Rumusan Masalah dalam Makalah. Bagaimana Cara Membuatnya ?

Dalam makalah ada beberapa bagian-bagian yang harus ada, diantaranya rumusan masalah. Karena itu untuk menghasilkan makalah yang baik, maka Anda harus bisa membuat rumusan  makalah yang baik.

Mengapa?

Tentu karena dengan rumusan masalah yang baik, maka penyusunan makalah Anda akan berjalan dengan lancar. Dengan Anda bisa menjawab setiap pertanyaan dalam rumusan masalah dengan jelas, terperinci, sistematis dan mendetail, maka pembaca makalah Anda pun akan mudah memahami dan mengambil manfaat darinya.

Bagaimana Rumusan Masalah dalam Makalah yang Baik?

Setidaknya memenuhi Syarat berikut ini:

  1. Dapat Membantu Penyusunan Makalah

Untuk membuat sebuah makalah yang panjangnya minimal 10 halaman (diluar pembahasan makalah), memang bukan hal yang mudah bagi Anda yang belum terbiasa menulis.

Karena itu dalam setiap makalah perlu dan harus ada perumusan makalah yang biasanya dalam bentuk beberapa pertanyaan, yang menjawabnya bisa menuntun kita untuk menyelesaikan sebuah makalah.

  1. Memotivasi Kita untuk Mengamati dan Mengobservasi Sesuatu

Dengan pertanyaan yang ada, kita akan termotivasi untuk mencari jawabannya. Karena itu rumusan masalah dalam makalah harus berhubungan erat dengan pembahasan yang akan diulas dalam sebuah makalah.

Semakin bagus pertanyaan (mempunyai relevansi dan butuh jawaban yang panjang) maka akan membuat bahasan yang ada dalam makalah semakin menarik. Karena itu penting untuk menyiapkan referensi yang cukup untuk penulisan sebuah makalah.

  1. Mampu Bertanya Sekaligus Mempunyai Jawabannya

Yang harus diingat adalah setiap pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah harus kita punya referensinya. Jangan sebaliknya, mempunyai rumusan masalah yang bagus dan menarik, tapi referensinya kurang. Akibatnya pembahasan makalah menarik karena kurang referensi.

Lalul bagaimana caranya?

Sebelum Anda merumuskan makalah, setidaknya Anda harus mempunyai referensi terlebih dahulu, baik itu dari buku, artikel online atau sumber referensi lainnya. Alangkah baiknya jika Anda sudah membaca sekilas semua referensi yang ada, kemudian setelah rumusan makalah dibuat, Anda membacanya ulang untuk menenumak jawabannya (sekaligus mengerjakan makalah).

  1. Memenuhi Unsur 5W + 1H

Upayakan untuk menjawab setiap pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah dengan memenuhi unsur 5W + 1H. dengan jawaban yang lebih detail mulai dari apa hingga bagaimana membuat pembaca makalah akan mudah memahaminya.

BACA JUGA   Pengertian Buku Biografi yang Harus Anda Ketahui

Jika pembahasannya terlalu panjang, maka pertanyaan yang harus ada minimaml adalah mengapa dan bagaimana. Dua pertanyaan ini membutuhkan jawaban yang cukup mendetail, yang jika bisa menjawabnya, akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan makalah yang Anda buat.

 

Semoga dengan membaca artikel sederhana ini Anda bisa membuat rumusan makalah yang baik untuk makalah Anda. Harapan lainnya tentu dengan nilai yang diperoleh dari setiap makalah yang bagus, maka akan memperlancar proses belajar Anda hingga meraih gelar sarjana.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita tentang Cara Membuat Rumusan Masalah dalam Makalah yang Baik dan Benar. Anda juga bisa mendapatkan referensi tentang Membuat Makalah di postingan lain di website ini. Jangan lupa untuk selalu berkunjung untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Panduan Menulis di website jasa penulisan terbaik di Indonesia ini. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar jika ada yang kurang jelas atau kesalahan dari penulisan kami.

Semoga bermanfaat dan salam literasi Indonesia !

Kata kunci:

Contoh rumusan masalah makalah, contoh judul dan rumusan masalah makalah, contoh rumusan masalah adalah, contoh rumusan masalah penelitian, cara membuat rumusan masalah makalah, contoh rumusan masalah penelitian kuantitatif, contoh rumusan masalah penelitian kualitatif, rumusan masalah proposal, contoh latar belakang rumusan masalah dan tujuan penulisan makalah

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment