Ukuran Margin Makalah. Bagaimana Standar yang Benar ?

Tiba pembahasan kita pada ukuran margin makalah. Sebagaimana yang kita keahui bahwa makalah adalah salahsatu jenis karya ilmiah yang penulisannya dijadikan syarat untuk penilaian studi seseorang atau beberapa orang (kelompok). Karena jenisnya yang ilmiah inilah maka makalah mempunyai beberapa aturan, diantaranya untuk marginnya.

Untuk membahas tentang ukuran margin ini, maka kita harus menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan itu. Dengan menjawab beberapa pertanyaan dalam artikel ini diharapkan Anda akan lebih paham tentang standar ukuran margin dalam makalah yang benar.

Pertanyaan yang biasa ditanyakan ini baik dari segi teknis penulisan, sampai pada teknis pengoperasian program computer, tentunya karena ada beberapa yang belum terbiasa menggunakan Microsoft word, bagi mereka yang duduk di sekolah menengah.

Beberapa Pertanyaan tentang Ukuran Margin Makalah

Apa yang dimaksud dengan margin?

Sesuai dengan artinya, yaitu batas, maka margin yang dimaksud disini adalah  batas jarak yang ada antara dokumen yang akan dibuat dengan tepi kertas. Atau bisa dikatakan bahwa margin adalah ruang kosong antara tepi dokumen dengan tepi kertas yang tampil dalam sebuah layar.

Margin sendiri terdiri dari empat bagian, yaitu batas kanan, kiri, atas dan bawah.

Apa itu margin makalah?

Margin makalah adalah batas antara dokumen (yang berisi tulisan) dengan tepi kertas yang ada dalam sebuah makalah. Biasanya ukuran margin ini telah ditentukan oleh setiap universitas atau ada juga yang membebaskan untuk setiap mahasiswanya untuk memakai margin makalah.

Berapa ukuran margin makalah yang benar ?

Ukuran margin yang benar atau yang biasa dipakai untuk makalah adalah margin 4433. Margin ini biasa dipakai untuk penulisan karya ilmiah karena ada pertimbangan untuk penjilidan, jadi membuat lebih lebar untuk sisi kiri dan atasnya.

Margin 4433 maksudnya bagaimana?

Maksud dari margin 4433 adalah margin penulisan yang memberi batas masing-masing: 4 cm untuk bagian atas, 4 cm untuk bagian kiri, 3 cm untuk bagian bawah dan 3 cm untuk bagian kanannya.

Sebagaimana dijelaskan diatas, bagian kiri dibuat lebih lebar dari bagian kanan, karena bagian kiri dari kertas dipakai untuk menjilid makalah. Jadi saat makalah sudah jadi, bisa tetap bisa membacanya dengan nyaman meskipun sudah terjilid dengan rapi.

Berapa ukuran margin normal A4 untuk makalah?

Untuk kertas ukuran A4 yang umum dipakai untuk pembuatan makalah, margin yang dipakai tetap 4433. Meskipun kadang ada kebebasan dari dosen bagi mahasiswa untuk menentukan jenis kertas yang diapakai, tapi margin yang umum dipakai untuk karya ilmiah adalah 4433. Hal ini juga berlaku untuk makalah.

Pemakaian kertas A4 memang banyak dipakai untuk penulisan karya ilmiah. Dengan bentuknya yang relative kecil dibanding ukuran kertas lainnya, membuat penulisan dalam kertas A4 ini bisa mencapai jumlah halaman yang cukup banyak.

ukuran margin makalah ms word

Bagaimana cara mengatur margin di Microsoft word?

Pertanyaan terakhir yang biasa ditanyakan oleh mereka yang mungkin belum terbiasa menggunakan Microsoft word adalah bagaimana mengatur margin di program computer yang paling familiar di dunia ini.

Microsoft word yang umum dipakai oleh sebagian besar pengguna computer atau laptop di dunia, maka banyak pertanyaan dari mereka yang masih awam dengan penggunaanya, menanyakan pertanyaan diatas.

Sebenarnya di Microsoft word (word) setiap halaman secara default (bawaan) memiliki margin satu inci (1 inci). Ini adalah pengaturan normal, tanpa settingan dari kita. Tapi karena untuk penulisan makalah ditentukan marginnya, misalnya 4433, maka dalam hal ini penulis dapat memilih sendiri pengaturan margin sesuai ketentuan penulisan makalah.

Caranya cukup mudah. Yaitu cukup dengan melakukan tahapan sebagai berikut:

  • Klik pada bagian Page Layout
  • Selanjutnya pilih margin
  • Setelahnya akan muncul pilihan ukuran margin,
  • Pilih “custom margin,” dan masukkan angka-angka sesuai dengan ukuran makalah Anda. Misalnya untuk margin 4433, maka atur untuk margin kiri: 4, atas: 4, kiri: 3, dan bawah: 3.

Begitu mudah kan caranya. Hanya dengan beberapa langkah diatas, Anda sudah memenuhi standar ukuran margin  yang ditetapkan oleh kampus Anda dalam pembuatan makalah.

Semoga dengan memahami berbagai hal teknis tentang margin makalah diatas akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan tugas makalah yang diberikan guru / dosen kepada Anda. Usahakan untuk mengikuti apa yang telah kami sampaikan pada penjelasan diatas.

Semoga juga dengan membaca artikel sederhana ini makalah yang Anda buat mendapatkan nilai yang memuaskan, sehingga bermanfaat untuk kelancaran study Anda. Karena setiap nilai yang Anda peroleh dari setiap tugas-tugas dan ujian di tempat Anda belajar akan berpengaruh pada hasil akhir kelulusan Anda.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita tentang Ukuran Margin Makalah yang Baik dan Benar. Anda juga bisa mendapatkan referensi tentang Cara Membuat Makalah di postingan lain dalam website ini. Jangan lupa untuk selalu berkunjung untuk  mendapatkan informasi terbaru tentang panduan menulis di website jasa penulisan terbaik di Indonesia ini. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar jika ada yang kurang jelas atau kesalahan dari penulisan kami.

Semoga bermanfaat dan salam literasi Indonesia !

 

Kata kunci: Ukuran margin 4433, ukuran margin makalah kertas A4, ukuran margin normal, ukuran rata kanan dan rata kiri pada makalah,

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment