Tips Hemat Beriklan untuk Bisnis. Review Buku Revenue Growth Habit karya Alex Goldfayn

PenulisKreatif.com – Tips Hemat Beriklan untuk Bisnis. Banyak dari kita memimpikan untuk mengiklankan bisnis kita di suatu lokasi yang sangat stategis, misalnya di badan bus kota maupun di tempat umum yang banyak didatangi pengunjung. Sayangnya, banyak juga yang menyadari bahwa hal itu cukup memakan biaya yang sangat besar.

Kabar baiknya, dalam buku ini akan dibahas beberapa metode untuk mengatasi permasalahan di atas. Buku ini berisi kumpulan strategi untuk meningkatkan pendapatan serta meningkatkan eksposur kepada pelanggan potensial baru maupun yang sudah ada. Metode yang digunakan cukup cepat, mudah, dan hemat biaya.

Cara Menggunakan Testimoni untuk Iklan menurut Alex Goldfayn

  1. Pemasaran efektif tanpa memerlukan banyak waktu, tenaga, dan uang

Banyak dari kita mungkin berpikir bahwa penjualan yang memuaskan adalah hasil kerja dari iklan yang memakan biaya cukup mahal.

Seperti halnya iklan yang tayang di televisi, tentunya produsen produk dan layanan tersebut mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Sayangnya, terkadang iklan yang muncul di TV, tidak dipahami langsung oleh para penonton. Mereka tidak yakin persis dengan apa yang diiklankan.

Maka dari itu, pentingnya sebuah strategi iklan yaitu fokus pasa audiens target kita. Jadi, daripada kita beriklan secara acak kepada banyak orang, lebih baik kita berfokus menyebarkan iklan kepada target yang kemungkinan besar akan tertarik dengan produk atau layanan kita.

Tren yang berkembang saat ini adalah iklan dengan secara tidak langsung mengiklankan produk atau layanan tersebut, dengan kata lain kita sering menyebut soft selling.

Tren lain adalah dengan beriklan di media sosial, seperti twitter maupun facebook. Namun, tidak selamanya jumlah like dan retweet akan meningkatkan penjualan kita.

Metode lain yang mudah digunakan adalah pemasaran melalui email. Kita dapat menggunakan platform semacam MailChimp untuk mengirimkan satu email kepada setiap audiens target kita. Cara ini cukuplah mudah dan murah karena tidak ada biaya untuk mengirimkan email ke calon pelanggan potensial kita.

Namun, yang terpenting dari semuanya adalah mengomunikasikan dengan jelas tentang manfaat dari produk dan layanan kita.‌

 

  1. Menggunakan testimoni sebagai bahan iklan yang gratis

Banyak manajer bisnis yang terjebak memasarkan produk atau layanan mereka dengan menjelaskan cara kerja produk serta keunggulan mereka dibanding kompetitor. Padahal, apakah kamu tahu bahwa calon pelanggan mungkin saja tidak mempercayai kata-kata pabrik? Mereka tentunya lebih percaya dengan kata pelanggan lain.

Pemasaran yang efektif lainnya adalah dengan menjelaskan tentang tujuan produk dan layanan yang kita tawarkan. Bagaimana produk dan layanan kita meningkatkan kehidupan pelanggan karena manfaatnya. Dan tentunya, yang kita butuhkan adalah testimoni pelanggan.

Selain gratis, testimoni memberikan informasi terkait pelanggan yang berbahagia dan puas dengan produk dan layanan kita. Mereka dengan sukarela memberikan opini yang jelas tentang produk dan layanan kita. Tidak perlu banyak usaha untuk mengumpulkan testimoni.

Langkah yang bisa dilakukan :

Setelah penjualan dilakukan, tindak lanjuti pelanggan tersebut dengan meminta umpan balik serta tingkat kepuasan mereka terhadap produk dan layanan kita. Sampaikan pada mereka bahwa itu sangat penting bagi kita untuk evaluasi.

Berikan pertanyaan menyelidik yang mengonfirmasi, seperti “Bagaimana perusahaan Anda memperoleh manfaat dari produk kami?”, atau “Seberapa besar pertumbuhan bisnis Anda setelah menggunakan layanan kami?”, dan lain sebagainya.

Jadi, daripada kita bingung dengan mahalnya biaya iklan, kita dapat menggunakan testimoni ini sebagai iklan tanpa biaya.

 

  1. Metode panggilan telepon dan surat tulisan tangan

Metode kali ini cukup efektif dan berguna untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada. Memang lebih membutuhkan sedikit usaha dan waktu, dibandingkan dengan mengirimkan email. Namun, pelanggan akan merasa kita peduli dengan mereka dan hubungan akan tercipta lebih baik.

Panggilan telepon akan bersifat lebih personal dan langsung, dibandingkan email. Cara ini efektif untuk membuat pelanggan kita merasa penting bagi kita. Metode ini akan meyakinkan pelanggan bahwa mereka lebih dari sekedar statistik. Metode ini pun tidak akan lebih dari 5 menit.

Misalnya, kita sebagai manajer hotel. Bayangkan betapa terkejutnya pelanggan kita jika kita menyempatkan menelepon mereka untuk sekedar menyapa atau mungkin mengucapkan selamat untuk hari-hari besar mereka. Hubungan yang tercipta tentu akan semakin kuat dan membantu menjamin pesanan berulang.

Begitu juga untuk surat dengan tulisan tangan. Ini menunjukkan kepada mereka tentang sikap yang sederhana, namun tetap berkesan bagi mereka. Ini dapat memperkuat komitmen antara bisnis kita dengan mereka. Kita hanya perlu berinvestasi untuk pena dan kertas berkualitas yang akan lebih baik jika diberikan logo perusahaan kita.

Jika tulisan tangan langka saat ini, bisa jadi kiriman dari kita menjadi satu-satunya dan berbeda dari yang lain.

Review Buku Revenue Growth Habit karya Alex Goldfayn

  1. Menggunakan buletin untuk memastikan pelanggan tahu semua penawaran kita

Teknik berikutnya untuk meningkatkan penjualan kita adalah dengan memastikan pelanggan lama maupun calon pelanggan potensial mengetahui seluruh produk, penawaran, dan manfaat produk atau layanan kita untuk mereka.

Jangan salah, ternyata pelanggan tetap yang sering berkunjung ke toko kita pun, hanya mengetahui seperempat dari produk toko kita. Padahal, seharusnya tiga perempat lainnya juga dibutuhkan dan bermanfaat bagi mereka.

Maka dari itu, langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan buletin. Buletin ini berisikan informasi seluruh produk maupun layanan, artikel yang berisikan informasi dunia dan tren yang berkaitan dengan bisnis kita maupun pelanggan, testimoni, dan juga promosi yang sedang berjalan.

Mengirimkan buletin tersebut secara reguler akan membuat kita berada di benak para pelanggan. Dengan adanya artikel di dalam buletin yang diberikan secara gratis, akan membuat mereka pun merasa senang. Testimonial juga akan membuat mereka yakin dan tidak bias dengan produk atau layanan yang kita tawarkan.

Dengan ini, buletin akan membantu kita untuk memastikan pelanggan bahwa kita adalah tempat pertama yang mereka tuju jika membutuhkan produk atau layanan serupa.

 

  1. Meningkatkan eksposur dan menyoroti nilai produk dengan webinar dan pengadaan acara

Seperti yang kita ketahui, you tube dan video online menjadi cara yang fantastis untuk menjangkau banyak orang saat ini. Ini dapat kita manfaatkan dengan membuat sebuah webinar.

Webinar adalah presentasi online untuk para calon pelanggan potensial maupun pelanggan lama, untuk menginformasikan mengenai produk dan layanan yang kita sediakan. Kesempatan ini dapat kita manfaatkan untuk membuat pelanggan mengenal produk kita lebih dalam dan memperoleh hal baru setelahnya.

Pembuatan video webinar tidak memerlukan biaya yang mahal. Cukup mempersiapkan ponsel maupun komputer untuk merekam video kita, serta pencahayaan yang tepat. Setelah itu kita bisa mengunggahnya di kanal you tube kita agar bisa mereka unggah sewaktu-waktu.

Selain webinar, pengadaan acara perusahaan juga menjadi salah satu teknik yang bisa dilakukan. Mungkin akan mengeluarkan biaya yang tak sedikit, namun peningkatan penjualan yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi dibanding yang kita keluarkan.

Kita dapat mengundang banyak pihak disini. Mulai dari pelanggan tetap yang telah menjalin hubungan baik dengan kita, calon pelanggan potensial, maupun pelanggan baru kita. Biarkan mereka berbaur dalam acara tersebut. Dan tanpa kita melakukan penjualan, mereka akan melakukannya untuk kita.

Bahkan, di suatu perusahaan rela mengeluarkan uanh $20.000 untuk membiayai tiket pesawat seorang pelanggan yang penting dan memperlihatkan prospek yang baik dengan perusahaan kita. Mereka dibiayai makan malam yang mewah, diajak melakukan tur ke beberapa fasilitas produksi kita, dan lain sebagainya.

Cerita di atas mungkin terkesan boros bagi suatu perusahaan, namun ingatlah bahwa itu adalah bentuk investasi ke depannya untuk sebuah peningkatan penjualan.

 

  1. Bertindaklah sekarang!

Setiap harinya, kita harus meluangkan waktu untuk memikirkan dan melakukan tindakan sekecil apapun itu, yang akan membantu menghasilkan peningkatan pendapatan.

Kita seringkali terjebak dalam rutinitas setengah sadar. Menghabiskan sebagian besar hari untuk memperbaiki masalah saja, tanpa menjadi proaktif dan mengembangkan bisnis kita.

Ingat, tidak ada waktu yang lebih baik dibanding hari ini. Dan ingatlah pula bahwa menciptakan perubahan tidak memerlukan tindakan yang besar, namun mulai dengan langkah kecil yang dilakukan hari ini.

Tentukan sedikit perencanaan untuk memudahkan kita bertanggung jawab dan menindaklanjuti prosesnya. Itu tidak harus sempurna di awal, namun harus segera terjadi. Jika kita menunggu itu harus sempurna terlebih dahulu, itu bisa jadi malah tidak akan terjadi sama sekali.

Kita bisa saja menghabiskan setengah tahun untuk merencanakan dan mengotak-atik format. Tanpa kita sadari, kita kehilangan potensi pendapatan yang bisa jadi kita dapatkan saat itu.

Jadi, tentukan strategi dan segera eksekusi. Bersiaplah untuk sumber pendapatan yang terbuka.

Ingin memiliki bukunya ? Beli disini saja

Kesimpulan :

Tidak perlu biaya, waktu, dan tenaga ekstra untuk melakukan pemasaran produk dan layanan perusahaan kita. Lakukan tips-tips di buku ini dan cobalah mana yang paling bekerja untuk perusahaan masing-masing.

Apa yang bisa dilakukan?

Perbaiki hubungan baik dengan pelanggan potensial.

Leave a Comment