Manfaat Menulis untuk Perkembangan Diri

Selain bermanfaat bagi kesehatan, manfaat menulis bagi perkembangan diri juga perlu dibahas, sebagaimana yang akan dibahas dalam artikel ini, sekitar manfaat menulis untuk perkembangan diri manusia. Sehingga dengan membacanya, setidaknya kita bisa tahu apa saja manfaat signifikan dari menulis bagi seseorang dalam proses pengembangan dirinya.

Apa saja itu? Baik coba kita ulas satu-persatu ya. Berikut ulasannya:

  1. Meningkatkan kreativitas seorang

Dengan menulis kreativitas seseorang akan meningkat. Ini seiring dengan kemampuannya menuliskan apa yang ada dalam hati, pikiran dan perasaannya dalam tulisan.

Kretivitas ini perlu dilatih, tidak datang dengan tiba-tiba, maka mereka yang terbiasa menulis, menjadikan kegiatan ini untuk terus mengasah apa-apa yang ada dalam dirinya untuk memberikan manfaat untuk sesama. Sesuai dengan pengertian kreatif yaitu sesuatu yang baru dan memberi manfaat lebih.

  1. Menjadikan hidup lebih produktif

Produktif adalah bagaimana seseorang bisa menghasilkan karya yang bermanfaat dalam hidupnya. Untuk mencapai ini tentu dibutuhkan motivasi dari dalam diri. Tapi, apakah cukup hanya dengan melakukan afirmasi dalam diri tanpa menuliskannya?

Bisa. Tapi mungkin hasilnya tidak maksimal. Karena itu sebaiknya apa-apa yang akan kita buat dalam hidup ini, supaya bisa menjabarkan dengan lebih detail, maka kita harus terbiasa menuliskannya.

Semakin gemar menulis, maka seseorang akan semakin produktif. Karena ia tahu apa-apa yang harus dilakukan seanjutnya.

  1. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Sejatinya menulis adalah melatih keluwesan dalam berbahasa dalam bentuk tulisan. Dengan seseorang terbiasa menulis, semakin lama ia semakin peka untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar. Karena itu semakin seseorang sering menulis, maka kemampuan bahasanya akan terus meningkat.

Bagi seseorang yang baru menulis, kadang masih bingung dengan apa yang akan ditulis. Tapi setelah terbiasa (apalagi jika diimbangi dengan kegiatan membaca), maka kebingungan itu akan berkurang, hingga akhirnya hilang sama sekali.

  1. Media belajar yang baik

Menulis adalah media belajar yang baik. Karena dengan menulis seseorang bisa belajar tentang banyak hal, dengan tujuan bisa menghasilkan tulisan yang bermanfaat bagi orang lain.

Sudah banyak yang membuktikan, bahwa dengan punya ketertarikan pada aktivitas menulis, seseorang akan terasah untuk belajar banyak hal yang dibutuhkannya. Misalnya ia menjadi blogger, tentu yang diinginkan adalah blog yang dimiliki dikunjungi banyak orang.

Bagaimana caranya? Tentu dengan menyajikan tulisan yang menarik dan bermanfaat pada setiap postingan. Tentu untuk menghasilkan tulisan seperti itu bukan hal yang mudah, dibutuhkan kemauan yang kuat untuk belajar hal-hal baru yang relevan dengan isi blognya.

  1. Membuat bicara lebih lancer

Dengan terbiasa menulis seseorang bisa membuat cara berpikirnya menjadi runut. Kerunutan cara berpikir inilah yang membuat selanjutnya bicaranya juga menjadi runut, sistematis. Sebagaimana pernyataan bahwa “apa yang dipikirkan, biasanya akan diucapkan oleh orang itu.”

  1. Media komunikasi terbaik

Dengan tulisan seseorang bisa menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya dengan sangat lengkap, dibanding saat ia menyampaikannya dengan lisan. Ya, begitulah kenyataannya, saat seseorang menyampaikan dengan lisan, banyak yang terlupakan. Tapi saat menyampaikan dengan tulisan, apa-apa yang biasanya terlupa, bisa diminimalisir.

Hal ini bisa terjadi, karena saat proses menulis berlangsung secara bersamaan antara aktivitas menulis dan berpikir berjalan bersamaan. Jadi apa yang akan disampaikan dalam tulisan biasanya bisa diingat-ingat kembali.

  1. Membantu mencapai tujuan

Terbiasa menulis akan membantu Anda mencapai tujuan. Caranya adalah dengan menuliskan setiap tahap dalam proses yang akan Anda tuju. Coba untuk menuliskan apa-apa yang akan Anda lakukan. Setiap kali selesai melakukan satu step yang akan dikerjakan itu, beri tanda atau keterangan bagaimana Anda bisa mencapainya.

Dengan kebiasaan menulis seperti ini seseorag akan tahu, ada dimana ia dalam proses mencapai tujuan. Hingga tidak ada satu atau beberapa step yang berulang atau terlewati. Jika suatu tujuan sudah selesai dilakukan, kita bisa membuat tujuan lainnya. Terbiasa dengan ini, akan membuat Anda semakin terampil menulis dan mencapai tujuan yang lebih tinggi / besar.

  1. Menghasilkan uang

Nah, ini yang paling seru. Menulis untuk menghasilkan uang. Sebagaimana motto yang sering saya sampaikan kepada rekan-rekan penulis, bahwa menulis itu cukup hanya dengan memenuhi 2 syarat supaya kita tetap semangat untuk menjadi penulis.

Apa itu?

“Menyenangkan dan menghasilkan.” Kenapa begitu? Karena saya melihat banyak orang yang awalnya semangat menulis, tapi akhirnya perlahan semangatnya perlahan-lahan kandas, karena apa yang ia lakukan tidak menghasilkan uang.

Padahal dengan makin masifnya penggunaan internet (dunia maya) saat ini, profesi penulis sangat dibutuhkan. Karena semakin banyak orang yang ingin punya buku dan situs (web atau social media) yang baik dan menggambarkan jati dirinya, tetap ia tidak punya waktu atau terbatas kemampuan teknis untuk menulis.

Nah, kesempatan bagi Anda yang punya kemampuan menulis untuk membantu orang-orang seperti  ini. Jadi memang skill menulis ini sangat dibutuhkan seiring makin tingginya kebutuhan orang pada konten tulisan.

Postingan ini akan terus bertambah seiring dengan makin bertambahnya informasi yang saya dapatkan. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi blog ini kembali. Itulah ulasan saya tentang manfaat menulis bagi perkembangan diri. Anda bisa mendapatkan informasi tentang manfaat menulis di postingan lain di blog ini. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: Jasa Penulisan Buku 

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment