Pentingnya Digitization di Era Ekonomi Digital. Penting untuk Efisiensi Bisnis Anda !

PenulisKreatif.com – Pentingnya Digitization di Era Ekonomi Digital. Era ekonomi digital ditandai dengan digitalisasi berbagai bentuk yang dulunya dilakukan dengan manual dalam bentuk yang lebih praktis, misalnya dengan bisa melakukan transaksi jual beli hanya menggunakan smartphone, tidak perlu kita mendatangi toko untuk melakukan pembelian barang.

Dengan begitu maka perlu adanya teknologi digital (digital enterprise) yang menjembatani setiap transaksi antara penyedia barang / jasa dengan pembeli / customer. Proses digitalisasi yang berupa transformasi informasi inilah yang selanjutnya disebut sebagai digitization.

Apa itu Digitization ?

Digitization adalah suatu proses transformasi informasi yang berasal dari berbagai bentuk menjadi format digit “0” dan “1” atau kita biasa menyebutnya dengan bilangan biner, dimana keberadaannya ini telah mampu menghasilkan terobosan dan dampak perubahan yang sangat besar dan berguna dalam dunia transaksi bisnis yang selanjutnya ditransformasikan dalam bentuk digital.

Pentingnya Digitization di Era Ekonomi Digital

Digitization dalam era ekonomi digital ini memang harus ada karena keberadaannya akan memudahkan penyimpanan secara efektif dan efisien data yang ada ke dalam bentuk yang lebih padat yang hingga saat ini bahkan telah bisa menampung data hanya cukup dengan icloud saja.

Atau dengan kata lain penggunaan digitization ini diharapkann akan bisa meningkatkan efisiensi perusahaan, karena dapat dengan keberadaannya dapat mengurangi biaya-biaya yang berkaitan dengan proses pembuatan, penyimpanan hingga pertukaran media antara penyedia (penjual) dan pengguna (pembeli).

Kemajuan teknologi dalam bentuk digitization ini akan memungkinkan para penggunanya melakukan kegiatan bertukar informasi secara cepat hanya melalui email dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan begitu tentu juga akan memudahkan proses pengiriman dan pertukaran informasi yang dapat di digitasi.

Dengan adanya digitization ini maka perusahaan akan dengan mudah mempresentasikan produk dan jasa yang dijualnya dalam bentuk digital yang pada gilirannya nanti akan mendapatkan respon dan pembelian dari konsumen yang akan membeli barang/ jasa yang ditawarkan. Apalagi saat ini setiap kali akan melakukan pembelian barang konsumen bisa memeriksa tingkat kredibilitas dari penyedia barang yang akan dibelinya, melalui komentar pembeli sebelumnya. Semakin banyak komentar positif tentunya akan menambah kepercayaan calon pembeli, begitu juga sebaliknya.

Maka penting bagi penyedia barang / jasa yang ingin menang dalam persaingan di era ekonomi digital ini untuk memberikan pelayanan yang baik pada setiap calon pembelinya, karena dari seriap transaksi yang dilakukan itu akan menjadi catatan referensi baik / buruk di mata calon pembeli selanjutnya.

Semoga artikel sederhana tentang pentingnya digitization di era ekonomi digital ini bermanfaat bagi Anda para pelaku usaha. Salam sukses !

 

 

 

Leave a Comment