “Kajian Hukum-Hukum Tajwid dalam Surah Al-Isra ayat 1-20” sebagai pemenuhan atas tugas PAI (Pendidikan Agama Islam). Pada makalah dituliskan Surah Al-Isra ayat 1-20 beserta terjemahnya. Selain itu, dijelaskan hukum tajwid yang terdapat dalam surat tersebut.

Penulis menyampaikan terima kasih kepada dosen PAI atas tugas yang diberikan. Ucapan terima kasih turut disampaikan kepada Ustaz Faza Fauzan ‘Adziman yang membantu memahami hukum tajwid hingga akhir pembuatan makalah.

Penulis memahami bahwa terdapat kekurangan dari penyusunan makalah. Oleh karena itu, sebagai penyempurnaan saran beserta kritik sangat diharapkan. Semoga pembaca dapat mengambil manfaat.

Jakarta, 1 Januari 2022

Penulis

Demikian uraian mengenai kata pengantar makalah yang baik dan benar mengacu aturan dari struktur dan unsurnya. Selain itu juga diberikan satu contoh agar bisa lebih memahami. Perlu diingat bahwa kata pengantar memiliki fungsi yang penting. Jadi para penulis tidak boleh asal saat membuatnya.

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment