7 Manfaat Penulisan Makalah yang Harus Diketahui Akademisi

PenulisKreatif.com – 7 Manfaat Penulisan Makalah yang Harus Anda Ketahui. Karya ilmiah atau makalah merupakan salah satu tugas pokok yang pasti ada di sekolah maupun perguruan tinggi. Isi dari makalah sendiri biasanya mencakup suatu permasalahan yang dibahas di dalamnya. Dalam pembuatan makalah pasti mempunyai manfaat untuk banyak orang. Lalu, apa saja manfaat penulisan makalah? Mari simak saja penjelasannya di bawah ini!

7 Manfaat Penulisan Makalah yang Harus Anda Ketahui

1. Sebagai Ilmu Pengetahuan

Manfaat penulisan makalah yang pertama ini bisa dijadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan yang baru. Karena, topik yang ada di dalam makalah tersebut bisa membuka wawasan baru untuk orang yang belum mengetahuinya. Sehingga, bagi yang membacanya bisa mengaplikasikannya di kehidupan nyata.

Adanya makalah tersebut akan membuat yang para pembacanya dapat memahami serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang dibahas dalam makalah tersebut. Tentunya hal tersebut akan bermanfaat sekali untuk masyarakat luas dan yang pasti akan berdampak luas terhadap kehidupan sosial di masyarakat.

2. Untuk Referensi

Umumnya makalah dibuat oleh seorang siswa atau mahasiswa sebagai tugas akhir. Makalah tersebut juga dapat dijadikan salah satu referensi untuk pembuatan makalah selanjutnya. Jika pembuatan makalahnya sesuai pedoman serta isinya bagus, maka bisa dijadikan salah satu patokan untuk penelitian selanjutnya. Bahkan, bisa juga menjadi referensi untuk mengembangkan suatu ilmu.

Manfaat penulisan makalah satu ini biasanya akan berguna bagi pelajar yang sedang membuat makalah. Jika topik yang diambil sama, maka bisa mengambil atau mengutip penelitian makalah yang sebelumnya. Maka dari itu, sebaiknya buatlah makalah dengan sebaik mungkin agar dapat dijadikan contoh yang benar oleh peneliti selanjutnya.

3. Untuk Menarik Minat Baca

Jika makalah yang dibuat menarik serta membahas suatu permasalahan yang sedang viral di masyarakat, maka pasti akan menarik pembaca. Dengan minat baca yang semakin tinggi maka akan membuat wawasan serta pengetahuan di dalam masyarakat semakin berkembang. Penelitian makalah ini juga tidak boleh sembarangan serta harus sesuai dengan fakta yang ada.

Kenapa harus sesuai fakta? Karena makalah akan dibaca oleh masyarakat luas dan biasanya apa yang dibaca pasti akan diyakini oleh masyarakat tersebut. Maka dari itu, dalam pembuatannya jangan berdasarkan opini pribadi serta argumen yang tidak pasti. Peneliti harus melakukan riset yang dalam untuk membuat makalah ini.

4. Sebagai Media Belajar Permasalahan Serta Solusinya

Manfaat penulisan makalah bagi penulis adalah secara tidak langsung dapat memahami masalah tersebut. Selain itu, dengan adanya permasalahan tersebut penulis atau peneliti akan dituntut untuk memecahkan masalahnya dan memberikan solusi yang terbaik serta tepat. Sehingga, ketika terjun langsung di dalam masyarakat tidak akan kaget lagi dengan masalah sosial yang ada dan dapat mengatasinya dengan baik.

Sebagai penulis, sebaiknya tulislah solusi permasalahan yang logis serta tepat. Karena, bisa jadi solusi tersebut juga akan dijadikan sumber untuk memecahkan masalah yang serupa. Jadi, selain bermanfaat untuk penulis juga akan bermanfaat untuk kehidupan orang lain. Penulis atau peneliti juga harus bertanggung jawab dengan apa yang ditulisnya.

5. Sebagai Sarana dan Prasarana Belajar Menulis yang Baik

Siswa atau terutama mahasiswa pasti tidak akan terlepas dengan yang tugas makalah. Pasti di setiap mata kuliah, mahasiswa akan diwajibkan untuk membuat satu makalah sebagai suatu tugas. Mahasiswa dituntut untuk dapat menulis dengan baik serta sesuai pedoman. Nah, jika terbiasa menulis makalah, maka mahasiswa akan lebih terasah lagi kemampuan menulisnya.

Hal ini juga akan bermanfata untuk ke depannya, karena makalah bukan akir dari tugas. Masih ada tugas akhir skripsi yang penulisannya lebih rumit dibandingkan dengan penulisan makalah. Maka dari itu, dengan adanya penulisan makalah mahasiswa akan semakin terbiasa menulis dengan runtut dan juga membuat kalimat sesuai dengan EYD.

6. Untuk Bahan Pertimbangan

Pembuatan atau penulisan makalah pasti akan berdampak untuk semua lapisan. Tidak terkecuali untuk pemerintahan, dengan adanya makalah tersebut dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan. Jika masalah yang dibuat dalam makalah tersebut berkaitan dengan kehidupan masyarakat, maka bisa jadi akan berpengaruh juga terhadap masyarakat.

Makalah yang dibuat tersebut akan membuat pemerintah tahu apa yang sebenarnya terjadi di masyarakat. Sehingga, pemerintah akan membuat sebuah kebijakan baru berdasarkan makalah tersebut. Jadi, makalah tersebut tidak hanya sekedar dibuat tetapi akan membuat efek besar serta membuat sebuah perubahan yang berdampak untuk semua lapisan.

7. Sebagai Bentuk Pengabdian

Manfaat penulisan makalah yang terakhir adalah sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Karena, biasanya masalah yang dibahas tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Bentuk pengabdian tersebut akan menunjukan kualitas diri mahasiswa, sehingga masyarakat akan semakin percaya dengan keberadaan mahasiswa.

Pengabdian masyarakat juga tidak hanya sekedar teori saja, tetapi bagaimana memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat. Nah, dengan adanya makalah tersebut akan memberikan sumbangsih solusi atau saran logis terhadap masalah yang terjadi. Jadi, itulah bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat yang sebenarnya.

Demikian beberapa manfaat penulisan makalah untuk masyarakat, pembaca, serta untuk penulis. Manfaat tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk semua lapisan, baik itu manfaat teoritis maupun manfaat praktis.

Leave a Comment