Peluang Bisnis Jasa Tanpa Modal dan Menjanjikan

Apa-apa yang berlabel tanpa modal pasti menarik untuk diikuti benar kan? Iyalah. Apalagi jika tanpa modal tapi tetap bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan besar. Siapa yang gak mau coba, pasti mau semua kan? Dalam artikel bertema peluang bisnis jasa kali ini saya akan memberikan informasi bagaimana peluang usaha jasa tanpa modal yang menjanjikan bagi Anda. Ini hanya sekedar sharing sesuai pengalaman saya.

Mengapa harus punya bisnis sendiri

Mempunyai bisnis sendiri adalah keinginan bagi banyak orang. Alasannya simpel, dengan mempunyai bisnis kita bisa memiliki pemasukan tambahan, bagi kita yang masih bekerja di tempat lain. Tapi bagi sebagian orang yang sudah fokus menjadi pebisnis, bisnis yang dibangun ibarat pohon yang bisa dibesarkan atau juga bisa menjadi indukan untuk menghasilkan pohon-pohon lainnya.

Tentu dengan menjadi pebisnis kita mempunyai kendali sendiri terhadap bisnis kita. Kita tidak hanya bisa mengatur waktu kerjanya, tapi lebih dari itu segala sesuatu yang kita inginkan bisa diterapkan pada bisnis yang kita miliki. Tentu kita harus mengukur sampai dimana kemampuan kita dalam membesarkan bisnis kita nantinya.

Tapi sayangnya dalam pertama memulai bisnis banyak hal yang menjadi kendala bagi setiap orang untuk memulainya. Misalnya tentang modal, cara menjalankan, scale up, mengatasi saturated dan yang lainnya. Dari sekian banyak keluhan yang datang dari pebisnis baru adalah tentang modal. Seberapa pentingkah sebenarnya modal ini? ok, kita akan coba membahasnya dalam artikel kali ini ya.

Modalnya dari mana?

Jika Anda menanyakannya pada saya, saya jawab, “modalnya dari diri kita sendiri.” Lho, kenapa begitu? Ya, karena kita sendiri yang akan memilki usaha, jadi pantaslah jika kita yang harus punya modal itu. Tapi jawaban saya ini tentu dengan pemahaman modal = usaha. Jadi jika Anda tidak mempunyai modal uang, maka Anda harus punya modal lain yang bisa menggantikan posisi uang saat itu.

Caranya? Dengan kemampuan / skill Anda. Ya, dengan kita memilki skill tertentu, modal uang tidak begitu memegang peranan dalam membangun usaha. Bagaimana contohnya? Baik saya akan memberikan contoh. Kita ambil contoh bisnis jasa yang banyak terdapat di sekitar kita, misalnya tukang potong rambut. Jika Anda punya skill potong rambut, dengan tidak memiliki modal, Anda bisa menjadi pekerja dulu di sebuah barbershop/ tempat potong rambut biasa.

Hasil dari kerja ini bisa Anda kumpulkan untuk nantinya untuk biaya sewa tempat dan perlengkapan lainnya. Atau jika Anda berpikir cara ini cukup lama mendatangkan uang supaya bisa terkumpul untuk membuka usaha sendiri, Anda bisa menawarkan kerjasama dengan orang yang punya modal. Dengan bagi hasil. bisa Caranya, cukup mudah kok, selain dengan meminta bantuan teman, Anda bisa dengan posting tawaran kerjasama ini di akun media sosial Anda. Tentunya dengan melampirkan potensi keuntungan dari bisnis jasa potong rambut ini.

Mengapa bisnis jasa?

Alasan saya menganjurkan untuk memulai bisnis awal Anda dengan bisnis jasa adalah karena bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil, bahkan tanpa modal sama sekali dengan keuntungan yang besar. Tapi dengan syarat, Anda harus mempunyai skill yang layak dijual. Jadi kata kuncinya adalah “skill Anda.”

Jadi sekarang jika ingin membukak jasa, coba kita sediakan waktu untuk merenung sejenak, apa skill kita yang bisa dijual? Lebih baik lagi jika Anda bisa menemukan kelebihan diri Anda. Kelebihan = skill yang ada pada diri Anda dan jarang dimiliki orang lain.

Seperti apa contohnya? Saya contohkan diri saya sendiri ya. Sejak kecil, tepatnya di akhir belajar di SD saya mulai suka menulis. saya menulis dimana dan kapan saja. Meski tidak berbentuk diari, tapi saya hanya sengaja menuliskan; apa yang terjadi di sekeliling saya, apa harapan saya, bahkan kadang karena terbawa “emosi” sering menuliskan juga apa-apa yang saya tidak suka. Dari kebiasaan inilah saya hingga kini terbiasa untuk memetakan keadaan-hambatan-peluang-harapan yang ada ke depan.

Apa manfaatnya? Banyak. Dengan begitu kita bisa tahu posisi kita saat ini berada dimana dalam pencapaian cita-cita kita. tidak hanya untuk diri saya sendiri, untuk penulisan buku klien pun cara ini sangat efektif. Kita tahu apa-apa yang diinginkan seseorang dalam menulis buku, sehingga tujuan penulisan mudah terbaca, sehingga proses penulisan buku bisa berjalan dengan mudah dan lancar.

Lho, kok pembahasannya kemana-mana? Gak papa, gak ada salahnya sharing berbagai hal jika yang kita sharing kan bermanfaat. Iya kan?

Bagaimana peluang bisnis jasa ke depan?

Saya tetap optimis ke depan bisnis jasa masih tetap menjanjikan. Alasannya simpel, setiap orang akan fokus dengan pekerjaannya. Karena itu untuk mengerjakan berbagai hal yang bukan bidangnya, misal menulis, ia akan lebih tertarik untuk memakai jasa penulis profesional.

Tidak hanya bidang penulisan pada bidang lainnya, misalnya hobby pun orang akan tetap melakukan hal yang sama. Misalnya orang yang suka touring naik motor, untuk merawat motornya yang biasanya harganya mahal, kebanyakan orang akan menyerahkannya pada ahli mesin motor yang berpengalaman.

Bisnis jasa apa saja yang masih menjanjikan?

Bisnis jasa yang masih menjanjikan ke depannya ada banyak, misal yang berkaitan dengan hobi, kebugaran, kecantikan, makanan, traveling, hiburan, konsultasi dsb. Semua masih akan tetap dibutuhkan. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menjual skill yang kita miliki menjadi bisnis yang bisa memberikan penghasilan yang rutin bagi kita. Semoga Anda bisa melakukannya !

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Peluang Bisnis Jasa Tanpa Modal dan Menjanjikan. Anda bisa menanyakan kepada saya tentang berbagai hal tentang pembahasan diatas. Insaa Allah akan saya jawab semampu saya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah kolom komentar ya sahabat. Anda bisa mendapatkan inspirasi tentang bisnis lainnya di kategori Bisnis Kreatif di blog ini. Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber: Iwan Wahyudi 

 

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment