Syarat, Contoh dan Cara Membuat Kata Penutup Makalah yang Benar

PenulisKreatif.com – Kata Penutup Makalah yang Benar. Makalah adalah karya tulis yang membahas satu tema khusus di dalamnya. Di dalam makalah berisi beberapa bagian penting yang membuatnya menjadi lebih jelas. Adapun bagian yang perlu diperhatikan yaitu penutup makalah. Maka dari itu, saat menyusun makalah seseorang harus memperhatikan kata penutup makalah agar sesuai.

Penutup makalah berisi tentang kesimpulan serta saran yang dibahas secara singkat. Bagian ini biasa disebut dengan bab kesimpulan. Adapun kesimpulan yang dituliskan harus dibuat secara lengkap dan rinci sesuai dengan pembahasan. Berikut ini beberapa informasi terkait penutup makalah yang perlu diketahui:

Isi Penutup Makalah

Penutup makalah adalah bagian yang tidak boleh terlewatkan begitu saja ketika menulis makalah. Di bagian ini terdapat 2 poin penting yang harus dimasukkan, yaitu kesimpulan dan saran. Berikut penjelasan mengenai kesimpulan dan saran yang terdapat dalam penutup makalah:

1. Kesimpulan

Menurut KBBI, kesimpulan adalah keputusan dari sebuah pembahasan atau gagasan yang diperoleh melalui metode berpikir secara deduktif atau induktif. Kesimpulan berisi tentang penjelasan mengenai penelitian yang dilakukan. Kata penutup makalah yang digunakan adalah kata transisi ringkasan untuk menunjukkan bahwa ide tersebut akan berakhir. Seperti singkatnya, kesimpulannya, karena itu, dengan kata lain dan ringkasannya.

2. Saran

Dalam membuat kalimat saran paling tidak harus mencantumkan beberapa hal. Kata penutup makalah di bagian saran ini berisi tentang harapan kepada pembaca seperti harapannya dari penulisan ini, oleh karena itulah dan lainnya. Pastikan juga memasukan rekomendasi mengenai penelitian selanjutnya. Selain itu, jumlah kata yang ada pada saran tidak boleh lebih dari 200 kata

Syarat Kata Penutup Makalah

Membuat penutup makalah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Tentunya ada persyaratan tertentu agar penutup makalah bosa dikatakan baik. Berikut ini beberapa syarat yang perlu diperhatikan pada penutup makalah:

1. Jelas dan Mudah Dipahami Pembaca

Kata yang digunakan dalam penutup makalah seharusnya menggunakan kata yang jelas dan mudah dicerna oleh pembaca. Sangat dianjurkan untuk menggunakan kalimat efektif sehingga lebih mempermudah pembaca dalam memahami hasil penelitian yang ada dalam makalah. Penutup makalah sendiri memuat bagian penting dari pembahasan saja.

2. Rangkuman Harus Fokus

Kesalahan yang sering ditemui dalam penutup makalah yaitu tidak fokusnya rangkuman yang dibuat. Ketika rangkuman tidak fokus, maka kesimpulan menjadi tidak jelas. Di bagian penutup, seharusnya penulis menyampaikan kesimpulan atau poin yang penting saja. Poin ini dapat diketahui dari pembahasan makalah.

3. Menyampaikan Saran

Tidak hanya kesimpulan saja, bagian penutup makalah juga mencantumkan tentang saran. Ketika membuat saran harus disesuaikan dengan tema serta isi makalah. Alangkah lebih baik untuk tidak membahas hal lainnya. Cukup bahas tentang isi penelitian yang dilakukan. Berikan saran yang tepat dan dirasa dapat memberikan hal positif.

Cara Membuat Kata Penutup Makalah

Setelah mengetahui poin serta syarat dalam pembuatan penutup makalah. Maka selanjutnya akan dibahas mengenai cara membuat kata penutup makalah yang benar. Adapun langkah yang harus diperhatikan dalam membuat penutup makalah adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah kesimpulan yang merupakan analisis dari interpretasi maupun kajian pustaka yang dibahas. Dalam hal ini dapat berupa implikasi atau inferensi;
  2. Cantumkan saran untuk para pembaca;
  3. Jelaskan isi makalah yang dibahas secara singkat; dan
  4. Jangan menyimpulkan materi yang tidak dibahas dalam makalah.

Contoh Penutup Makalah Review Novel

Pada dasarnya kata penutup makalah, jurnal maupun skripsi hampir sama. Kini tidak perlu pusing lagi ketika akan membuat penutup makalah. Berikut contoh penutup makalah terkait review novel untuk dijadikan referensi:

1. Kesimpulan

Novel “Catatan Musim” karya Tyas Effendi, tokoh Tya diceritakan memiliki psikologis yang tidak stabil. Akan tetapi masih bisa dikendalikan ketika satu waktu harus menghadapi kondisi yang menyakitkan. Yaitu saat menyusul Gema ke Lille namun pria itu justru menghindarinya. Saat itulah perasaan Tya hancur dan tidak lagi memiliki tenaga untuk menghadapinya.

Namun Tya bangkit dan mulai ikhlas dengan apa yang terjadi. Tya yang saat itu masih berada di Lille mengikuti komunitas pecinta buku. Kemudian Tya mulai menemukan hal yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Yaitu tentang kasih sayang serta rasa peduli dari teman-teman komunitas pecinta buku tersebut.

2. Saran

Di dalam novel, menceritakan sebuah hubungan, akan tetapi alangkah lebih baik agar dibuatkan kelanjutan pada bagian terakhir dengan background yang berbeda. Di akhir cerita berakhir terjadinya pernikahan antara Tya dan Gema. Walaupun dengan kondisi cacat karena kakinya harus diamputasi akibat penyakit. Jika ada lanjutan cerita setelah menikah maka cerita akan jauh lebih menarik.

Contoh Penutup Makalah Kesehatan

Makalah membahas tentang berbagai macam bidang. Mulai dari pendidikan, politik, penelitian, kesehatan dan lainnya. Berikutnya akan diberikan contoh mengenai penutup makalah yang membahas tentang kesehatan. Simak contoh berikut ini:

1. Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan terkait masalah sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa kesehatan menjadi hal yang krusial dalam kehidupan sehari-hari. Kesehatan fisik maupun psikis sangat dipengaruhi dengan pola hidup, pola makan serta pola tidur. Maka dari itu, perlu sekali menjaganya dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi, rutin olahraga serta tidur yang cukup.

2. Saran

Penulis akan memberikan saran kepada para pembaca, untuk terus menjaga kesehatan dengan menjalani pola hidup sehat. Jika pembaca memiliki kesibukan, maka cobalah untuk memulainya dari hal kecil. Misalnya dengan rutin minum air putih, olahraga ringan setiap pagi serta mengkonsumsi buah dan sayur.

Contoh Penutup Makalah Kewirausahaan

Makalah membahas tentang topik tertentu. Salah satu topik menarik untuk dibahas adalah tentang wirausaha. Berikut adalah contoh makalah kewirausahaan yang bisa dijadikan sebagai referensi:

1. Kesimpulan

Memutuskan untuk berwirausaha maka diperlukan niat, ketekunan, kemampuan, keberanian serta tidak mudah menyerah. Di samping itu, seorang wirausaha juga harus pandai dalam mengelola berbagai macam hal, kreatif dan inovatif. Adapun cara agar bisa menumbuhkan minat para mahasiswa Jawa Timur dalam berwirausaha adalah deng berbagai hal.

Untuk menumbuhkan minat usaha maka bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai kegiatan yang berkaitan dengan usaha. Misalnya mengikuti kegiatan Pekan Usaha Mahasiswa. Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada minat usaha. Misalnya faktor ekonomi keluarga, motivasi hingga lingkungan pertemanan yang merupakan wirausahawan.

2. Saran

Banyak orang yang sering mengalami kegagalan dalam berwirausaha. Akan tetapi kegagalan bukan menjadi penghambat untuk berwirausaha. Kegagalan justru menjadi awal dalam menjadi usaha agar tepat serius dan tekun. Ketika berwirausaha, seseorang tidak boleh merasa takut pada kegagalan. Karena niat serta minat dalam berwirausaha berasal dari diri sendiri bukan orang lain.

Itulah penjelasan mengenai syarat, contoh dan langkah membuat kata penutup makalah agar sesuai. Melalui penjelasan tersebut, diharapkan tidak terjadi kekeliruan lagi saat membuat penutup makalah. Apalagi penutup makalah merupakan bagian penting yang menonjolkan kesimpulan dari pembahasan pada makalah yang dibuat.

 

Leave a Comment