Produk Kreatif Revolusi Industri. Sepenting Apakah ?

Era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan segala sesatu banyak diakses dalam bentuk digital, ternyata membawa angina segar bagi para pengusaha kreatif untuk menciptakan produk yang sebelumnya belum pernah ada. Atau jika pun ada, maka ada kreativitas baru yang membuat produk sejenis bisa mendapatkan nilai lebih di hati konsumen.

Artikel singkat ini hanya sekedar share sedikit informasi yang kami dapatkan setelah mengamati bagaimana trend bisnis saat ini, yang banyak orang bilang pada era revolusi industri 4.0. Banyak pelaku usaha baru yang muncul, ditambah dengan banyaknya mereka yang awalnya hanya memakai kanal konvensional untuk marketingnya, kini sudah mulai merambah ke kanal digital. Sebuah kondisi yang sangat menggembirakan, terlebih saat di seluruh dunia hal ini sudah sangat familiar untuk dilakukan.

Artikel ini juga sekaligus mencoba untuk menjawab beberapa pertanyaan yang kadang diajukan oleh mereka yang baru akan mendirikan usaha online, dimana modal yang dimilki sangat terbatas.

Di beberapa kesempatan dan acara bisnis, sering disampaikan oleh narasumber bahwa untuk memaksimalkan potensi yang ada dengan modal yang terbatas, salahsatu caranya adalah dengan kreativitas yang dimiliki.

Bagaimana contohnya?

Banyak contoh. Misalnya untuk bisnis minuman, banyak yang berusaha mengemas minuman yang dulunya umum dibuat di rumah-rumah dengan kemasan yang menarik, sehingga harga penjualannya lumayan tinggi. Sebagai contoh wedang jahe, yang biasanya dibuat dengan bahan dasar jahe dan gula, biasanya jika dijual di warung-warung sekitar rumah kita, mungkin harganya hanya berkisar 2000 an per gelasnya. Tapi coba bandingkan jika sudah dikemas sedemikian rupa, baik yang sudah siap dinikmasti atau yang siap sedu, harganya bisa nanik 5 – 10 kali lipat.

Bagaimana dengan pembuatan kemasan dan desainnya?

Ada banyak jasa desain branding yang bertebaran di dunia maya saat ini. Berbanding lurus dengan itu, ada banyak percetakan yang bisa menerima cetakan dengan jumlah minimal, menyesuaikan budget kita.

Jadi intinya adalah tidak ada alasan untuk tidak bisa membuat usaha saat ini. Semua hanya butuh kemauan kita dalam berusaha dan menjalin sinergi dengan pelaku usaha lainnya.

Mengapa Produk Kreatif dianggap penting dalam Era Revolusi Industri 4.0?

Jawabannya sangat mudah. Karena dengan banyaknya produk kreatif yang dibuat, maka banyak juga yang mendapatkan manfaat dari perkembangan bisnis ini. Sebagai contoh pembuatan wedang jahe kemasan tadi, setidaknya sudah membantu income para desainer, percetakan dan penjualan bahan cetak.

Bayangkan dari 1 produk kreatif yang bisa dilakukan dalam skala kecil, ada 3 rekanan bisnis yang terbantu. Bayangkan jika ada banyak usaha dengan produksi produk kreatif yang rutin memproduksi kemasan, pamplet, brosur, kartu nama, booth portable, gerobak container, dll.

Jadi jangan pernah meremehkan kreativitas yang ada dalam diri Anda. Jika ada punya ide, syukuri, karena tidak semua orang memilikinya. Tapi gak hanya cukup hanya dengan bersyukur, tapi Anda harus juga bisa mewujudkan ide tersebut supaya bisa memberi manfaat bagi diri Anda dan banyak orang.

Bagaimana dengan marketingnya?

Ini adalah pertanyaan yang agak aneh di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini. Karena Anda bisa melakukannya dengan menggunakan akun engsocial media Anda. Jalankan dulu seadanya, jika menampakkan hasil, Anda bisa belajar tentang internet marketing. Atau jika memang tidak ada waktu dan kemampuan, Anda bisa membayar jasa advertising yang saat ini semakin banyak dengan harga yang bersaing.

Sudah siapkah Anda ?

Siap tidak siap Anda harus menghadapi kenyataan ini. Ya, kita bisa menjadi manusia yang sangat kreatif atau tidak sama sekali. Pilihan kini ada di tangan Anda !

Dapatkan artikel tentang ekonomi digital di kategori yang sama di blog ini.

Anda bisa mendapatkan berbagai pembahasan tehnik tentang digital marketing di blog kami lainnya, disini

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment