Apa Pengertian Content Strategist yang Paling Mudah Dipahami?

Banyak yang bertanya kepada saya, apa sih pengertian content strategist? Karena memang di mesin pencari sering menemukan blog saya ini di puncak hasil pencarian mesin pencari. Pertanyaan ini akan saya jawab semampu saya dan dengan cara yang mudah dipahami ya. Semoga memberi manfaat bagi Anda dan juga tidak bosan berkunjung ke blog kita ini nantinya.

Mungkin di blog lainnya Anda akan mendapatkan pengertian yang beragam tentang content strategist ini. Karena itu kali ini saya akan mencoba memberikan pengertian yang lebih mudah.

Sebaimana dua kata yang ada, content strategist, maka pemahaman termudah adalah bagaimana kita bisa memberikan konten yang sesuai untuk setiap postingan kita. Jadi maksudnya adalah saat kita akan posting di sebuah media sosial satu, tidak bisa menyamakan saat kita akan posting di media sosial lainnya.

Misalnya, pernah saya memosting tentang video inspiratif seorang Ibu tua berusia 80 tahun yang masih berjualan, sedangkan suaminya yang sakit di rumah sudah berusia 95 tahun. Mereka berdua tidak memiliki anak. Bayankan bagaimana kondisi dan kesedihan keduanya saat itu mendapatkan cobaan dari Allah. Saat saya posting di Linkedin dan Facebook, tanggapannya sangat jauh berbeda.

Di Facebook, hanya ada sedikit like dan komen. Sedangkan di LInkedin, hingga saat ini postingan itu masih mendapatkan ratusan like (saat ini 800an lebih) dengan 100 share dan puluhan komen. Dan yang lebih mengharukan lagi, ada seorang Direktur sebuah perusahaan dari Malaysia yang berkenan membantu si nenek yang ada di video. Sungguh saya tersentuh. Padahal niat awal saya membagikan video tersebut hanya ingin membedakan bagaimana interaksi dua sosial media tersebut.

Dari contoh diatas kita bisa tahu bagaimana jenis pengguna sebuah sosial media. Bagi saya Linkedin saat ini memang lebih baik dibanding media sosial lain, meski notabene adalah sosial media terbesar di dunia. Bukan salah media sosialnya, tapi memang pengguna yang ada disana yang menentukan respon terhadap konten yang kita bagi; dengan konten tulisan dan video yang sama, hasilnya bisa berbeda.

BACA JUGA   Bagaimana Content Strategy yang Tepat Bagi Sebuah Blog dengan Niche Spesifik?

Dengan pemahaman tentang content strategist diatas, semoga Anda bisa mendapatkan gambaran, seperti apa sih konten yang sesuai untuk Facebook, Linkedin, Instagram, Youtube atau sosial media lainnya yang tentu Anda sendiri yang tahu untuk apa semua sosial media itu dibuat.

 

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment