Cara Membuat Kesimpulan Makalah dengan Mudah. Bagaimana Caranya?

Bagaimana cara membuat kesimpulan makalah? Pertanyaan ini penting untuk membuat makalah Anda menjadi menarik dan enak dibaca. Karena dengan membuat kesimpulan makalah yang baik, maka setidaknya pembaca akan bisa terbantu untuk menyimpulkan isi dari makalah yang Anda buat.

Bagi seorang pengajar, atau juga berlaku bagi orang lain, jika di depannya ada banyak makalah, pasti yang dibaca adalah kesimpulannya dulu. Jika ia menemukan makalah dengan kesimpulan yang baik, maka ia akan tertarik untuk membaca makalah tersebut. Begitu juga sebaliknya.

Kesimpulan makalah bagaikan synopsis sebuah buku. Jika synopsis itu menarik, maka banyak orang yang tertarik untuk membacanya. Tapi memang membuat kesimpulan makalah yang menarik tidak semua mahasiswa bisa melakukannya.

Karenanya dalam artikel ini kami coba untuk membuat panduan sederhana cara membuat kesimpulan makalah yang enak dibaca, semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi Anda yang saat ini dalam proses mengerjakan sebuah makalah sebagai salahsatu tugas yang harus dikerjakan untuk syarat kelanjutan studi Anda.

Tahapan Cara Membuat Kesimpulan Makalah

Untuk membuat kesimpulan makalah setidaknya ada beberapa tahap, diantaranya sebagai berikut:

  1. Membaca Ulang Pembahasan Makalah

Setelah Anda menyelesaikan penulisan makalah (selesai menulis semua pembahasan / isi makalah, cob abaca ulang apa yang telah Anda bahas. Dengan kita sering membaca ulang apa-apa yang sudah kita tulis, maka kita terbantu untuk bisa menyimpulkan apa isinya.

Kesimpulan makalah yang baik adalah yang bisa merangkum semua yang dibahas dalam makalah, meskipun jumlah kata dalam kesinpulan makalah ini sangat minim sekali (sekitar 200 an kata).

Setelah Anda membaca ulang, maka mulailah untuk membuat kesimpulan yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

  1. Mencatat point-point penting yang ada dalam pembahasan

Jika Anda tidak ingin membaca berulang-ulang apa yang telah Anda tulis dalam makalah, maka cara yang harus dilakukan adalah dengan mencatat point-point penting yang ada di dalamnya.

BACA JUGA   Mengenal Kata Pengantar Makalah Singkat Serta Contohnya

Baca isinya, sambil mencatat point apa yang ada dalam isi makalah tersebut. Saat selesai membaca, rangkai semua point yang telah Anda tulis menjadi kesimpulan yang menarik dan mudah dipahami.

Proses ini mungkin membutuhkan kesabaran, karena Anda harus membaca sekaligus menulis ulang point-point yang ada dalam makalah. Tapi dengan melakukan hal ini sejatinya Anda bisa menghemat waktu, karena hanya cukup membaca isi makalah sekali saja untuk membuat sebuah kesimpulan.

  1. Menyatukan semua point yang sudah dicatat

Menyatukan point-point yang sudah ditulis memang perlu kreativitas. Anda dituntut untuk bisa menghubungkan antara point yang satu dengan yang lainnya, sehingga antara satu dan yang lain menjadi tulisan yang berkaitan dan melengkapi.

  1. Merangkum dalam tulisan pendek

Jika point yang Anda tulis terlalu banyak, coba gabungkan semua tulisan yang ada dalam sebuah tulisan. Tulis saja meskipun jumlah katanya terlalu banyak (lebih dari 200 kata), karena Anda bisa mensarikannya setelah tulisan yang Anda buat dari point-point ini selesai.

  1. Mensarikan lagi tulisan yang sudah dibuat

Tahap terakhir adalah mensarikan tulisan yang telah dibuat dari point-point yang ada. Baca ulang tulisan itu, lebih sederhanakan lagi. Itulah cara membuat kesimpulan makalah dengan mudah.

Semoga dengan membaca artikel sederhana ini makalah yang Anda buat mendapatkan nilai yang memuaskan, sehingga berpengaruh pada kelancaran study Anda di kampus tercinta. Harapan kami juga ilmu yang Anda peroleh selama belajar akan bermanfaat bagi kelanjutan karir Anda di masa depan.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita kali ini tentang Cara Membuat Kesimpulan Makalah. Anda juga bisa mendapatkan referensi tentang Cara Membuat Makalah di postingan lain dalam website ini. Jangan lupa untuk selalu berkunjung untukĀ  mendapatkan informasi terbaru tentang panduan menulis di website jasa penulisan terbaik di Indonesia. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar jika ada yang kurang jelas atau kesalahan dari penulisan kami.

Semoga bermanfaat dan salam literasi Indonesia !

 

Kata kunci: cara membuat kesimpulan makalah otomatis, cara membuat kesimpulan di word, cara membuat kesimpulan penelitian, cara membuat kesimpulan bacaan,

BACA JUGA   Pahami Struktur Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar Serta Fungsi Berikut Contohnya
BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari kami, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama Anda !
Email Anda aman bersama kami

Leave a Comment