Kesimpulan dan Saran Makalah. Bagaimana Cara Membuatnya ?

Setelah kita membuat makalah maka pada bagian akhir kita akan sampai pada bagian kesimpulan dan saran. Bagian ini memang isinya pendek, tapi keberadaannya juga penting untuk membantu pembaca dalam memahami point apa yang kita petik setelah berkutat dengan pembuatan sebuah makalah.

Tidak mudah membuatnyna dengan baik dan benar, mengingat jumlah katanya yang hanya terbatas, maka Anda harus bisa mensarikan apa yang ada dalam makalah yang Anda buat dalam kesimpulan dan saran makalah yang baik, benar dan mudah dipahami. Bagaimana cara membuatnya? Kita  akan pelajari bersama dalam artikel ini.

Artikel ini ditulis untuk memberikan panduan bagaimana membuat kesimpulan dan saran makalah yang baik dalam beberapa tips.

Tips Membuat Kesimpulan dan Saran yang Baik

1. Tips Membuat Kesimpulan yang Baik

Kesimpulan yang baik setidaknya mengandung unsur-unsur berikut ini:

  1. Menulis kata Kesimpulan di Awal

Menulis kata Kesimpulan adalah syarat awal sebelum selanjutnya kita membuat kesimpulan. Karena dengan menuliskannya dengan huruf tebal, maka pembaca akan tahu bahwa itu sudah bukan dari bagian pembahasan / isi makalah lagi.

  1. Membuat pembaca peduli

Penting untuk membuat pembaca peduli pada kesimpulan yang kita buat, karena bagaimana pun kita membuat makalah telah mengorbankan waktu dan tenaga kita. Karena itu usahakan untuk membuat kesimpulan mudah dipahami dan ringkas. Ini adalah syarat pembaca tertarik untuk membacanya.

Seperti halnya buku, tidak jarang seseorang akan membaca lebih dulu sinopsisnya, sebelum akhirnya melanjutnya untuk membaca keseluruhan isi buku. Nah, kesimpulan dalam makalah ini fungsinya ibarat synopsis dalam buku.

  1. Mengutamakan pembaca

Mengutamakan pembaca maksudnya adalah meski jumlah kata untuk kesimpulan makalah sangat dibatasi, tapi sebisa mungkin harus bisa dipahami oleh pembaca.

BACA JUGA   Cara Menjadi Penulis Memoar Biografi di Indonesia
  1. Fokus pada kendala

Dalam membuat kesimpulan makalah sebisa mungkin untuk fokus pada kendala / masalah yang diangkat dalam makalah. Sehingga apa yang telah ditulis sebelumnya dalam pembahasan makalah bisa mendapatkan jawaban yang tepat di dalam kesimpulan.

  1. Menggerakkan hati pembaca

Kesimpulan makalah yang baik adalah yang bisa menggerakkan hati pembaca untuk melakukan sesuatu, yaitu setidaknya bisa menaggulangi / mengatasi apa yang menjadi masalah yang diangkat dalam sebuah makalah.

  1. Tidak terlalu panjang

Untuk sebuah kesimpulan jumlah kata yang dipakai sebaiknya tidak lebih dari 200 kata. Karena jika lebih dari itu, maka pembaca akan lebih susah dalam memahaminya.

 

2. Tips Membuat Saran yang baik

Saran yang baik setidaknya mengandung unsur sebagai berikut:

  1. Menulis Saran di Awal

Sebagimana dalam kesimpulan makalah, saran makalah juga harus ditulis di sub judul dengan kata “Saran,” yang posisinya setelah kesimpulan.

  1. Berisi saran yang berguna

Sebaiknya saran yang dibuat benar-benar bermanfaat / berguna bagi pembaca. Usahakan untuk membuat saran dari pemikiran Anda sendiri, bukan hanya dari bahan yang ada dalam makalah, karena itu akan lebih memudahkan pembaca untuk memahami saran yang Anda buat.

  1. Memperhatikan jumlah kata

Jumlah kata yang ada dalam saran makalah tidak lebih dari 200 kata. Saran yang terlalu panjang akan membuat pembaca semakin bingung dengan saran Anda. Maka usahakan untuk tidak melebih jumlah kata diatas.

Itulah tadi cara membuat kesimpulan dan saran makalah yang baik. Semoga dengan membaca artikel sederhana ini makalah yang Anda buat mendapatkan nilai yang memuaskan, sehingga memberikan kelancaran pada study Anda.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita tentang Kesimpulan dan Saran Makalah yang Baik dan Benar. Anda juga bisa mendapatkan referensi tentang Membuat Makalah di postingan lain dalam website ini. Jangan lupa untuk selalu berkunjung untuk  mendapatkan informasi terbaru tentang panduan menulis di website jasa penulisan terbaik kami ini. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar jika ada yang kurang jelas atau kesalahan dari penulisan kami.

BACA JUGA   Cаrа Mеnulіѕ Artіkеl untuk Tugаѕ Kuliah

Semoga bermanfaat dan salam literasi Indonesia !

 

Kata kunci: contoh kesimpulan dan saran, kesimpulan dan saran makalah ips, kesimpulan dan saran pdf, contoh kesimpulan penelitian, saran makalah untuk mahasiswa, contoh kesimpulan laporan, contoh penutup makalah

 

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment