Sistematika Penulisan Makalah yang Benar. Membuat Makalah Mendapat Nilai Sangat Baik

PenulisKreatif.com – Sebagian orang mungkin masih menganggap bingung dalam pembuatan makalah dengan sistematika penulisan makalan yang benar. Apalagi saat Kamu menjadi mahasiswa baru (maba) ataupun pelajar, pasti saat pertama kali  pembuatan makalah menganggap bahwa makalah adalah salah satu tugas yang dapat memakan waktu, selain itu sulit dikerjakan.

Makalah adalah salah satu hasil karya berisi pemikiran yang bersifat ilmiah gagasan penulis. Pada makalah biasanya membahas mengenai hasil laporan  atau permasalahan dari penelitian. Semua pembahasan makalah yang ditulis termasuk pada lingkup ilmu pengetahuan.

Tentunya saat pembuatan makalah terdapat hal-hal yang perlu di perhatikan yaitu  sistematika penulisan makalah. Berikut ini dapat Kamu simak pembahasannya.

 

Sistematik Penulisan Makalah yang Benar 

Penulisan pada makalah harus disusun rapi, runtut serta sistematis sehingga pembaca mudah memahami isi dari makalah dan tertarik membaca. Berikut sistematika penulisan makalah yang perlu Kamu ketahui untuk penyusunan makalah dengan benar.

Ukuran Font dan Huruf

Agar memudahkan dalam membaca makalah yang Kamu buat, maka salah sistematika penulisan makalah yang perlu Kamu perhatikan yaitu memilih ukuran font. Dengan memilih font yang digunakan dan garis bersih yang standar, lalu untuk body text memilih ukuran standar huruf 12.

Terdapat beberapa ukuran font yang tersedia sehingga Kamu bebas untuk memilih ukuran font, namun biasanya ukuran font untuk penulisan makalah penelitian, ataupun makalah tugas sekolah yaitu menggunakan ukutan font Times New Roman ukuran huruf 12.

Spasi pada makalah

Supaya makalah yang di tulis rapi maka Kamu perlu mengatur spasi makalah. Biasanya jarak kertas yang dipakai saat pembutan makalah adalah 1,5. Beberapa penulisan pada karya ilmiah dan makalah juga menggunakan ukuran 2 dalam penulisannya. Sedangkan yang digunakanpada bagian abstrak spasinya menggunakan spasi 1.

Pengaturan Paragraf

Selanjutnya sistematika penulisan makalah yang perlu Kamu perhatikan adalah dalam pengaturan paragraph. Agar tulisan pada makalah yang Kamu tulis menjadi rapi maka sebaiknya  saat menulis Kamu menggunakan pengaturan paragraph rata kanan-kiri (justify).

Selain itu terdapat 3 pilihan lainnya yaitu rata kiri (left), rata kanan (right) dan rata tengah (center) yang biasanya digunakan untuk penulisan judul.

Nomor Halaman

Penggunaan nomor halaman pada makalah yang Kamu buat akan memudahkan dan membantu pembaca dalam menemukan apa yang akan pembaca cari dalam makalah yang Kamu buat. Biasanya nomor halaman pada makalah ditempatkan di sudut kanan bawah. Kamu juga bisa menempatkan nomor halaman pada tengah bawah ataupun pada kanan atas.

Pengaturan Margin

Supaya makalah yang Kamu buat terlihat rapi dan mudah dibaca oleh orang lain maka sebaiknya sistematika penulisan dalam makalah menggunakan pengaturan margin perlu Kamu terapkan dalam penulisan makalah.

Pengaturan margin yaitu mengatur jarak antara awal huruf dan batas kertas. Terdapat beberapa pengaturan margin yang perlu kamu ketahui yaitu top (atas), right (kanan), bottom (bawah) dan left (kiri).

Cara Pembuatan Cover

Cara pembuatan cover adalah salah satu sistematika penulisan makalah yang penting untuk diperhatikan karena cover adalah bagian dari awal makalah. Banyak pembaca yang menilai atau akan membaca makalah melihat dari covernya. Sehingga Kamu perlu membuat cover yang menarik dan rapi sehingga menarik untuk dibaca.

Sampul pada makalah yang biasanya disebut dengan cover. Beberapa isi dari cover yaitu judul pada bagian atas makalah, lambang instansi, nama dari penulis, nama instansi, tempat serta tahun pembuatan makalah. Rata tengah (centre) biasanya digunakan dalam penulisan cover sehingga terlihat rapi.

Abstrak

Abstrak merupakan bahasan pokok atau ringkasan makalah, tujuan dari penelitian, metode penelitian, hipotesis dan sedikit ringkasan/rangkuman pada makalah. Abstrak biasanya ditulis menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Bagian Daftar Isi

Bagian daftar isi berisikan informasi mengenai seluruh halaman pada isi makalah yang di tulis. Fungsi dari daftar isi yaitu agar orang lain lebih mudah dalam mencari informasi atau pembahasan pada isi makalah yang ingin dicari.

Bagian Pendahuluan

Isi dari pendahuluan makalah yaitu tentang permasalahan yang akan dibahas. Pendahuluan berisikan latar belakang, manfaat serta rumusan masalah. Isi dari bagian pendahuluan pertama yaitu latar belakang didalamnya membahas mengenai masalah atau persoalan pada makalah, manfaat serta topik ataupun judul untuk dibahas.

Isi dari bagian pendahuluan yang kedua yaitu rumusan masalah yang tentang rumusan permasalahan atau ruang lingkup yang menjadi batasan masalah pada saat penulisan makalah.

Bagian pendahuluan ketiga yaitu tujuan penulisan makalah. Tujuan penulisan makalah berisi mengenai tujuan tentang pembahasan yang di inginkan dan penjelasan mengenai maksud atau makna makalah berisikan tentang hal yang diinginkan sesuai konteks persoalan yang dibahas dan penjelasan maksud dari penulisan pada makalah.

Bagian Isi atau Pembahasan

Bagian isi atau pembahasan adalah bagian terpenting saat Kamu belajar mengenai sistematika penulisan makalah, termasuk hal penting yang perlu Kamu ketahui. Bagian isi atau pembahasan berisikan mengenai bahasan yang sesuai rumusan masalah yang ditulis dan tujuan pada pendahuluan.

Terdapat teori pendukung dari pembahasan yang akan dituliskan adalah referensi atau biasanya disebut dengan kajian pustaka. Pada bagian isi atau pembahasan pada umumnya berisikan mengenai pembahasan permasalahan serta cara memecahkan masalah yang akan dibahas dengan dibantu faktor pendukung.

Inti dari penulisan makalah yaitu terletak pada bagian isi atau pembahasan. Karena pada bagian isi atau pembahasan membahas luas mengenai permasalahan mengenai tema yang dibahas.

Bagian Penutup

Selanjutnya sistematika penulisan makalah yang perlu anda perhatikan adalah penutup. Penutup makalah berisikan mengenai kesimpulan serta saran dari isi makalah. Bagian penutup ditulis dengan singkat dan juga jelas sehingga mudah dipahami.

Isi penutup yang pertama yaitu kesimpulan atau yang biasa disebut dengan ringkasan yang berisi mengenai jawaban dari permasalahan pada makalah. Kedua, saran merupakan pendapat penulis mengenai materi atau tema yang akan dibahas.

Daftar Pustaka atau Referensi Makalah

Daftar pustaka makalah atau referensi makalah yang dicantumkan di makalah dimuat pada daftar pustaka. Biasanya referensi makalah berasal dari buku, jurnal pendukung, dan artikel yang terpercaya. Penulisan daftar pustaka  harus disusun sesuai dengan alfabetis serta secara sistematis menurut nama pengarang.

Terdapat beberapa bagian lain dari makalah yaitu meliputi lembar judul yang isinya seperti cover, lembar pengesahan yang berisikan tanda tangan dari pengajar yang telah menyetujui pada pembuatan makalah, kata pengantar yang berisi mengenai ucapan pembuka dan syukur pada awal makalah.

Selanjutnya daftar gambar berisikan daftar semua gambar yang ada pada makalah, daftar tabel yang berisikan daftar semua tabel yang ada pada makalah dan lampiran pada makalah yaitu data pendukung pada penulisan makalah.

Demikian beberapa sistematika penulisan makalah yang benar yang perlu Kamu terapkan saat menulis makalah dengan tujuan agar pembaca lebih tertarik untuk membaca dan memahami isi dari makalah. Selain itu makalah yang Kamu tulis akan terllhat rapi sesuai dengan sistematika penulisan makalah.

 

 

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment