Rincian Biaya Jasa Penulisan Buku Murah di Indonesia

PenulisKreatif.com – Salam sahabat, pembahasan kita kali ini adalah tentang rincian biaya jasa penulisan buku murah. Ini saya bahas karena ada pertanyaan dari Anda baik melalui kolom komentar di blog ini atau langsung melalui chat ke WA saya di 085711494600

Ok, selain menanyakan tentang jasa penulisan buku yang murah, biasanya teman-teman menanyakan tentang jasa ghost writer murah. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa jasa ghost writer sendiri adalah salah satu jenis jasa penulisan yang sedang banyak dicari saat ini.

Lanjut, bahwa jasa penulisan buku itu memang biayanya beragam. Tidak bisa disamakan satu sama lain. Penulis yang satu dengan yang lainnya juga mematok harga yang berbeda, jadi tidak bisa kita membandingkan harga penulis A dengan B, C, dst.

Tapi sekali lagi isaya tekankan disini bahwa biaya menulis buku tidak bisa disamakan dengan jasa penulis artikel. Jadi tidak bisa kita sebagai klien menghitung biaya per halaman menulis artikel disamakan dengan menulis buku. Misalnya menulis artikel dengan panjang 500 kata (1,5 halaman A4) biayanya 20 ribu. Lalu kita menyamakan untuk menulis buku biayanya sama dengan itu. Tentu tidak sama, karena untuk menulis buku memmbutuhkan proses berpikir yang lebih berat dan harus bisa menyatukan tulisan yang berupa sub judul/ sub bab/ artikel menjadi satu kesatuan sebuah buku.

Lalu berapakah idealnya biaya jasa penulisan buku yang dipatok oleh seorang penulis profesional?

Menurut saya biaya terendah untuk menulis buku adalah 100 ribu rupiah. Jika pun ada yang memberikan biaya yang lebih rendah itu adalah kebijakan seorang penulis, yang mungkin berniat untuk membantu kliennya. Tapi semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan klien. Karena saya sendiri mengalami, banyak sebenarnya calon klien yang sebenarnya secara materi mampu memberikan fee yang memadai, tapi dia kurang menghargai profesi menulis ini. jadi ya seperti tadi, menganggap sama profesi penulis buku dengan penulis artikel.

Seperti saya saat itu pernah diminta untuk membantu penulisan buku oleh seorang akademisi yang saya tahu fungsinya untuk apa, karena saya juga dulu seorang pengajar juga. Biasanya dengan menulis buku seseorang akan bertambah nilai kualifikasinya sebagai pendidik. Yang disayangkan adalah kadang klien ingin mendapatkan apa yang diinginkannya, dengan tidak memberikan hal yang sepadan kepada penulis. Karena itulah saat itu saya menolak, meskipun dia menjanjikan saya untuk mendapatkan royalti penulis buku pelajaran pada setiap penjualan bukunya.

Mengapa saya menolaknya? Karena saya bukan orang baru dalam dunia penulisan. Alhamdulillah saya sudah tahu berapa gaji seorang penulis di penerbit dan juga berapa pendapatan seorang penulis freelance. Ya, saya sudah pernah menjalani dua profesi ini, jadi tahu pahit manisnya bagaimana. Juju,r dibanding saya harus membantu seorang klien yang tidak mau membayar biaya penulisan yang saya tawarkan dengan menjanjikan nanti berbagi royalti, saya lebih memilih untuk menyediakan jasa penerbitan atau jasa membuat buku.

Begitulah saya sebagai seorang penulis freelance. Setiap pertanyaan dari calon saya jawab, termasuk jika dia menanyakan rincian biaya penulisan buku yang saya sediakan. Tapi kembali lagi, profesi ini adalah profesi profesional, profesi yang membutuhkan oleh pikir dan rasa. Karena itu biaya yang kami tawarkan tentu saja sesuai dengan yang klien terima, ia bisa mendapatkan hasil tulisan sesuai yang diinginkan dengan tetap bisa menjalani aktivitas kesehariannya, tanpa harus terganggu dengan mengumpulkan, mengolah dan riset data hingag menuliskannya, karena semua itu kami yang mengerjakan sebagai penyedia jasa penulisan buku Anda.

Apakah kami hanya malayani klien jasa penulisan buku di Jabodetabek?

Tidak. Kini semua bisa dijangkau dengan berbagai media online, jadi jika ada yang membutuhkan jasa penulisan buku di Bandung, Surabaya, Bali dan berbagai kota di Indonesia pun kami siap membantu. Untuk biaya penulisa tentunya tidak ada perbedaan antara satu kota dengan kota lainnya. Yang membedakan hanyalah transportasi dan akomodasi yang disediakan klien untuk kami jika domisilinya diluar Jabodetabek. Tapi itu semua sesuai kesanggupan klien tujuan kami adalah membantu proses penulisan buku sehingga buku yang diinginkan bisa terwujud dengan hasil yang memuaskan.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang Rincian Biaya Jasa Penulisan Buku Murah di Indonesia. Anda bisa menanyakan kepada saya tentang berbagai hal tentang pembahasan diatas. Insaa Allah akan saya jawab semampu saya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah kolom komentar ya sahabat. Anda juga bisa mendapatkan bacaan tantang Jasa Penulisan Buku di blog kami yang lainnya.

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Pengunjung Juga Mencari:

  • biaya jasa penulisan sejarah
  • biaya menulis
  • biaya penulisan buku

Leave a Comment