Jasa Penulisan Sustainability Report Untuk Membuat Laporan Berkualitas

Jasa Penulisan Sustainability Report – Di era yang serba terbuka ini, Sustainability Report atau laporan keberlajutan suatu perusahaan memang terbilang cukup penting bagi banyak pihak terutama investor dan pemerintah. Sesuai aturan yang dikeluarkan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sebagai regulator mewakili Pemerintah, perusahaan yang telah terdaftar pada bursa saham diwajibkan untuk menyerahkan Sustainibility Report. Namun, belum semua perusahaan yang mengerjakannya karena satu dan lain hal, seperti tidak adanya sumber daya yang memadai untuk penulisannya. Di sini sebagai jasa penulisan sustainability report, kami hadir untuk memberikan solusi pembuatan report tersebut bagi perusahaan Anda.

Definisi dan Tujuan Sustainability Report

Sustainability report atau yang biasa dikenal dengan istilah laporan keberlanjutan adalah laporan yang dibuat setahun sekali oleh suatu perusahaan atau organisasi kepada para pemangku kepentingan (stakeholders) dimana berisikan tentang kinerja perusahaan dalam bidang ekonomi, sosial dan lingkungan. Laporan keberlanjutan ini merupakan refleksi hasil kerja yang telah dicapai sebuah perusahaan selama setahun ke belakang. Dengan menghadirkan hasil pencapaian tahun-tahun sebelumnya, pihak-pihak terkait yang membaca Sustainability Report akan mendapatkan gambaran umum tentang kemajuan sebuah perusahaan.

Penulis Sustainability Report 1

Secara sederhana, Sustainability Report adalah sebuah media yang akan menggambarkan dengan ringkas dalam bentuk pelaporan aktivitas perusahaan, yang dalam hal ini meliputi beberapa aspek. Adapun aspek standar yang harus ada dalam Sustainability Report adalah :

  1. Ekonomi, yaitu mengenai hasil yang didapatkan oleh perusahaan beserta para stakeholdernya di bidang ekonomi.
  2. Lingkungan, yaitu dampak kehadiran suatu perusahaan terhadap lingkungan dan makhluk di sekitarnya baik darat, air maupun udara.
  3. Masyarakat, yaitu hasil kontribusi apa sajakah yang sudah diberikan oleh suatu perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat dan sekitarnya.
  4. Tanggung jawab produk, merupakan deskripsi keseluruhan tentang produk yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan.
  5. Sosial, yaitu melingkupi semua kegiatan sosial yang sudah dilakukan oleh perusahaan beserta perincian kegiatannya.

Sustainability report ditujukan untuk menjalin komunikasi dari perusahaan kepada para pemangku kepentingan. Para pemangku kepentingan ini diantaranya adalah para pemegang saham, OJK sebagai regulator, pemerintah, masyarakat, nasabah atau pelanggan, media massa, asosiasi industri, pesaing, mitra kerja, karyawan dan bahkan lembaga swadaya masyarakat. Semua pihak diharapkan akan mendapatkan gambaran tentang kinerja perusahaan dengan jelas dan transparan.

Penulis Sustainability Report 5

Manfaat Jasa Penulisan Sustainability Report

Mempercayakan penulisan Laporan keberlanjutan pada sebuah jasa pembuatan Sustainability Report merupakan pilihan yang bijak. Perusahaan Anda membutuhkan sebuah laporan yang baik dan berkualitas. Pembuatan Sustainability Report sejatinya berbeda dengan Laporan Tahunan Perusahaan, meskipun masih banyak dari perusahaan yang menyadur dari laporan tersebut. Dalam menyusun laporan ini tidak bisa dilakukan dengan menyambi pekerjaan lain karena membutuhkan konsentrasi yang terfokus.

Mengingat fungsi dan tujuan laporan keberlanjutan ini, menggunakan jasa penulisan termasuk pilihan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa manfaat jika Anda menggunakan jasa penulis Sustainability Report. Diantaranya adalah :

  1. Laporan sesuai Standar yang Berlaku

Setiap laporan memiliki format dan standard baku yang setidaknya harus dipenuhi baik itu laporan bulanan, tahunan, CSR ataupun laporan keberlanjutan. Sebuah laporan tidak hanya berisi diagram, bagan, tabel ataupun grafik yang rumit saja, namun juga harus bisa dimengerti oleh para pembacanya. Terlebih lagi membuat sebuah laporan perusahaan dimana akan dikonsumsi oleh banyak pihak di luar organisasi, hal ini memang bukan perkara yang mudah. Laporan tersebut harus bisa mewakili sekaligus menjadi juru bicara atas nama perusahaan, namun juga tetap mudah dipahami oleh pembacanya.

Tim jasa penyusunan Sustainability Report pada umumnya terdiri dari orang-orang yang terpercaya dan berpengalaman. Terpercaya karena mereka akan memegang beberapa data-data penting yang dibutuhkan untuk menyusun laporan, dan berpengalaman karena biasanya mereka adalah orang-orang ahli di bidang ini dan mengerti standarisasi penulisan laporan. Jadi, jika Anda memilih menggunakan jasa penulisan, Anda telah melakukan langkah yang tepat.

  1. Laporan lebih Baik dan Berkualitas

Laporan keberlanjutan yang dihasilkan akan lebih baik dan berkualitas. Dengan demikian, laporan ini akan lebih tepat sasaran. Tidak mudah membuat sebuah Sustainability report secara menyeluruh, ditambah aspek eksternal seperti lingkungan dan sosial yang harus ada.

Tidak dipungkiri bahwa laporan keberlanjutan ini harus dilakukan secara bertahap agar mendapatkan hasil yang maksimal. Mulai dari proses persiapan data, proses penulisan, proses penyuntingan, verifikasi ketepatan dan keakuratan data hingga akhirnya didapatkan sebuah draft akhir yang telah disetujui pihak-pihak terkait untuk kemudian diterbitkan sebagai Sustainibility Report. Sebuah proses yang cukup panjang dan memakan waktu jika harus dilakukan oleh internal perusahaan, dimana pada umumnya mereka telah memiliki jobdesk tersendiri yang harus dilakukan.

Penulis Sustainability Report 8

Keunggulan Jasa Penulisan Sustainability Report Penuliskreatif.com

Penting untuk diingat bahwa memilih jasa penulisan Sustainability Report harus dilakukan dengan seksama dan Penuliskreatif.com adalah tempat yang tepat. Kami memiliki beberapa keungulan yang bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan penulisan laporan keberlanjutan. Diantaranya adalah :

  1. Penulis yang Berpengalaman

Sebagai tempat jasa penulisan sustainability report, penuliskreatif.com memiliki sumber daya manusia berpengalaman yang telah menyelesaikan Sustainability Report dan laporan-laporan perusahaan bonafit yang lainnya. Beberapa perusahaan bahkan telah menggunakan jasa kami untuk mengurus dan mengelola konten perusahaannya serta membuat laporannya selama bertahun-tahun. Dengan bekal tersebut, kami yakin bahwa tempat kami cukup berkualitas untuk menerima kepercayaan yang Anda dan perusahaan berikan.

  1. Penulis yang Teliti

Ketelitian adalah salah satu sikap yang mutlak dibutuhkan dalam proses penulisan laporan apapun. Ketelitian membuat seseorang mampu membaca data dengan tepat dan akurat, dengan demikian kesalahan akan dapat diminimalisir. Bagi seseorang yang tidak pernah berkecimpung dalam suatu perusahaan, membaca data bisa menjadi suatu hal yang tidak mudah. Namun dengan sifat teliti, keseluruhan data dan informasi dari perusahaan akan terefleksi dengan tepat dalam laporan.

  1. Penulis yang Kooperatif

Penulisan laporan tidak bisa dilakukan dalam sekali atau dua kali proses. Dibutuhkan proses yang berkelanjutan agar menghasilkan Sustainability Report yang berkualitas. Kami jasa penulisan Sustainability Report terdiri dari orang-orang yang kooperatif yang akan siap sedia menerima masukan, kritik dan juga saran. Kami tidak menutup kemungkinan untuk berbagi ide dan pendapat demi terciptanya laporan yang menyeluruh.

  1. Penulis yang Kreatif

Kreativitas dibutuhkan dalam menulis laporan agar bahasa yang digunakan tidak monoton, gambar yang ditampilkan tidak membosankan ataupun format yang digunakan tidak lagi kuno. Meskipun Sustainability Report sifatnya agak formal, namun tim penuliskreatif.com tidak mengesampingkan unsur keindahan agar pembacanya tidak gampang bosan. Laporan yang menarik dari segi bentuk dan visualisasi akan lebih nyaman dan menyenangkan untuk dibaca. Jika pembacanya merasa nyaman, isi laporan akan lebih mudah dipahami. Inilah salah satu keunggulan kami sebagai penyedia jasa penulisan Sustainability report.

Perusahaan yang menerbitkan Sustainability Report bisa dikatakan perusahaan yang cukup bonafit dan terpercaya, karena bagaimanapun juga laporan ini akan dijadikan bahan acuan dan bahan pertimbangan oleh banyak pihak terutama investor jika mereka hendak menanamkan modalnya. Itulah yang menjadi alasan mengapa pembuatan Sustainability Report harus tepat. Kepercayaan yang Anda berikan kepada kami, jasa penulisan sustainability report, merupakan hal berharga yang akan kami jaga. Memberikan Anda sebentuk laporan keberlanjutan yang terbaik dan berkualitas adalah tujuan kami. Jangan ragu untuk menghubungi Penuliskreatif.com segera.

Penulis Sustainability Report

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment