Tetap Kreatif dan Anti Narkoba Saat Pandemi. Bagaimana Caranya ?

Saat pandemi ini banyak yang mengeluh, karena apa yang biasanya kita lakukan dengan beraktivitas keluar rumah harus dikurangi. Bahkan pada beberapa bulan belakangan dilarang sama sekali untuk beberapa daerah di zona merah. Tapi apakah hal ini pantas dikeluhkan, dan apakah ini menjadi alasan untuk melakukan hal-hal negatif, misalnya dengan melakukan hal yang dilarang agama dan Negara seperti memakai narkoba? Tentu tidak kawan !

Sejatinya pandemi karena ovid 19 ini memang fase kehidupan yang kita sebagai manusia tidak pernah memperkirakan sebelumnya. Ya, ini semua adalah kuasa Allah untuk menjadikan apa yang ada di bumi saat ini berjalan “tidak normal.” Mengapa saya menyebutknya tidak normal? Karena banyak bidang kehidupan yang sebelumnya mapan akhirnya tergerus dengan adanya pandemi yang menyebabkan banyak orang enggan untuk keluar rumah dengan alasan kesehatan.

Lalu adakah yang bertahan? Ada.

Siapa? Mereka yang masih teguh dengan kreativitasnya.

Ya, mereka yang masih teguh dengan jiwa kreativitas untuk mencari peluang di tengah tantangan kehidupan seberat apapun itu, adalah orang yang akan tetap bertahan bahkan saat pendemi melanda seperti sekarang ini.

Banyak yang mengeluh bahkan menggunakan narkoba sebagai pelarian menghadapi kenyataan hidup yang berat saat pendemi datang. Tapi apakah ini  menjadi solusi? Tentu saja tidak. Apa yang dilarang oleh agama dan Negara pasti mengandung kemaslahatan yang lebih besar, karena itulah apa yang dianjurkan oleh keduanya ini harus kita pegang teguh.

Lalu ada pertanyaan, “Dengan kondisi pandemic ini apa yang bisa dilakukan  di rumah?”

Banyak. Bahkan teman-teman para internet marketer menyebut bahwa hikmah dari pandemic ini adalah terjadi percepatan pada kebiasaan masyarakat dengan dunia yang seba online. Bayangkan, dulu orang terbiasa untuk keluar rumah untuk membeli makanan. Dengan adanya pandemic, maka kebiasaan itu sedikit bergeser dengan mereka banyak memesan makanan via online. Begitu juga dengan kebiasaan lainnya seperti kerja, kursus, seminar, dll semuanya diarahkan ke online. Karena itu di beberapa situs berita kita bisa menyaksikan bagaimana penghasilan ….. , sebagai pemilik aplikasi zoom (meeting online) naik drastic selama pandemic beberapa bulan lalu.

Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi hanya untuk seorang …… , karena sejatinya saat pandemic ini kita belajar banyak hal untuk meningkatkan kreativitas kita dengan cara meningkatkan kemampuan penunjang untuk segala hal yang berkaitan dengan kegiatan online.

Misalnya jika kita adalah orang yang kompeten pada satu bidang, kita bisa melakukan webinar dan kursus online dengan biaya yang terjangkau tapi dengan potensi jumlah peserta yang lebih besar dibanding saat kita melakukannya secara offline yang membutuhkan biaya besar, misalnya untuk sewa gedung dan konsumsi. Dengan cara online pembiayaan untuk dua hal tersebut bisa dipangkas.

Atau bagi Anda yang ingin belajar tentang berbagai hal, juga bisa melakukannya dengan mengikuti kursus, webinar yang makin marak saat ini dengan biaya yang sangat terjangkau. Ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk belajar hal-hal yang mungkin sudah lama Anda inginkan. Bisa jadi sekaranglah saat yang tepat untuk melakukannya, dengan pertimbangan; punya waktu yang cukup dan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Sebagai penulis saya mendapati banyak teman-teman penulis saya lainnya saat pendemi ini mereka mengikuti berbagai kursus dan webinar untuk mendukung profesinya sebagai penulis, misalnya belajar desain, fotografi, dll. Saya pribadi saat ini mengikuti kursus online tentang optimasi blog dan social media. Khususnya intagram dan fanpage Fb).

Saran saya jangan lupa juga untuk berolah raga rutin dalam seminggu, meskipun hanya dengan jalan-jalan keliling perumahan. Karena teralu lama di depan laptop juga tidak baik bagi kesehatan Anda.

Saat pandemic ini Anda juga bisa melakukan hal lain yang bermanfaat, misalnya dengan menyalurkan hobby di sekitar rumah, belajar hal baru yang bisa dipelajari lewat buku atau youtube dan mencoba untuk bisnis online, yang intinya dengan itu semua akan membantu membunuh rasa bosan Anda menjalani hari di rumah selama pandemic.

Bagi Anda yang ingin belajar tentang tehnik menulis, blogging dan internet marketing mulai dasar (untuk pemula) bisa berkunjung ke blog ini:

Blog belajar menjadi penulis, blogger dan internet marketer

Jadi, tidak ada alasan kan untuk terus mengeluh bahkan hingga memakai narkoba untuk menjalani hidup selama pandemi ini?

poster anti narkoba 9

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment