Cara Mengatur Margin untuk Makalah, Skripsi dan Karya Ilmiah di Microsoft Word

PenulisKreatif.com – Cara Mengatur Margin untuk Makalah, Skripsi dan Karya Ilmiah. Mengatur ukuran margin pada makalah atau karya ilmiah lainnya merupakan hal yang penting dan tidak boleh ketinggalan. Sayangnya masih banyak yang tidak memperhatikan ukuran margin untuk makalah dengan benar. Padahal sebenarnya terdapat aturan tersendiri mengenai ukuran margin pada makalah.

Oleh sebab itu sebelum mengumpulkan atau mempublikasikannya, Kemudian  sebaiknya atur margin dengan tepat. Ketika membuat dokumen menggunakan Microsoft Word secara otomatis margin yang digunakan adalah margin normal yaitu ukuran 1 cm pada setiap tepinya. Sedangkan untuk makalah dan karya ilmiah memiliki aturan margin tersendiri.

Apa Itu Margin?

Istilah margin dalam makalah mungkin masih asing didengar bagi beberapa orang. Secara sederhana margin adalah jarak yang membatasi antara dokumen dengan tepi kertas. Batas tersebut mencakup seluruh tepi kertas yaitu atas, kanan, bawah dan juga kiri.

Fungsi dari margin tersebut adalah memberikan ruang kosong pada masing-masing tepi dokumen. Ruang kosong tersebut biasanya digunakan untuk memberikan ruang bagi penulisan penomoran halaman. Selain itu pada bagian kiri dokumen memberikan ruang kosong yang berguna untuk penjilidan makalah agar ketika sudah jadi tidak ada tulisan dokumen yang terpotong karena dijilid.

Ukuran Margin Untuk Makalah, Skripsi dan Karya Ilmiah

Bagi para mahasiswa atau peneliti yang sering membuat makalah tentunya harus memahami ukuran untuk margin yang tepat. Dalam penulisan sebuah makalah atau karya ilmiah lainnya terdapat ketentuan tersendiri dalam membuat margin, sehingga tidak bisa sembarangan. Dengan mengatur margin yang benar juga akan membuat tampilan makalah menjadi lebih rapi.

Biasanya dalam sistematika penulisan ditulis dengan aturan 4-3-3-4. Atau bisa juga ditulis 4-4-3-3 tergantung penyebutan saja. Untuk mengetahui lebih jelasnya simak ketentuan Margin untuk makalah dan karya tulis ilmiah berikut ini:

  • Batas kiri yang membatasi dokumen dengan tepi kiri kertas adalah 4 cm.
  • Kemudian batas atas yang membatasi dokumen dengan tepi atas kertas adalah 3cm.
  • Batas kanan yang membatasi dokumen dengan tepi kanan kertas adalah 3 cm.
  • Lalu batas bawah yang membatasi dokumen dengan tepi bawah kertas adalah 4 cm.
BACA JUGA   Inilah 8 Cara Membuat Halaman Makalah yang Mudah dan Benar

Cara Mengatur Margin Makalah, Skripsi dan Karya Ilmiah Lainnya

Mengatur margin untuk karya ilmiah sebenarnya tidak sulit. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah apabila sudah memahami caranya. Sayangnya masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara mengatur margin pada dokumen makalah atau karya tulis lainnya yang benar.

Untuk membuat margin bisa dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word. Pengaturan margin bisa dilakukan pada tab Page Layout yang ada di menu bar Microsoft Word. Untuk membuat margin tersebut simak cara lengkapnya sebagai berikut:

1. Membuka Dokumen

Untuk membuat margin melalui Microsoft Word pertama buka aplikasi tersebut. Setelah itu buka dokumen yang akan diatur marginnya. Untuk mengatur margin dapat dilakukan sebelum maupun setelah makalah tersebut jadi.

2. Buka Page Layout

Setelah itu klik pada tab Page Layout. Pada tab Page Layout tersebut terdapat berbagai pengaturan yang berguna untuk mengatur lembar kerja di Microsoft Word. Di dalamnya terdiri dari beberapa grup yaitu Page Setup, Themes, Paragraph, Arrange dan Page Background.

Ketika pengguna ingin mengatur margin maka pengaturan tersebut terdapat pada grup Page smSetup. Salam grup tersebut terdapat berbagai command yang bisa digunakan untuk mengatur halaman, ukuran kertas dan termasuk juga mengatur margin. Untuk mengatur margin bisa klik pada bagian Margin di Page Setup.

3. Atur Margin Makalah

Pada bagian Margin akan muncul berbagai pilihan ukuran margin yang bisa digunakan. Namun ketika hendak mengatur margin makalah, klik pada tulisan Custom Margin. Sebab margin makalah tidak tersedia secara default di Microsoft Word.

Setelah itu akan muncul tampilan kotak dialog yang berisi tentang pengaturan margin. Untuk mengaturnya hanya perlu memasukkan ukuran margin makalah pada kolom yang disediakan dengan ukuran 4-3-3-4 yang disebutkan di atas. Kemudian klik ok, dengan demikian margin sudah berhasil diubah sesuai dengan aturan makalah.

Itu tadi adalah beberapa ketentuan mengenai margin untuk makalah dan juga karya ilmiah lainnya. Penulisan karya ilmiah memang harus sesuai dengan sistematika penulisan yang sudah ditetapkan, umumnya ukuran yang digunakan adalah 4-3-3-4. Dengan mengatur margin tersebut maka karya tulis tersebut dapat terlihat lebih rapi. Sekian pembahasan kita kali ini tentang Cara Mengatur Margin untuk Makalah.

BACA JUGA   Cara Menulis Karakter Tokoh Biografi
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment